Ilustrasi

Apa itu TikTok Shop? Ini Cara Belanja dan Jualannya

Wanovy | Teknologi | 29-09-2021

Aplikasi TikTok kini tidak hanya sekadar berbagi video saja tetapi juga memiliki fitur untuk belanja online yang diberi nama TikTok Shop.

Fitur ini sebenarnya sudah dirilis di Indonesia sejak April 2021 lalu. Sesuai namanya, TikTok Shop adalah fitur belanja online yang memungkinkan pengguna melakukan jual beli barang secara langsung di aplikasi.

Melalui TikTok Shop, pengguna bisa langsung berbelanja lewat TikTok tanpa harus beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk yang diinginkan.

TikTok Shop memungkinkan kita membeli barang dari berbagai macam akun TikTok yang membuka toko online secara langsung.

Beberapa platform e-commerce ternama bahkan sudah ikut bergabung memasarkan produk di dalamnya, termasuk Tokopedia dan JD.ID yang kemudian disusul oleh beberapa perusahaan populer yang bergerak di industri teknologi seperti Anker Indonesia, Xiaomi Indonesia, hingga Infinix.

Proses berbelanja di TikTok Shop pun sangat mudah. Kita hanya perlu memastikan bahwa aplikasi yang terpasang di smartphone merupakan versi terbaru dan mempunyai akun terdaftar di dalam layanan tersebut.

Tiktok Shop juga menawarkan produk dari berbagai macam merek dan produk dari hasil UMKM. Sehingga, pengguna juga bisa berbelanja secara langsung, dan menyediakan beragam promo hingga berkesempatan memperoleh hadiah menarik. Berikut adalah cara berjualan dan berbelanja di TikTok Shop.

Cara Berjualan di TikTok Shop

  1. Buka TikTok Shop di tautan berikut https://seller-id.tiktok.com/account/welcome
  2. Ada tulisan Become a Seller, kemudian sign up dengan akun Tiktok untuk membuka Tiktok Shop. Atau, bisa juga sign up dengan nomor telepon dan email.
  3. Setelah itu, isi beberapa informasi data diri yang dibutuhkan seperti nomor telepon, email, dan lainnya sebagainya untuk dilengkapi.
  4. Isi profil Tiktok Shop Seller Center detikers sesuai dengan apa yang diinginkan seperti nama toko hingga jenis bisnis yang dijalankan. Pastikan nama yang digunakan dapat dengan mudah di ingat oleh pembeli ya!
  5. Setelah semuanya selesai, maka lanjut untuk melanjutkan registrasi. Jika sudah terkonfirmasi, maka Tiktok Shop Seller Center sudah bisa dinikmati untuk melakukan penjualan.

Cara Belanja di TikTok Shop

  1. Buka aplikasi TikTok dan kunjungi akun toko yang Anda inginkan, atau cari di search dengan tagar #tiktokshop
  2. Buka halaman profile-nya dan klik 'Shop' dengan ikon tas. Akan muncul daftar barang yang dijual
  3. Pilih barang yang Anda mau dan klik 'Buy Now'. Isi alamat pengiriman, kuantitas barang dan lain-lain.
  4. Bayar pesanan barang bisa lewat Indomaret / Alfamart, atau memakai kartu kredit, transfer bank, Ovo, GoPay dan Dana.

Kemudahan bertransaksi di TikTok Shop pun sangat mudah, karena layanan juga mendukung banyak opsi pembayaran. Adapun kita secara khusus bisa memilih mulai dari transfer bank, GoPay, DANA, hingga pembayaran tunai melalui Indomaret maupun Alfamart.

Menariknya TikTok Shop selama promosi akan memfasilitasi setiap transaksi belanja dengan opsi Free Shipping. Artinya, kamu dapat memperoleh barang impian dengan harga lebih pas karena tidak perlu membayar ongkos pengiriman.

Tag : #teknologi    #tips    #trik    #tiktok    #shop   

Baca Juga