Ilustrasi

Telegram Bisa Edit Typo di Pesan yang Sudah Terkirim, Begini Caranya

Wanovy | Teknologi | 09-10-2021

Aplikasi pengirim pesan Telegram akhir-akhir ini menjadi perbincangan. Bahkan, akibat WhatsApp down beberapa waktu lalu, pengguna Telegram meningkat pesat.

Telegram terus melakukan pengembangan fitur untuk memanjakan penggunanya, salah satunya dengan fitur khusus untuk memperbaiki typo.

Typo alias salah ketik saat berkirim pesan instan adalah salah satu kebiasaan yang cukup menjengkelkan. Apalagi kalau kesalahan itu bisa menyebabkan perubahan makna sehingga menjadi berbeda dibanding tujuan awalnya.

Untuk membantu penggunanya mengatasi persoalan tersebut, Telegram menyediakan fitur khusus untuk memperbaiki typo ketika berkirim pesan. Fitur ini bernama "edit message" dan sudah hadir sejak 2016.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memperbaiki typo pada pesan yang ada di ruang obrolan grup atau perorangan, meskipun pesan tersebut sudah dibaca oleh penerima pesan, termasuk anggota/admin grup.

Kendati demikian, ada batasan waktu yang diberlakukan pada fitur edit pesan ini. Sebagaimana dihimpun dari akun resmi Twitter Telegram @telegram, pengguna hanya bisa menyunting pesan maksimal dalam dua hari atau 48 jam setelah pesan terkirim.

Cara Edit Pesan yang Sudah Terkirim di Telegram

Mengedit pesan yang sudah terkirim bisa dilakukan di aplikasi Telegram pada Android dan iOS, serta desktop. Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dikutip dari How to Geek.

1. Buka aplikasi Telegram

2. Pilih pesan yang ingin di-edit

3. Untuk pengguna Telegram di iPhone dan Android, tekan dan tahan bubble pesan yang ingin diedit. Sementara, untuk pengguna Telegram desktop, klik kanan pada bubble pesan yang ingin diubah

4. Nantinya akan muncul ikon atau menu pop-up "Edit"

5. Pilih menu atau ikon "Edit" tersebut

6. Kemudian, pengguna tinggal perbaiki isi pesan sesuai keinginan

7. Bila sudah selesai diedit, klik tanda "centang biru"

Dengan begitu, pesan yang mengandung typo tadi sudah berhasil diperbaiki. Nantinya, setiap pesan Telegram yang di-edit akan diberi label keterangan "edited", yang menandakan bahwa pesan tersebut sudah mengalami perubahan.

Tag : #teknologi    #tips    #apps    #telegram   

Baca Juga