Jetavaranamaya menjadi salah satu candi terbesar di dunia yang terletak di Srilanka (wikimedia.org)

7 Candi Terbesar di Dunia, Ada Milik Indonesia!

Wulan | Internasional | 27-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Salah satu objek wisata berbentuk bangunan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara dan domestik adalah Candi, sebuah peninggalan bersejarah dan menakjubkan.

Di dunia ini terdapat banyak candi yang menyimpan beribu-ribu cerita sejarah tentang peradaban dunia. Hal tersebut terlihat dari adanya ritual keagamaan serta keahlian arsitektur masyarakat zaman dulu.

Namun, dari sekian candi itu, beberapa diantaranya sangat terkenal lantaran bentuknya yang unik dan memiliki ukuran sangat besar. Apa saja dan dimana saja ya? Untuk lebih lengkapnya simak ulasan tentang candi terbesar di dunia yang telah dirangkum Parboaboa berikut.

1. Candi Baalbek (Lebanon)

Candi terbesar di dunia yang pertama adalah Candi Baalbek. Baalbek atau Heliopolis merupakan sebuah situs arkeologi yang spektakuler di timur laut Lebanon. Dari abad 1 SM, semua masyarakat Romawi telah membangun tiga candi di lokasi ini. Masing-masing candi itu diberi nama Jupiter, Bacchus, dan Venus.

Candi-candi tersebut dibuat untuk dijadikan sebagai candi terbesar pada saat kekaisaran Romawi. Diantara ketiga candi tersebut, Candi Bacchus menjadi yang terbesar dibangun pada 150 Masehi. Candi itu memiliki panjang 69 meter dan lebar 36 meter. Selain itu candi Bacchus juga memiliki 42 pilar dengan tinggi 62 kaki.

2. Jetavaranamaya (Sri Lanka)

Menurut catatan sejarah, candi yang terletak di Kota Anuradhapura, Sri Lanka ini dibangun pada tahun 3 Masehi di masa Kerajaan Mahasena. Keunikan yang dimiliki candi ini adalah ukuran volume stupanya yang sangat besar dibandingkan dengan candi lainnya.

Candi ini dibangun oleh Raja Mahasena di abad ke-3 ini memiliki tinggi yang mencapai 122 meter dengan diameter kubah 95 meter. Konon, dibutuhkan waktu 15 tahun untuk menyelesaikan pembangunan candi ini.

3. Sri Ranganathaswamy (India)

Berdasarkan cerita, candi ini dibangun masyarakat india sebagai bukti keimanan mereka pada Ranganatha atau Dewa Wisnu. Setiap tahunnya, jutaan masyarakat India akan berziarah ke kuil ini. Tak heran jika sampai saat ini Sri Ranganathaswamy masih berdiri sangat kokoh dan megah. Dari segi bangunan saja, candi ini termasuk memiliki nilai estetika yang tinggi. oleh karena itu Kuil Sri Ranganathaswamy yang memiliki tinggi 73 meter (240) kaki ini menjadi salah satu candi terbesar di dunia.

4. Akhsardham (India)

Selanjutnya, candi terbesar di dunia adalah candi Akhsardham. Candi yang terletak di India ini memiliki berbagai ukiran indah berupa dewa, flora dan fuuna, musisi, dan penari. Candi ini menjadi candi yang paling banyk dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara, mengingat lokasinya yang berada di jantung Kota New Delhi. Candi ini dibangun pada tahun 2005 dengan tinggi yang mencapai 43 meter, lebar 110 meter, dan panjang bangunan 96 meter.

5. Borobudur (Indonesia)

Siapa sangka, candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini termasuk dalam kategori candi terbesar di dunia. Bahkan pernah masuk tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur dibangun pada 824 masehi oleh Raja Samaratungga ketika masa Wangsa Syailendra dan selesai pada 847 masehi oleh Ratu Prabudawardhani, putri Samaratungga.

Ada sekitar 2 blok batu yang dikumpulkan untuk membangun candi ini. Selain itu, Candi ini memiliki luas 123 x 123 meter persegi yang dimana terdiri dari 405 patung Buddha, 72 stupa terawang serta 1 stupa induk.

6. Shwedagon Pagoda (Myanmar)

Candi yang terletak di Myanmar ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Pagoda Emas. Mengapa disebut demikian? Ya, Shwedagon yang memiliki stupa setinggi 98 meter ini dilapisi emas. Jika berkunjung ke lokasi ini maka kamu akan merasa takjub dengan banyaknya kuba yang menjulang tinggi. Selain itu, candi Shwedagon ini juga dipercaya sakral oleh penduduk Myanmar lantaran tempat ini masih menyimpan berbagi macam relik peninggalan sejarah agama  Buddha,

7. Angkor Wat (Kamboja)

Angkor Wat berasal dari Bahasa Khmer yang berarti “candi kota”. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II pada abad ke-12. Angkor Wat menjadi lambang negara Kamboja dan gambarnya ditampilkan pada bendera negara. Berdasarkan cerita yang tersebar, Raja Suryawarman II mempersembahkan candi ini untuk Dewa Wisnu.

Candi ini menjadi candi yang paling luas di dunia, dengan bagian luar kuil yang berukuran 187 x 215 meter dan kawasan pusatnya berukuran 100 x 115 meter. Selain itu, Angkor Wat sudah tercatat sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru.

Tag : #terbesar    #candi terbesar di dunia    #internasional    #candi baalbek    #jetavaranamaya    #sri ranganathaswamy    #borobudur   

Baca Juga