Cara bikin taman depan rumah sederhana, foto: Rumah.com

10 Cara Bikin Taman Depan Rumah Sederhana

Wanovy | Rumah | 09-05-2022

PARBOABOA - Ingin merombak lahan sisa di depan rumah? Kamu bisa menghijaukan area ini dengan membangun taman kecil. Berikut ini cara membuat taman depan rumah sederhana sebagai panduanmu!

Ketika membeli rumah dari developer, di depan rumah biasanya ada ada taman ala kadarnya yang kamu dapat.

Area ini seringnya hanya diisi dengan tanah sebagai ground cover dan satu buah pohon besar. Atau bisa jadi di taman kecilmu hanya ada rumput dan tanaman perdu semata.

Untuk mempercantiknya, kamu bisa coba cara cara membuat taman depan rumah sederhana minimalis berikut ini.

1. Bahan & Alat Untuk Membuat Taman

Setelah kita menyiapkan lahan dan konsep taman yang akan kita buat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan selama membuat taman. Tujuannya supaya pekerjaan kita lebih mudah dan cepat selesai.

2. Persiapan Lahan untuk Taman

Cara bikin taman depan rumah sederhana rumah selanjutnya memasuki proses persiapan lahan yang akan kamu gunakan untuk menanam tumbuhan.

Dalam melakukan cara membuat taman kecil di depan rumah ini, kamu bisa membersihkan area yang akan dipakai untuk taman dari tumbuhan ilalang atau sampah, lalu melembutkan tanah menggunakan bantuan sekop kecil.

3. Menaruh Tanaman Hias Gantung

Salah satu cara bikin taman depan rumah sederhana yaitu menyiasati penggunaan taman depan rumah adalah dengan penggunaan tanaman hias gantung.

Ini menjadi salah satu upaya menarik dalam menghias bagian depan rumah bila Pins tidak memiliki lahan yang cukup untuk pembuatan taman.

Buatlah susunan dengan jarak yang telah diperhitungkan agar tampilan depan rumah tetap terlihat menarik.

4. Menentukan Tanaman yang Digunakan

Taman depan rumah yang cantik akan terdiri dari berbagai jenis tanaman tropis beraneka warna.

Selain jenis tanaman, pikirkan pula komposisi peletakkan tanaman hias outdoor agar mendapatkan estetika yang menarik.

5. Memikirkan Saluran Airnya

Kehadiran saluran air amatlah penting, karena bagian ini akan mengatur kelebihan air hujan agar tidak menggenang.

Maka, pada saat ingin membuat taman depan rumah mewah jangan lupa ya dengan sistem saluran airnya.

6. Mempercantik dengan Pencahayaan dan Dekorasi

Kamu juga perlu menambahkan area hijau itu dengan lampu taman dan dekorasi sesuai tema yang diinginkan.

Karena kedua hal itu akan memberi tambahan aksentuasi yang indah pada taman depan rumah sederhana type 36.

7. Penambahan Jalan Setapak

Cara bikin taman depan rumah sederhana selanjutnya adalah dengan penggunaan jalan setapak agar taman tidak terlihat monoton.

Kamu bisa menggunakan material yang tahan terhadap cuaca seperti keramik lantai, ubin karet maupun material berbahan kayu.

Hal yang harus diperhatikan adalah ketahanannya dan juga teksturnya yang dibuat tidak licin, dikarenakan dapat membahayakan penghuninya.

8. Maksimalkan Kualitas Tanah

Tak semua tanah dapat bekerja maksimal untuk dipakai menanam. Dalam cara membuat taman kecil di depan rumah ini, kamu bisa menambah nutrisi atau unsur hara pada tanah dengan memanfaatkan pupuk organik berupa sisa buah dan daun yang membusuk atau kotoran hewan.

Pada proses cara bikin taman depan rumah sederhana di depan rumah ini, pastikan pemberian pupuk dilakukan secara merata dan lakukan pencangkulan tanah agar air dan oksigen dapat terserap dengan mudah oleh akar tanaman.

9. Gunakan Furniture menarik

Untuk taman yang lebih unik dan sedap dipandang mata, Pins bisa menambahkan furniture. Kursi rotan maupun ayunan dapat kamu gunakan pada tampilannya.

Jangan pernah ragu menambahkan dekorasi lainnya yang selaras, agar memaksimalkan fungsi taman itu sendiri.

Namun, kamu harus tetap memperhatikan material perabot yang digunakan ya! Jangan sampai karena diterpa hujan sekali, perabot kamu malah rusak.

10. Air Mancur Menarik

Bila kamu yang masih bingung memilih dekorasi yang tepat untuk taman depan rumah, kamu bisa menambahkan air mancur.

Air mancur dengan model beragam pun kini sudah tersedia. Dijamin taman kamu yang sebelumnya terlihat biasa, kini akan semakin menarik dan menjadi tempat favorit pada hunian.

Cara bikin taman depan rumah sederhana dengan menggunakan air mancur juga dapat menambah ketenangan suasana pada hunian lho!

Demikianlah cara bikin taman depan rumah sederhana yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com!

Tag : #taman    #halaman rumah    #model rumah    #rumah    #inspirasi rumah    #desain taman   

Baca Juga