Cara cek hardisk, foto: Leskompi

Cara Mudah Cek Kapasitas Hardisk Laptop Windows

Wanovy | Teknologi | 24-05-2022

PARBOABOA - Cara cek hardisk laptop sebenarnya sangat penting untuk diketahui oleh semua pengguna laptop.

Dengan mengetahui apakah hardisk tersebut sehat atau tidak. Maka, risiko kehilangan data penting yang tersimpan di dalamnya akan lebih kecil.

Hard disk merupakan perangkat keras yang penting di setiap PC dan laptop. Semua data penting yang tersimpan di laptop ada di dalam hard disk.

Maka dari itu, penting untuk melakukan cek kesehatan hard disk di laptop dan PC secara berkala.

DIbawah ini Parboaboa akan menjelaskan cara cek hardisk laptop yang bisa kamu coba. Yuk, langsung saja simak uraiannya!

1. Menggunakan Tools Pabrikan Hardisk

Cara cek hardisk laptop yang umum dilakukan adalah menggunakan alat atau tools khusus yang disediakan oleh pabrikan hardisk.

Mayoritas pabrikan besar biasanya telah menyediakan tools gratis untuk memantau kesehatan dan kinerja hardisk. Untuk mengetahui caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Sebelumnya, cari tahu produsen hardisk yang digunakan. Masuk ke Device Manager di komputer (pergi ke Control Panel atau lakukan pencarian dengan mengetik "Device Manager".

- Jika tab Device Manager sudah terbuka, pilih opsi Disk drives > klik simbol segitiga > catat model hard disk yang muncul.

- Kemudian buka Google Search dan ketikkan nomor model hardisk milikmu di tab pencarian. Hasil pencarian yang muncul biasanya akan langsung menunjukkan merk atau produsen hardisk tersebut.

- Setelah nama pabrikan hardisk diketahui, kunjungi website resminya > buka halaman dukungannya > cari utilitas hard drive.

- Unduh tools yang tersedia lalu pasang di laptop kamu.

2. Menggunakan Windows CHKDSK

Cara cek hardisk laptop lain yang dapat kamu coba untuk memastikan kesehatan hardisk kamu adalah dengan menggunakan tools Windows CHKDSK.

Tool ini merupakan bawaan sistem operasi Windows, jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan apapun. Caranya adalah sebagai berikut:

- Pilih hardisk yang akan di cek. Klik kanan pada harddisk tersebut lalu pilih properties.

- Setelah itu, klik menu Tools pada jendela yang muncul lalu pilih opsi untuk pengecekan hardisk kamu.

- Klik check atau check now untuk memulai prosesnya.

- Jika sudah selesai, kamu akan diberitahu informasi harddisk. Jika muncul tulisan untuk tidak perlu memindai harddisk berarti hardisk baik-baik saja.

3. Menggunakan Tool Pabrikan

Opsi lain untuk mengecek kesehatan harddisk adalah dengan menggunakan tools pabrik yang memproduksi merk harddisk. Caranya adalah sebagai berikut:

- Cari menu Device Manager pada komputer atau laptop, lalu klik opsi Disk Drives, klik ikon berbentuk segitiga, informasi harddisk akan muncul. Ini digunakan untuk mengetahui produsen harddisk.

- Jika sudah, masuk ke browser lalu ketikkan nomor model hard disk yang kamu miliki pada kolom search. Hasil pencarian akan menunjukan merk atau produsen hardisk.

- Setelah itu, carilah laman atau website resmi produsen hardisk kamu. Buka halaman dukungan atau support, lalu cari utilitas hard drive.

- Download tools yang tersedia lalu install pada komputer atau laptop kamu.

- Setelah itu kamu dapat melihat informasi mengenai kesehatan hardisk melalui fitur diagnostik yang disediakan.

- Tools yang disediakan oleh setiap pabrikan kemungkinan besar memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi mereka memiliki fitur diagnostik yang memungkinkan untuk dilakukan pengecekan kesehatan hard drive.

4. Menggunakan WMIC

Jika hardisk kamu terlihat normal secara fisik, cobalah untuk mengeceknya menggunakan beberapa cara.

Salah satunya menggunakan WMIC, yaitu sebuah program yang dapat kamu temukan di command prompt. Berikut cara cek hardisk laptop menggunakan CMD:

- Tekan kombinasi tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketik “cmd” atau juga bisa menggunakan tombol search lalu ketikkan “cmd”.

- Klik Ok untuk membuka jendela “cmd”.

- Jika jendela “cmd” sudah terbuka, ketik “wmic” lalu enter.

- Selanjutnya, ketikkan “diskdrive get status” lalu tekan enter.

- Jika sudah, status hardisk akan ditampilkan.

Jika yang muncul adalah status “ok” itu mengartikan jika hardisk kamu masih dalam kondisi yang sehat. Namun, jika statusnya “pre fail” berarti ada yang tidak beres dengan hardisk kamu.

Demikian berbagai cara cek hardisk laptop yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kesehatan di dalamnya.

Sebaiknya, kamu melakukan cek kesehatan hard disk secara berkala agar jika bermasalah, kemudian data bisa segera di-backup dan terselamatkan. Semoga membantu!

Tag : #hardisk    #laptop    #tips    #teknologi    #hardisk laptop   

Baca Juga