parboaboa

Bunga Mawar Cantik dan 15 Jenisnya

Randy | Pendidikan | 31-01-2023

Bunga Mawar (foto: Lovethegarden)

PARBOABOA - Bunga Mawar adalah suatu tumbuhan yang memiliki batang berduri dan mempunyai kelopak dan bunganya yang berbau harum dan berwarna warni indah seperti merah, putih, merah jambu, merah tua. Tumbuhan ini memiliki daun bunga yang bersusun dan berbau sangat wangi.

Memiliki daun yang panjang antara 5 hingga 15 sentimeter dengan daun majemuk yang setiap tangkai daunnya terdiri dari paling sedikit 3 hingga 12 anak daun.

Dan daun penumpu (stipula) yang berbentuk lonjong, pertulangan daun menyirip, lalu meruncing pada ujung daunnya dan berduri pada batangnya yang berdekatan ke tanah.

JENIS BUNGA MAWAR

1. Mawar Eden

Merupakan bunga mawar cantik yang paling indah. Bunga ini ditemukan pertama kali oleh Marie Luise Meiland kepada masyarakat umum melalui pameran Meiland International di tahun 1985. Mawar eden akan mekar di akhir musim semi sampai akhir musim panas.

2. Mawar Kubis

Bunga mawar cantik yang satu ini disebut kubis karena bentuk kelopaknya yang identik dengan sayur kubis. Besar kelopaknya besar dan bertumpuk-tumpuk rapat hingga membentuk bulatan. Jenis ini diperoleh dari hasil persilangan yang dibuat oleh seorang aktivis mawar cantik di abad ke 17. Tinggi dari mawar cantik ini sekitar 30 hingga 40 sentimeter.

3. Mawar Double Delight

Bunga mawar cantik ini mempunyai perpaduan 2 (dua) warna yang sangat menarik.  Kelopak  dalamnya berwarna putih, sedangkan kelopak bagian paling luarnya berwarna merah. Jumlah kelopaknya mencapai 30 helai. Untuk aromanya sangat kuat dan manis.

4. Mawar Musk

Jenis ini kelompok sebagai tanaman merambat panjangnya dapat mencapai  4 hingga 9 meter dan salah satu jenis bunga gantung. Mempunyai kelopak yang agak bergelombang dan berjumlah banyak. Warna kelopaknya sangat beragam mulai dari warna putih, kuning, dan merah muda.

5. Mawar Sunsprite

Warna kuning yang sangat pekat dan tidak memudar sepanjang dengan bertambah umurnya. Mempunyai aroma manis. Daun rimbun dan berwarna hijau. Tingginya bisa mencapai 70 sentimeter. Lalu bagian kelopak berjumlah 17 hingga 25 helai.

6. Mawar Talitha

Jenis ini tergolong cantik karena berwarna oranye. Saat mekar, besarnya bunga hanya sebesar 8 sentimeter. Dan untuk tangkainya hanya berukuran sekitar 45 hingga 95 sentimeter. Kesegaran dari bunga ini hanya bisa bertahan sekitar 6 hingga 8 hari di dalam vas bunga.

7. Mawar Putri

Ada kemiripan dengan bunga mawar talitha yang cantik, bedanya ialah bunga ini mempunyai warna merah atau sering disebut bunga mawar merah. Aromanya bisa bertahan lama hingga 9 hari apabila disimpan di dalam vas bunga. Ukuran jika mekar, biasanya dapat mencapai 10 sentimeter.

8. Mawar Putih Mega

Ketika kuncup saja, ukuran bunga dapat mencapai 3 sentimeter. Saat mekar  mempunyai ukuran mencapai 12 sentimeter. Memiliki batang yang kuat yaitu berukuran 6 hingga 7 sentimeter. Dan untuk panjang tangkainya mencapai 85 sentimeter.

9. Mawar Wild Rose

Bunga ini sangat tahan terhadap serangan hama dan tidak mudah mati. Dilihat dari bentuknya, bunga ini sangat sederhana, namun kecantikannya tidak kalah dengan jenis lainnya.

 10. Mawar Taman Kuno

Yang satu ini sudah dikenal sebelum pertengahan abad ke 18 dan diperoleh dari hasil persilangan. Ciri khasnya yang bentuknya rumit dan cantik tapi mempunyai wangi yang sangat semerbak.

11. Mawar Taman Modern

Ciri khasnya adalah bunganya berkelopak ganda dan beberapa jenis yang berbau harum dan mampu tumbuh di sepanjang tahun. Sehingga diperlukan cara menata bunga ini saat mekar di musimnya.

12. Mawar Pet Austin

Merupakan jenis mawar cantik Inggris yang disarankan oleh David Austin. Merupakan bunga ganda cantik yang besarnya 10 sampai 12 sentimeter. Wanginya mirip seperti teh ketika mekar. Yang satu ini bertumbuh dengan warna oranye.

13. Mawar Hybrid Tea

Dikenal dengan julukan hibrida teh karena adalah jenis yang berasal dari hasil persilangan dari mawar abadi dan mawar teh. Ukuran yang sangat besar yaitu bisa mencapai 12 sentimeter  dengan kelopak berjumlah bisa 30 hingga 50 kelopak.

14. Mawar Knock Out

Jenis ini adalah bunga semak yang memiliki bunga tunggal yang cantik. Mawar cantik ini mempunyai perulangan mekar paling baik baik. Bunga-bunganya muncul dalam berkelompok dan berwarna merah muda.

15. Mawar Grandiflora

Jenis ini agak berbeda bunganya sangat terlihat di batang yang cukup tinggi dan berkelompok 3 hingga 4 bunga dan berbagai warna, seperti warna ungu, merah, oranye, merah muda, dan kuning. Untuk wanginya hampir sangat mirip seperti aroma buah apel.

Editor: -

Tag: #bunga mawar    #cantik    #pendidikan    #mawar    #bunga mawar putih    #daun    #bunga mawar merah   

BACA JUGA

BERITA TERBARU