Bunga Rafflesia Arnoldi Tumbuh di Kebun Raya Bogor untuk Pertama Kalinya

Penulis : Maesa | Metropolitan | 14-09-2022

Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di eks situ Kebun Raya Bogor (Foto: KOMPAS.com/Ramdhan Triyadi Bempah)

PARBOABOA, Jakarta – Bunga Rafflesia Arnoldi R. Br atau yang lebih dikenal dengan sebutan padma raksasa merupakan Puspa Langka Nasional yang tumbuh untuk pertama kalinya di luar habitat aslinya di eks situ Kebun Raya Bogor.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993. Bunga raksasa kharismatik asal Bengkulu ini masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1999 dan IUCN Red list dengan status konservasi terancam punah. 

"Hari ini, hari yang cukup istimewa karena ada Raflesia Arnoldi yang mekar untuk pertama kalinya di Kebun Raya Bogor (KRB)," Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati kepada wartawan di lokasi, Rabu (14/9/2022).

Sofi Mursidawati mengatakan, bunga terbesar di dunia ini tumbuh setelah dilakukan upaya konservasi di luar habitatnya sejak 16 tahun lalu.

Ia menerangkan tahun 2006, ia melakukan upaya menumbuhkan biji Rafflesia Arnoldi R. Br asal Bengkulu di vak. XVII, yakni koleksi berbagai jenis tumbuhan pemanjat. Termasuk di dalamnya terdapat 7 spesies tetrastigma yang merupakan inang Rafflesia.

"Pada awal September 2022, Rafflesia Arnoldi R. Br muncul beberapa knop bakal bunga dan salah satunya mulai mekar dua hari lalu dan mekar sempurna hari ini," ujar Sofi, Rabu, (14/09/2022).

Bunga yang tumbuh di eks Situ Kebun Raya Bogor ini memiliki diameter 60 sentimeter dan 5 kelopak. Pada setiap kelopaknya terdapat bercak kecil dan bercak besar yang berwarna putih dan oranye muda.

Editor : -

Tag : #rafflesia arnoldi    #bogor    #metropolitan    #kebun raya    #bunga   

Baca Juga