Cara cek kesehatan baterai HP Xiaomi, foto: VOI

Cara Cek Kesehatan Baterai HP Xiaomi

Wanovy | Teknologi | 26-07-2022

PARBOABOA - Cara cek kesehatan baterai Xiaomi penting diketahui. Sebab, bagi pengguna smartphone sangat penting untuk mengetahui kesehatan baterai perangkat yang dipakai.

Sebab, mengetahui kondisi baterai prima dan memiliki performa baik tentu membuat pengguna yakin bahwa kinerja smartphone juga optimal.

Sebaliknya, jika Anda merasa performa baterai menurun dan cepat habis, maka bisa mencoba untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi baterai terkini.

Untungnya, Xiaomi telah dibekali indikator battery health yang langsung terintegrasi dalam pengaturan.

Dengan begitu, kamu gak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat memenuhi memori smartphone.

Cara cek kesehatan baterai Xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa langkah, silahkan pilih mana yang termudah.

Berikut beberapa cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang bisa kamu pilih.  

1. Lewat Pengaturan

Kamu bisa cek kesehatan baterai HP Xiaomi lewat pengaturan. Mengutip laman Toms Guide, berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka pengaturan HP Xiaomi, kemudian pilih ‘Baterai’. Opsi ini seharusnya mudah ditemukan dari menu tingkat atas, tetapi kamu juga dapat mencarinya dengan menggulir halaman ke bawah untuk menemukan bilah pencarian.

Saat berada pada halaman Baterai, cari opsi ‘Penggunaan Baterai’ jika tidak menemukan status kesehatan baterai secara langsung.

Kemudian, kamu dapat melihat status baterai selama 24 jam terakhir. Selain itu, kamu dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya.

Jika kamu ingin menutup paksa aplikasi, atau langsung menonaktifkannya, ketuk salah satu aplikasi di menu tersebut. Nantinya, kamu akan melihat opsi untuk menonaktifkan, memaksa berhenti, atau memilih pengaturan pengoptimalan.

Dengan begitu, kesehatan baterai pada HP-mu akan tetap terjaga. Penting untuk memerhatikan aktivitas penggunaan aplikasi yang berlebih.

2. Lewat Kode Dial Up *#*#4636#*#*

Menurut beberapa sumber, terdapat kode dial up yang berguna untuk cek kesehatan baterai dan informasi seputar HP Xiaomi yang kamu gunakan.

Cara cek kesehatan baterai HP Xiaomi bisa dilakukan lewat pengaturan umum dan kode dial *#*#4636#*#*. Simak tutorialnya berikut ini.

- Buka Aplikasi Panggilan di HP

- Buka aplikasi panggilan telepon di HP. Kemudian, masukkan kode dial up *#*#4636#*#* dan tekan ‘Call’ atau ‘Panggil’.

- Pilih Battery Info dan Status Baterai

Nantinya, akan muncul beberapa opsi seperti informasi ponsel, baterai, dan informasi Wi-Fi. Pilih ‘Battery Info’ dan akan muncul informasi mengenai status baterai, kesehatan baterai, suhu pada baterai, dan lain sebagainya.

Selain pada HP Xiaomi, kode dial ini berfungsi pada perangkat Google dan OnePlus.

Meski demikian, tidak ada fitur yang menampilkan kesehatan baterai HP. Sayangnya, fitur ini tidak muncul di Samsung Galaxy A52 5G saat kode digunakan.

Demikian informasi mengenai cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang bisa lakukan secara rutin agar performa baterai tidak menurun. Semoga membantu!

Tag : #battery health    #xiaomi    #tips    #teknologi    #gadget    #android   

Baca Juga