Ilustrasi cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita

3 Cara Mudah Untuk Melihat Siapa Saja yang Memakai WiFi Kita

Wanovy | Teknologi | 29-01-2022

PARBOABOA - Ada banyak alasan mengapa koneksi WiFi mungkin lebih lambat dari biasanya, salah satunya adalah kemungkinan seseorang tak dikenal telah menggunakannya tanpa izin.

Untuk itu, kami telah menyiapkan cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita. Simak sampai selesai ya!

Seperti kita tahu, WiFi di zaman sekarang seakan menjadi “holy grail” karena banyak sekali orang mencari WiFi gratisan demi bisa terus terhubung ke internet untuk mengakses media sosial, bermain game online atau membaca berita tanpa harus mengurangi kuota internet miliknya.

Terkadang selain banyak orang mencari WiFi gratisan, mereka juga berusaha mencari tahu password koneksi WiFi yang dimiliki oleh tetangga atau orang tanpa seizin pemiliknya atau bisa disebut pencuri WiFi atau pembobol WiFi.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita pada saat itu. Saat sambungan WiFi digunakan beberapa orang atau perangkat secara bersamaan, proses browsing dan aktivitas sejenisnya bisa terganggu.

Atau bisa dikatakan kecepatan WiFi menjadi down dan sangat lemot. Terlebih ketika digunakan untuk streaming atau mengunduh file berukuran besar. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi penggunaannya jika sedang dipakai bersama-sama.

Itulah mengapa penting untuk mencari tahu siapa saja yang ikut menggunakan WiFi kita. Jika masih terhubung dengan perangkat kita, semua masih terbilang aman. Namun, ketika sambungan WiFi terkoneksi dengan perangkat asing, kamu harus waspada.

Mungkin saja WiFi kamu sedang diretas dan bisa-bisa kuota kamu habis tersedot begitu saja. Sebelum peristiwa ini terjadi, sebaiknya kamu harus waspada. Kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara melindungi WiFi agar tak mudah dibobol maling.

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita

Lantas, bagaimana cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita? Tenang, kali ini Parboaboa akan membagikan cara melihat pengguna WiFi untuk kamu yang menggunakan ISP Indihome, Oxygen, First Media, maupun yang lainnya.

1. Melalui IP Adress

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita bisa kamu lihat melalui IP Adress. Berikut langkah-langkahnya:

- Buka browser pada laptop, kemudian masukkan IP Address http://192.168.1.1/ untuk pengguna modem WiFi IndiHome merek ZTE.

- Untuk pengguna modem HUAWEI, maka bisa memasukkan IP Address 192.168.100.1 atau 192.168.1.254.

- Setelah berhasil, lakukan login dengan memasukkan username dan password yang sudah diperoleh saat pertama kali berlangganan.

- Jika username dan password sudah benar, nantinya akan muncul halaman utama.

- Lalu, klik “Status” dan “User Device Information'” pada bagian kiri untuk melihat aktivitas pengguna WiFi yang kamu pasang di rumah.

- Lalu, kamu bisa melihat melihat nama dan identitas yang menggunakan jaringan WiFi. Mulai dari host, tipe perangkat seperti HP, laptop, dan komputer. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui ID pengguna yang tersambung.

- Jika kamu merasa tidak mengenal identitas perangkat tersebut, kamu bisa memblokirnya agar koneksi internet berjalan optimal seperti semula

2. Melalui CMD

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita bagi pengguna IndiHome adalah dengan menggunakan CMD.

Pertama kamu harus membuka program “Run” dengan menekan tombol Windows+R di keyboard.. Setelah program terbuka, ketik “CMD” dan tekan menu “OK”. Kamu akan melihat kotak hitam yang dikenal juga sebagai command prompt atau CMD.

Kemudian lakukan langkah berikut:

- Ketik “net view” dan tekan Enter.

- Ketik “arp-a” dan tekan Enter.

- Sistem akan menampilkan data IP semua pengguna jaringan IndiHome milikmu

- Jika ada yang mencurigakan, kamu bisa langsung memblokirnya

3. Aplikasi FING (Android)

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Android bernama FING.

Aplikasi FING merupakan aplikasi yang sudah digunakan oleh banyak pengguna smartphone untuk mendeteksi wifi dan bisa kamu temukan di Google Play Store.

Selain memiliki fitur cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita, ada banyak sekali fitur menarik yang terdapat pada aplikasi yang satu ini.

Dengan menginstal aplikasi ini nantinya kamu diwajibkan untuk terkoneksi dengan WiFi lalu scan maka dengan otomatis akan terlihat siapa saja yang sedang menggunakan jaringan Wifi tersebut.

Bahkan yang paling menarik nantinya kamu bisa mengetahui perangkat apa yang sedang di gunakan para pencuri WiFi dirumahmu. Sangat cocok bukan untuk mengetahui siapa sebenarnya orang yang membuat WiFi dirumah kamu menjadi lambat.

Itulah beberapa cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita yang bisa kamu coba. Jika diperlukan, kamu juga bisa melihat cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang sudah kami siapkan. Semoga membantu!

Tag : #tips    #internet    #wifi    #jaringan    #melindungi wifi   

Baca Juga