Banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk atasi stres saat lakukan perjalanan mudik lebaran (dok:kompas.com)

Cara Mudah Atasi Stres saat Lakukan Perjalanan Mudik Lebaran

Dimas | Kesehatan | 28-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit orang yang mengaku sering alami stres saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Sebab, kondisi arus lalu lintas saat mudik kerap mengalami kemacetan.

Kemacetan lalu lintas akan membuat seseorang menghabiskan waktu berjam-jam berada di jalanan. Hal itu dinilai mampu mengurangi kebahagiaan seseorang dan berujung pada timbulnya kecemasan hingga stres.

Seperti yang kita tahu, stres yang dialami saat melakukan perjalanan mudik lebaran akan mengganggu kesehatan mental. Selain itu, stres juga mampu meningkatkan risiko munculnya kesehatan fisik, seperti kambuhnya penyakit asma hingga serangan jantung.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi stres saat melakukan perjalan mudik.

Cara Mudah Atasi Stres saat Mudik

1. Kendalikan emosi

Biasanya, sebagian orang sulit untuk menghilangkan perasaan negatif ketika berada di situasi penuh tekanan seperti macet saat mudik. Sebagai contoh, ketika melihat pengemudi lain memotong jalur antrean atau berlaku tidak tertib di jalan.

Untuk menyikapi hal itu, upayakan diri Anda tetap mengontrol emosi. Anda bisa coba alihkan kejadian tersebut dengan mengajak penumpang lain di kendaraan untuk berbincang.

Jika Anda susah mengontrol emosi dan lebih memilih marah-marah, hal itu justru memperburuk kondisi stres yang Anda alami.

2. Tarik nafas

Menarik dan mengembuskan napas secara mendalam menjadi cara mengatasi stres saat mudik di tengah kemacetan yang paling mudah.

Tarik napas dalam-dalam setidaknya dalam tiga hitungan, lalu embuskan dalam empat hitungan. Cara ini dinilai mampu untuk menimbulkan efek relaksasi dan mengurangi stres.

3. Nyalakan musik

Saat terjebak macet di perjalanan mudik, kondisi tubuh cenderung stres, detak jantung serta tekanan darah meningkat. Untuk meredakannya, Anda bisa nyalakan musik favorit yang gampang dicerna seperti smooth jazz, soft rock, siaran radio, atau musik favorit.

Siapkan deretan lagu asyik atau favorit sebelum menempuh perjalanan. Lalu putar sebelum terjebak macet pada musim mudik lebaran.

4. Menelpon teman dan keluarga

Terjebak dalam kemacetan adalah waktu yang tepat untuk menghubungi kerabat dan sanak saudara. Anda bisa sekadar menelpon keluarga di kampung halaman, memberikan kabar terbaru.

Kehadiran orang lain, seperti melalui sambungan telepon, membantu Anda mengalihkan pikiran dari rasa kesal akibat macet.

5. Makan Camilan

Camilan dinilai mampu mengalihkan rasa stres dalam kondisi macet saat mudik lebaran. Selain itu, makan camilan juga berfungsi untuk merilekkan indra penciuman dan perasa sehingga tubuh kembali segar.

Demikianlah informasi seputar cara mudah atasi stres saat lakukan perjalanan mudik lebaran. Semoga bermanfaat!

Tag : #mudik lebaran    #stres    #kesehatan    #risiko stres    #kesehatan mental    #kesehatan fisik   

Baca Juga