Fitur Multi-Device sudah bisa bisa dinikmati pengguna di Indonesia

Cara Gunakan Satu Akun WhatsApp di 4 Perangkat Sekaligus

Wanovy | Teknologi | 21-10-2021

WhatsApp telah mengonfirmasi menghadirkan fitur multi-device sejak Juli lalu, yakni satu akun WhatsApp bisa dipakai dalam empat perangkat sekaligus. Kabar baiknya, pengguna WhatsApp di Indonesia kini sudah bisa menikmati fitur dukungan multi-device tersebut.

Fitur atau dukungan ini memungkinkan satu akun WhatsApp dapat digunakan di empat perangkat secara bersamaan tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor yang terdaftar. Umumnya, ketika pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti aplikasi desktop atau web, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online.

CEO Facebook Mark Zuckerberg sebelumnya mengatakan bahwa fitur multi-device ini tidak akan mempengaruhi enkripsi end-to-end yang ditawarkan WhatsApp untuk pesan yang dikirim antar pengguna. Dipastikan pesan yang dikirim akan dilindungi enkripsi tersebut.

Namun, dukungan multi-perangkat ini masih dalam tahap beta. Untuk mencoba dukungan ini, pengguna WhatsApp di Tanah Air juga harus bergabung dalam program beta. Berikut adalah panduannya:

1. Pertama, klik menu "Linked devices" melalui ikon tiga titik yang berada di pojok kanan tampilan utama WhatsApp Android/iOS.

2. Lalu, klik menu "Multi-device beta"

3. Klik tombol "Join Beta".

4. Setelah itu, pengguna bisa kembali ke tampilan sebelumnya dan klik "Link a device" untuk memindai kode QR di perangkat yang ingin dihubungkan.

Perlu diingat, apabila pengguna sebelumnya sudah login di WhatsApp web atau desktop, maka pengguna akan kembali diminta untuk memindai kode QR yang baru. 

Dengan dukungan multi-perangkat ini, pengguna WhatsApp dapat menggunakan di perangkat lain, meski ponsel dengan nomor yang terdaftar dalam keadaan offline atau tidak terhubung internet.

Fitur ini tentunya akan sangat berguna apabila ponsel pengguna tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau memiliki koneksi internet yang buruk, tetapi mereka masih memiliki koneksi internet di PC.

Untuk diketahui, ketika pengguna WhatsApp menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online. Setelah login berhasil, maka meski ponsel tersebut mati atau offline, fitur ini akan tetap bisa digunakan.

Adapun maksimal perangkat yang bisa dihubungkan dengan fitur ini adalah empat perangkat, termasuk WhatsApp Web, Desktop, dan Portal. Menariknya, pengguna juga kini bisa mengaktifkan WhatsApp Web di dua tab di satu browser yang sama, atau dua browser yang berbeda, misalnya Chrome dan Firefox.

Tag : teknologi, tips, apps, whatsapp

Berita Terkait