Burung pipit ditemukan berserakan di bawah pohon.

Burung Pipit Mati Massal Terjadi Juga di Cirebon

rini | Daerah | 14-09-2021

PARBOABOA, Cirebon - Fenomena aneh dimana segerombol burung pipit mati massal terjadi di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat pada Selasa (14/9).

Petugas kebersihan menemukan segerombol burung pipit berjatuhan di bawah pohon setelah Cirebon diguyur hujan dari malam hingga pagi.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Kota Cirebon juga turun tangan menyelidiki fenomena itu.

"Burung itu kan unggas, mungkin juga habis makan tanaman yang mengandung pestisida. Bisa juga karena perubahan musim. Prediksinya secara ini mungkin karena musim," kata dokter hewan yang juga bertugas sebagai tim medis Veteriner DKPPPP Kota Cirebon, Tri Angka, Selasa (14/9/2021).

uji sampel akan dilakukan Petugas untuk meneliti penyebab kematian burung pipit tersebut. Uji sampel akan dilakukan di wilayah Subang dan Bandung, karena laboratorium di Cirebon belum memiliki fasilitas yang memadai.

Sebelumnya hal serupa terjadi di sebuah kuburan atau setra di Banjar Sema Pering, Kabupaten Gianyar, Bali pada Kamis (9/9).

Masyarakat menemukan segerombol burung pipit berjatuhan dari pohon, setelah malamnya Desa Pering diguyuur hujan.

Diduga kematian burung pipit itu karena angin dan hujan yang cukup kencang membuat sayap burung pipit basah dan membuat beban burung menjadi bertambah dan akhirnya jatuh.

Tag : #daerah    #burung pipit mati massal    #cirebon    #bali   

Baca Juga