Ilustrasi, foto: BursaHP.com

Gampang, Begini Cara Mematikan HP Android Otomatis

Wanovy | Teknologi | 07-05-2022

PARBOABOA - Cara mematikan HP otomatis bisa Anda lakukan agar penggunaan baterai lebih awet ketika sedang beristirahat.

Sebenarnya, hampir semua smartphone memiliki fitur mematikan hp otomatis tapi sayangnya tidak semua orang tahu.

Perkembangan teknologi membuat smartphone miliki beragam cara mematikan hp otomatis. Fungsinya untuk menjaga daya tahan baterai.

Fitur mematikan dan menghidupkan smartphone merupakan fitur yang canggih, khususnya perangkat Android. Pengguna tidak perlu repot-repot lagi mematikan perangkat Android secara manual.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mematikan otomatis hp saat malam hari menjelang tidur dan kemudian menyala sendiri di pagi hari.

Dibawah ini Parboaboa sudah siapkan cara mematikan HP otomatis yang bisa kamu coba. Yuk, simak informasinya!

Pengaturan Auto Power ON-OFF

Smartphone dengan sistem operasi Android memiliki fitur auto power on-off, dengan kata lain mempunyai fungsi untuk mematikan dan menghidupkan sendiri. Ikuti panduan untuk pengaturan tersebut dibawah ini.

Untuk mengatur agar HP atau smartphone android dapat dimatikan sekaligus dihidupkan secara otomatis.

Cara Mematikan HP Otomatis Xiaomi dan Lainnya

Berikut ini adalah tutorial cara mematikan HP OPPO otomatis dan merek lain lewat menu pengaturan dan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga:

1. Aktifkan Fitur Mematikan HP Otomatis

Sebagian besar perangkat terkini sudah dilengkapi dengan fitur mematikan HP otomatis yang bisa diaktifkan lewat menu pengaturan. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

- Masuk ke menu pengaturan di HP kamu dan cari bagian 'Additional Settings'.

- Di dalamnya, kamu akan melihat fitur 'Automatic on/off', klik bagian tersebut.

- Jika kamu tidak menemukan 'Additional Settings', mungkin lokasi fitur mematikan HP secara otomatis berbeda, kamu bisa mencarinya di bilah pencarian menu pengaturan dengan memasukkan kata kuncinya.

- Setelah membuka pengaturan untuk mematikan HP secara otomatis, kamu akan diminta untuk menentukan jadwal HP mati dan nyala secara otomatis.

- Kamu juga bisa mengatur hari apa saja saat HP menggunakan fitur ini. Jika sudah selesai, klik tanda centang untuk mengaktifkan fiturnya.

2. Aplikasi Power Schedule

Jika di ponselmu tidak ada fitur seperti yang tertulis di atas, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu Power Schedule. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store.

Cara mematikan HP otomatis dapat dilakukan dengan mengaktifkan fiturnya dan menggunakan aplikasi Power Schedule. Cara ini bisa dilakukan pada beberapa ponsel Android.

- Setelah berhasil mengunduh dan aplikasi terpasang di HP kamu, buka aplikasi Power Schedule untuk mulai mengatur HP agar bisa dinyalakan dan mati secara otomatis.

- Klik tombol 'Add event' untuk mulai mengatur jadwalnya.

- Masukkan Jam dan Hari untuk Mematikan Ponsel

- Setelah itu, masukkan jam dan hari kapan kamu akan mematikan ponsel secara otomatis. Jika sudah klik 'Done'.

- Lakukan hal yang sama jika kamu ingin mengatur jadwal HP dinyalakan secara otomatis.

Itulah cara mematikan HP otomatis. Jika HP kamu mendukung fitur mematikan dan menyalakan secara otomatis maka bisa dilakukan lewat pengaturan saja, namun jika tidak kamu harus mengunduh aplikasi Power Schedule di Google Play Store.

Tag : #gadget    #smartphone    #tips    #teknologi    #android   

Baca Juga