Cara Melakukan Servis Atas Bola Voli (Foto: perpustakaan)

Cara Melakukan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli

Faulan | Olahraga | 23-09-2022

PARBOABOA - Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara tim. Setiap tim dalam permainan bola voli terdiri dari enam pemain.

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia. Bola voli sering dimainkan oleh berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

Di desa hingga kota-kota, untuk menemukan lapangan voli tidaklah sulit, meskipun mungkin tampak apa adanya. Hal ini menunjukkan bahwa bola voli merupakan olahraga yang populer.

Untuk bermain bola voli dengan baik, anda harus menguasai setidaknya teknik dasar. Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai adalah teknik servis.

Servis adalah pukulan pertama bola dari belakang garis akhir lapangan, melewati net dan masuk ke area lawan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan yang keras dan kecepatan tinggi.

Tujuannya adalah untuk membuat pemain lawan kehilangan kendali bola dan dapat mencetak poin. Ada berbagai macam servis dalam bola voli seperti servis atas dan servis bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Servis Atas

Sama seperti teknik dan metode dalam olahraga lainnya, teknik servis atas juga pasti memiliki kelebihan dan kelemahan dalam prakteknya.

Terdapat kelebihan dalam servis atas yaitu pukulan yang dihasilkan lebih mudah diarahkan ke daerah lawan dan pihak lawan akan sulit untuk menangkapnya.

Sedangkan kekurangan dalam metode ini adalah bola sering menyangkut di net atau bahkan bisa keluar dari lapangan.

Cara Melakukan Servis Atas Bola Voli

Teknik servis atas bola voli atau overhand serve merupakan salah satu teknik bola voli yang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Servis atas bola voli adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan cara melemparkan bola ke atas kemudian dipukul di atas kepala dan melewati net dan jatuh di daerah lawan.

Dalam praktiknya, teknik servis atas hanya perlu melempar bola ke atas dan memukulnya dengan keras menggunakan telapak tangan. Berikut cara untuk melakukan cara servis atas bola voli.

1. Pertama-tama, pemain harus mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang digunakan untuk melakukan servis

2. Letakkan kaki kiri lebih maju dari kaki kanan dan postur tubuh tetap tegak

3. Bola diposisikan di depan tubuh dan dipegang oleh tangan kiri

4. Bola dilempar ke atas dan dipukul dengan posisi jari dalam keadaan rapat

5. Dalam memukul bola, bola harus dengan keras dan upayakan mengarah ke area lawan

6. Setelah memukul bola dilanjutkan dengan melangkahkan kaki kanan ke arah depan

7. Saat bola sudah memasuki area lawan maka pemain dapat kembali ke posisi dalam area timnya

Demikian cara melakukan teknik servis atas dalam permainan bola voli yang penting untuk pemula. Setelah menguasai teknik ini, anda dapat belajar tentang servis bawah agar memiliki variasi melakukan teknik servis dalam permainan voli.

Tag : #bola voli    #teknik dasar    #olahraga    #cara melakukan servis atas    #servis   

Baca Juga