Ilustrasi cara agar WA tidak bisa disadap

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tak Mudah Disadap Orang Lain

Wanovy | Teknologi | 31-01-2022

PARBOABOA - Cara agar WA tidak bisa disadap perlu diketahui agar kamu tak perlu was-was ketika sedang membicarakan masalah rahasia. Aksi pembajakan dan peretasan juga sedang marak sehingga kamu harus lebih waspada terhadap akun WhatsApp.

Setelah mengetahui apa saja tanda-tanda WhatsApp disadap dari jarak jauh pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar WA tidak bisa disadap. Buat yang penasaran, simak informasi dibawah ini sampai selesai ya!

Akun WhatsApp (WA) yang sedang kamu gunakan saat ini, sebenarnya sangat tidak aman, tanpa adanya usaha tambahan dalam melindungin akun WhatsApp maka, aktivitas penyadapan bakal sangat mudah seperti membalikan tangan.

Fitur tercanggih yang dapat mencegah penyadapan akun WhatsApp adalah pemilik akun sendiri. Melalui sejumlah cara, kamu bisa melindungi akunWhatsApp kamu dari berbagi akvitias atau uji coba penyadapan oleh oknum nakal.

Meskipun WhatsApp telah memberikan enkripsi end-to-end terhadap layanannya, tidak ada asalahnya bila kamu memberikan pengamanan ekstra.

Dengan begitu, percakapan kamu tidak mudah dibobol. Kamu bisa lebih mengamankan akun WhatsApp dengan mengikuti cara agar WA tidak bisa disadap berikut ini.

Cara agar WA tidak bisa disadap

Menyadap dilakukan dengan mengintip informasi akun WhatsApp orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Saat disadap, segala aktivitas yang kamu lakukan di WhatsApp akan diketahui penyadap.

Nah, berikut ini cara agar WA tidak bisa disadap yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Logout dari WhatsApp Web

Cara agar WA tidak bisa disadap bisa kamu lakukan dengan mengecek aktivitas login WhatsApp Web. Seperti kita tahu, WA Web memang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi di tengah waktu kerja. Hanya saja, sering kali kita lupa untuk keluar dari WhatsApp Web setelah selesai digunakan.

Padahal, lupa logout membuat akun WhatsApp kamu berisiko mengalami penyadapan. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu logout WhatsApp Web setelah selesai digunakan.

2. Gunakan two step verification

Langkah berikutnya, menggunakan two step verification. Ketika kamu mengaktifkan verifikasi two step verification ini, segala upaya untuk memverifikasi nomor telepon kamu di WhatsApp harus disertai dengan enam digit PIN yang kamu buat menggunakan fitur ini.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp lalu pilih 'Settings', kemudian pilih 'Account', setelah itu 'Two-step verification', pilih 'Enable'.

Ketika ini diaktifkan, kamu dapat memasukkan alamat e-mail yang akan memungkinkan WhatsApp dapat mengirimi kamu tautan melalui e-mail untuk menonaktifkan two step verification jika kamu lupa PIN enam digit.

3. Aktifkan pemindai sidik jari

Cara agar WA tidak bisa disadap yang berikutnya adalah dengan mengaktifkan pemindai sidik jari agar tak sembarang pengguna bisa masuk ke akun WhatsApp dan memindai kode QR untuk menyadap.

Untuk mengaktifkan sidik jari, kamu bisa mengklik opsi titik tiga di kanan atas, kemudian klik ‘Privasi’. Lalu, klik kunci sidik jari dan Aktifkan. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari

WhatsApp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

4. Gunakan Whatslock

Whatslock adalah aplikasi ketiga yang bisa kamu download dari Play Store dan juga merupakan salah satu cara agar WA tidak bisa disadap

Kegunaannya, aplikasi ini dapat mengamankan Whatsapp kamu dengan sandi yang rumit. Setiap kali kamu membuka Whatsapp, kamu harus memasukkan sandi yang hanya diketahui olehmu. bHal ini dapat mencegah orang lain untuk menyadap WA milikmu.

Selain itu, Whatslock juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi lain seperti galeri, kontak, atau media sosial lainnya.

5. Kurangi penggunaan WhatsApp dengan jaringan WiFi publik

Cara yang paling sering digunakan bagi peretas untuk mengakses aplikasi adalah melalui koneksi WiFi yang tidak aman. Harus diketahui bahwa sebagian besar peretasan email masuk melalui jaringan WiFi yang tidak aman.

Menggunakan koneksi jaringan WiFi yang tidak aman adalah tindakan yang sangat berisiko. Untuk itu, cara agar WA tidak bisa disadap yang satu ini dapat mencegah kamu dari risiko akun WhatsApp kamu disadap.

Penyadap dapat mengakses perangkat kamu jika berada pada koneksi jaringan lokal atau WiFi yang sama. Itulah mengapa sangat disarankan untuk tidak masuk ke jaringan public.

Demikianlah cara agar WA tidak bisa disadap orang lain yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #teknologi    #tips    #whatsapp    #sadap    #hack   

Baca Juga