Ilustrasi cara hemat kuota saat nonton Netflix

Cara Hemat Kuota Saat Nonton Netflix Seharian

Wanovy | Teknologi | 24-12-2021

Saat menghabiskan waktu liburan dengan streaming film, kamu mungkin membutuhkan cara untuk menghemat kuota saat nonton Netflix seharian agar tidak boros data.

Menonton film dan serial drama masih menjadi aktivitas yang sangat populer dilakukan masyarakat ketika memiliki waktu luang.

Pasalnya, aktivitas ini bisa dilakukan dengan berbaring santai di kamar, kegiatan tersebut memang ampuh menemani waktu istirahat kamu sembari kembali menyegarkan pikiran.

Namun, karena menyuguhkan film dengan kualitas gambar yang jernih, kuota internet bisa sangat cepat tersedot saat digunakan untuk menonton Netflix. Hal ini mungkin tak jadi masalah bagi pengguna jaringan internet unlimited.

Cara menghemat penggunaan Netflix

Cukup ngeri bukan besaran kuota yang dibutuhkan untuk bisa menonton Netflix? Apalagi kalau kamu tipe orang yang harus menonton video dengan kualitas HD.

Kalau kamu menggunakan paket internet unlimited, mungkin tidak akan terlalu memusingkannya. Tapi bagaimana jika kamu menggunakan paket internet yang volume-based?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara hemat kuota saat nonton Netflix yang bisa kamu gunakan untuk menghemat paket data ketika nonton Netflix!

1. Hindari Kualitas HD

Cara hemat kuota saat nonton Netflix yang pertama ialah dengan menghindari kualitas HD. Ketika menonton film, tentu kita menginginkan kualitas gambar dan tampilan yang bagus.

Hal ini karena bisa berpengaruh pada mood saat menonton. Namun, jika kamu menonton melalui Netflix, kualitas yang bagus atau HD bisa didapatkan dengan kuota yang tidak sedikit.

Untuk itu, agar bisa menghemat kuota saat menonton Netflix, kamu bisa mengatur sendiri kualitas video pada aplikasi. Pilih kualitas video medium atau low dan hindari mengaktifkan kualitas Auto.

2. Aktifkan Internet Settings

Saat menggunakan aplikasi Netflix, kamu juga bisa mengatur penggunaan kuota internet. Kamu hanya perlu membuka menu more > app settings> cellular data usage.

Cara hemat kuota saat nonton Netflix yang satu Ini perlu dilakukan agar kamu bisa mengontrol penggunaan internet untuk aplikasi ini.

Ada empat opsi pengaturan internet yang bisa dipilih, di antaranya:

Automatic: Jika mengaktifkan menu ini, Netflix akan memberikan kualitas video sesuai dengan kuota yang tersedia. Umumnya, kamu memerlukan data sebesar 1GB untuk menonton video berdurasi 4 jam.

WiFi only: Menu yang satu ini bisa diaktifkan jika kamu memiliki fasilitas WiFi. Artinya, saat terhubung dengan WiFi, kamu baru bisa mengakses situs ini. Sehingga, kuota pun tak akan terpakai meski dalam mode diaktifkan.

Save data: Mode ini bisa diaktifkan ketika ingin menghemat kuota. Dengan mode ini, kamu bisa menghabiskan 1GB untuk menonton video selama 6 jam.

Maximum data: Apabila kamu termasuk pengguna internet unlimited, mode ini bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih. Dengan menggunakan mode ini, kamu bisa menikmati tayangan video selama 1 jam dengan kuota sebesar 1GB.

3. Mengunduh Video

Cara hemat kuota saat nonton film Netflix selanjutnya adalah dengan mengunduh film atau video yang diinginkan saat terhubung dengan WiFi.

Hal ini cukup menarik karena kamu tak perlu kuota sama sekali untuk mengunduh maupun menontonnya.

Apalagi saat akan berpergian, cara ini bisa dilakukan agar kamu tak bosan di perjalanan. Jadi, kamu bisa menonton di mana pun dan kapan pun tanpa khawatir soal kuota maupun jaringan internet.

4. Beli Paket Data Khusus Netflix

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota saat nonton Netflix adalah dengan mengaktifkan paket data khusus untuk Netflix.

Seiring dengan semakin menjamurnya pengguna Netflix, beberapa operator seluler kini telah menyediakan paket data yang hanya bisa digunakan untuk streaming Netflix. Hal ini tentu menjadi terobosan menarik yang bisa menjadi opsi untuk menghemat kuota.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghemat kuota saat menonton Netflix. Selamat mencoba!

Tag : #tips    #hemat kuota    #kuota internet    #streaming film    #netflix   

Baca Juga