Ilustrasi

Cara Backup Chat WhatsApp ke Google Drive

Wanovy | Teknologi | 02-10-2021

Saat pengguna WhatsApp memindahkan akunnya dari satu ponsel ke ponsel lain, biasanya, riwayat percakapan akan terhapus. Kecuali, pengguna melakukan backup dan restore percakapan tersebut.

WhatsApp sendiri memiliki fitur tersebut. Fitur ini bisa digunakan melalui menu setting pada akun masing-masing dan memanfaatkan layanan Google Drive.

Fitur backup berguna untuk menyimpan pesan, media, dan dokumen di dalam WhatsApp agar tak hilang atau terhapus. Mencadangkan pesan juga dapat memudahkan pengembalian data saat Anda mengganti perangkat atau ponsel.

Syarat yang dibutuhkan agar riwayat chat di perangkat lama bisa pindah ke perangkat baru, nomor WhatsApp yang digunakan harus sama dengan nomor yang dicantumkan di akun Gmail.

Akun Gmail yang digunakan untuk backup adalah akun yang sudah masuk (sign-in) di ponsel. Cara mencadangkan dan memulihkan cadangan chat tidak sulit, tapi membutuhkan kesabaran ekstra.

Sebelum mencadangkan pesan, pastikan layanan cloud atau Google Drive sudah aktif dan terdapat ruang kosong atau memori yang cukup untuk menyimpan pesan dan data WhatsApp. Pastikan juga Anda memiliki internet yang kuat dan juga stabil agar proses WhatsApp bejalan dengan lancar.

Proses backup WhatsApp dapat dilakukan dengan mudah. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung seberapa banyak data yang terdapat di WhatsApp. Biasanya proses ini berlangsung beberapa menit. Berikut adalah cara mencandangkan atau backup chat WhatsApp.

Cara Backup WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  3. Ketuk opsi “Setelan” atau “Settings”.
  4. Lalu pilih opsi “Chat”.
  5. Kemudian opsi “Cadangan Chat” atau “Chat Backup”.
  6. Pilih "Back up to Google Drive" (cadangankan ke Google Drive). Pilih kapan saja Anda ingin mencadangkan chat ke Google Drive, bisa setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, tidak pernah, atau hanya saat mengklik "cadangkan".
  7. Kemudian pilih akun Google Drive yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan riwayat chat. Pengguna juga bisa menambahkan alamat Gmail apabila belum sign-in di perangkat tersebut.
  8. Lalu, pilih "Back up Over" (cadangkan melalui) untuk memilih koneksi yang digunakan untuk mencadangkan chat, apakah melalui WiFi atau paket data.

Selain fitur backup, WhatsApp juga menyediakan fitur ekspor pesan. Fitus ekspor chat ini berguna untuk mengirim salinan riwayat pesan.

Cara Ekspor Chat WhatsApp

  1. Buka WhatsApp.
  2. Pilih kontak atau grup yang ingin riwayat pesannya disalin.
  3. Pada kontak atau grup tersebut ketuk ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  4. Lalu ketuk “Opsi Lainnya”.
  5. Ketuk “Ekspor Chat”. Pada opsi ini Anda akan diberi dua pilihan yakni memindahkan bersama seluruh media yang terdapat di dalam obrolah atau hanya pesan saja. Pilih sesuai kebutuhan Anda.
  6. Proses ekspor chat akan berlangsung.

Nah, setelah mengetahui cara backup chat dan data-data lainnya, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data-data yang ada di WhatsApp.

Tag : #teknologi    #tips    #trik    #backup    #chat    #whatsapp    #gdrive   

Baca Juga