Ilustrasi kaca mobil yang terserang jamur

Cara Mudah Bersihkan Kaca Mobil yang Berjamur

Dimas | Otomotif | 16-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kaca mobil yang terserang jamur kerap menjadi masalah yang dikeluhkan oleh para pemilik mobil. Sebab, kaca mobil yang berjamur akan menyebabkan tampilan mobil terlihat lebih kotor dan tidak menarik.

Selain itu, tumbuhnya jamur pada kaca mobil juga akan menganggu visibilitas pengemudi saat berkendara. Terlebih lagi jika Anda melakukan perjalanan pada malam hari.

Munculnya jamur pada kaca mobil dinilai bukan tanpa sebab. Ada hal-hal yang diketahui menjadi penyebab tumbuhnya jamur pada kaca mobil, seperti sisa air hujan yang tidak dibersihkan, proses pengeringan saat cuci mobil tidak sempurna, kualitas air yang digunakan untuk mencuci mobil tidak baik, serta parkir di tempat yang lembab dalam waktu yang lama.

Lantas, bagaimana cara membersihkan jamur yang menyerang kaca mobil?

Cara Mudah Bersihkan Kaca Mobil yang Berjamur

1. Bersihkan Mobil Setelah Hujan

Hal mudah yang penting Anda lalukan adalah membersihkan kaca mobil stelah terkena hujan. Sebab, titik air hujan yang menempel pada kaca mobil dapat menimbulkan jamur pada kaca. Anda bisa membersihkan kaca mobil dengan kanebo, lalu bisa dibersihkan lagi dengan kain microfiber kering agar kaca mobil bersih dan kering secara maksimal.

2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Jika jamur pada kaca mobil sudah sangat membandel, tentu saja Anda harus membersihkannya dengan cairan khusus. Ada beberapa merek pembersih atau penghilang jamur di pasaran yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur pada kaca mobil. Salah satunya adalah Glass Scrub, yaitu cairan pembersih khusus yang bisa digunakan saat jamur sudah tampak pada kaca. Lalu, Anda bisa olesi dengan cairan Rain Clear sebagai pencegahan agar kaca mobil tetap bersih.

3. Gunakan Pasta Gigi

Selain cairan khusus, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang ada di rumah untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Karena pasta gigi memiliki sejumlah kandungan zat yang mampu membersihkan jamur yang menempel.

Penggunaannya cukup mudah, Anda bisa oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang berjamur, kemudian diamkan sampai mengering. Setelah itu, bilas pasta gigi dengan sikat atau kain yang lembut dengan air bersih, selanjutnya keringkan dengan kain yang bersih.

4. Gunakan Baking Powder

Baking soda ternyata bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Bubuk kristal putih atau biasa dikenal sebagai baking powder adalah penghilang jamur pada kaca mobil yang efektif.

Metode penghilangan jamur dengan bahan ini tidak beracun dan tidak membahayakan manusia. Bahan ini tidak hanya secara efektif menghilangkan jamur tetapi juga menyerap sisa kelembaban yang mendorong pertumbuhan jamur.

Campuran sederhana soda kue dan air membentuk larutan pembersih kuat yang dapat disemprotkan dan dibersihkan dengan mudah. Ini adalah salah satu solusi pembersihan yang paling umum dan ekonomis untuk jamur pada kaca mobil.

5. Alkohol

Ternyata alkohol juga bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan noda jamur pada kaca mobil. Caranya adalah persiapkan terlebih dahulu kapas bersih, lalu dicelupkan ke dalam alkohol dengan kadar di atas 60 persen. Kemudian gosok secara perlahan ke bagian kaca yang terkena jamur.

6. Cuka Apel

Cuka apel dinilai mampu untuk menghilangkan jamur yang menyerang kaca mobil. Caranya, campurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Setelah itu celupkan kain yang lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosokkan kain pada bagian yang terkena jamur hingga benar-benar hilang.

Selanjutnya, setelah jamur tersebut hilang, langsung keringkan dengan kertas koran segera. Anda akan melihat tidak ada lagi jamur yang menempel di kaca mobil.

7. Pemutih Pakaian

Selain membersihkan noda pada pakaian, pemutih pakaian juga dapat berguna untuk membersihkan noda jamur yang menempel di kaca mobil. Caranya mudah, pertama basahkan terlebih dahulu kain menggunakan cairan pemutih secukupnya. Setelah itu gosokan kain tersebut dengan perlahan pada titik jamur sampai bersih. Perlu diingat, gunakan kain yang lembut dan bersih agar saat digosok ke kaca mobil tidak menimbulkan goresan halus.

Demikianlah seputar informasi mengenai cara mudah membersihkan kaca mobil yang terserang jamur. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #kaca mobil    #otomotif    #jamur    #pasta gigi    #baking powder    #cuka apel    #alkohol   

Baca Juga