Ilustrasi Merokok saat Mengendarai Mobil (Foto: Shutterstock)

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Rokok Dalam Mobil

Juni | Otomotif | 01-10-2022

PARBOABOA – Sebagian orang kerap kali merokok saat berkendara, karena dinilai bisa menghilangkan kantuk. Kebiasaan tersebut tentunya dapat meninggalkan bekas bau tak sedap di dalam mobil.

Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang menempel hampir di seluruh bagian interior mobil, mulai dari dasbor, jok kursi, dan yang lainnya. Aroma tidak enak ini bukan hanya dirasakan pengemudi, tapi juga penumpang mobil.

Jika dibiarkan begitu saja, tentu akan berbahaya bagi penumpang balita atau penumpang yang memiliki riwayat penyakit pernafasan seperti asma. Namun tak perlu khawatir, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips menghilangkan bau rokok dalam kabin mobil Anda.

Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Menggunakan Bahan Alami

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai bahan-bahan alami, seperti bubuk kopi, teh celup, kulit jeruk, cuka, bubuk kayu manis, atau baking soda. Masing-masing bahan alami ini mempunyai cara penggunaan yang berbeda tentunya.

Untuk bubuk kopi dan cuka, Anda bisa menaruhnya di kabin mobil yang dibuat dalam piringan atau mangkuk. Selanjutnya untuk teh celup, Anda bisa menggantungkan di lampu spion tengah. Anda juga bisa meletakkan kulit jeruk di beberapa titik pada interior mobil.

Sedangkan untuk baking soda, Anda bisa menaburkannya di karpet depan bawah dasbor, belakang, dan di bawah jok kursi mobil, lalu diamkan untuk beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan vacum cleaner.

2. Bersihkan Interior Mobil

Membersihkan interior mobil merupakan hal yang sangat penting dilakukan, apalagi jika pemiliknya sering merokok saat berkendara.

Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu atau kotoran hingga ke sela-sela terkecil di kabin mobil. Anda juga bisa memanfaatkan cairan pembersih dasbor.

3. Perhatikan Sistem Sirkulasi Udara Mobil

Tidak hanya menempel di bagian kabin mobil, bau asap rokok juga dapat masuk ke sistem sirkulasi udara. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda bisa parkirkan mobil di tempat terbuka yang bebas dari debu.

Kemudian, nyalakan mesin mobil dengan kondisi semua pintu terbuka. Tunggu sekitar 5-10 menit hingga bau rokok benar-benar hilang. Ketika AC mobil dinyalakan, pastikan juga tidak tercium bau rokok.

4. Buka Kaca Jendela saat Merokok

Sebaiknya buka jendela mobil saat merokok untuk mencegah bau yang berlebihan di dalam mobil. Dengan demikian, sirkulasi udara dalam mobil akan terus berganti dan asap rokok akan keluar terbawa angin.

5. Rutin Membuang Sampah Dalam Mobil

Sebaiknya buang sampah pada mobil setiap harinya, khususnya pengendara yang sering merokok. Setelah semua sampah dibuang, bersihkan interior mobil menggunakan vacuum cleaner dan cairan pembersih khusus.

Jika masih tercium bau tidak sedap, Anda bisa menggunakan penghilang bau berbahan enzim yang cukup banyak dijual di pasaran. Kandungan enzim di dalamnya dijamin ampuh menghilangkan bau rokok dalam kabin mobil.

Itulah tadi lima cara ampuh menghilangkan bau rokok dalam mobil yang penting untuk diketahui. Dari semua tips diatas, mana yang sudah kamu coba?

Tag : #asap rokok    #mobil    #otomotif    #interior mobil    #penghilang bau rokok    #tips   

Baca Juga