Ilustrasi cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar

Gak Perlu Pusing! Ini Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Sudah Dibayar

Wanovy | Teknologi | 03-02-2022

PARBOABOA- Saat berbelanja di marketplace Shopee terkadang ada beberapa kondisi yang mengharuskan pelanggan membatalkan pesanan.

Cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar dikategorikan berdasarkan proses pembelian yang tengah berjalan. Untuk informasi selengkapnya, simak artikel ini sampai selesai ya!

Seperti kita tahu, belanja online di Shopee memang sangat mudah dan menyenangkan, karena hampir semua barang yang kita cari tersedia dan dijual dengan harga yang relatif lebih murah dari toko-toko di pasaran.

Kita hanya tinggal menunggu saja barang dikirim oleh penjual setelah kita melakukan pembayaran, barang akan sampai sesuai dengan estimasi kurir yang digunakan dan juga tergantung kapan penjual mengirimkannya.

Menariknya lagi, konsumen juga bisa membeli barang yang diinginkan tanpa harus membayar sejumlah tagihan pembayaran saat itu juga lewat fitur Shopee PayLater. Fitur tersebut tentu sangat memudahkan pengguna dan menarik banyak peminat.

Namun yang namanya belanja online, terkadang ada yang cocok dan ada yang tidak, dan tidak jarang juga ada penipuan saat belanja di Shopee. Jika kamu sering beli barang di shopee, mungkin punya pengalaman juga membatalkan pesanan di Shopee.

Kesalahan pembelian ini bisa dikarenakan banyak hal, baik karena kita terlalu ceroboh, terburu-buru sehingga tidak membaca deskripsi barang atau salah membeli pada toko yang memiliki banyak bintang satu. Intinya setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan, termasuk ketika berbelanja online.

Proses pembatalan telah diatur oleh Shopee sendiri sehingga kita tentu harus tahu apa saja syarat pembatalan pesanan dan bagaimana cara mengajukan pembatalan pesanan di Shopee tersebut.

Pembatalan pesanan juga bisa dibatalkan ketika kamu sudah membayar atau juga belum membayar nya, untuk informasi lebih lanjutnya mari kita simak cara batalkan pesanan di Shopee serta syarat dan ketentuan pembatalan pesanan dibawah ini ya.

Syarat dan Ketentuan Pembatalan Pesanan Shopee

Sebelum masuk ke cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar, ada baiknya kamu mengetahi syarat dan ketentuan pembatalan pesanan Shopee.

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan pembatalan pesanan Shopee yang harus kamu perhatikan:

- Pembeli maupun Penjual tidak bisa memilih salah satu produk untuk dibatalkan jika pesanan dalam status Dikemas/ Perlu Dikirim, namun bisa membatalkan untuk semua produk dalam pesanan tersebut.

- Jika pesanan belum dibayar maka pengajuan pembatalan bisa memilih produk yang ingin dibatalkan.

- Pengajuan pembatalan hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali saja.

Nah, jika sudah paham mengenai syarat dan ketentuan pembatalan pesanan Shopee, mari kita masuk ke pembahasan cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar.

Cara Batalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dibayar

Setidaknya, ada empat proses pembelian barang yang terdapat di Shopee, yakni verifikasi pembayaran, pengemasan, pengiriman, dan penerimaan. Kamu hanya bisa membatalkan pesanan bila posisi barang berada di verifikasi pembayaran dan pengemasan.

Jika sudah memahami ketentuan dan jenis pembatalan pesanan Shopee, selanjutnya simak cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar berikut ini.

- Buka aplikasi Shopee Klik tab “Saya” yang berada di bagian bawah layar aplikasi

- Di bagian menu “Pesanan Saya”, bakal muncul proses pembelian barang

- Pastikan barang kamu masih berada di dalam submenu “Belum Bayar” atau “Dikemas”

- Klik submenu tersebut, lalu pilih pesanan barang yang hendak dibatalkan

- Gulir ke bawah, klik opsi “Batalkan Pesanan”

- Tambahkan alasan pembatalan, terakhir klik opsi “Konfirmasi”.

Cara Batalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

Bukan hanya ketika pesanan yang sudah dibayar saja tetapi jika pesanan belum dibayar pun kamu bisa membatalkannya. dengan begitu pesanan kamu akan hangus secara otomatis. dan tidak ada tindak lanjutan. Dibawah ini merupakan cara membatalkan pesanan Shopee yang belum dibayar.

- Buka aplikasi shopee.

- Pilih menu “saya” yang berada di pojok kanan tampilan.

- Lanjut, klik status barang yang “belum bayar”.

- Klik barang yang ingin kamu batalkan

- Untuk membatalkannya silahkan klik “batalkan pesanan”

- Konfirmasi pembatalan “Ya” maka barang secara otomatis akan terhapus dari daftar riwayat belanjaan.

Prosesnya sama seperti kita melakukan pembatalan dengan produk yang sudah dibayar dan terkonfirmasi kepada penjual tetapi bedanya penjual tidak harus melakukan refund ataupun pengembalian dana.

Bagaimana jika penjual tidak menyetujui?

Jika penjual tidak menyetujui pembatalan yang kamu ajukan maka proses pengiriman barang tetap akan dilakukan oleh penjual, sedangkan jika penjual menyetujui permintaan pembatalan maka pesanan akan dibatalkan.

Setelah pesanan dibatalkan maka secara otomatis sistem akan mengembalikan dana yang sudah dibayar, dana akan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay dalan waktu 1X24 jam, jadi tinggal tunggu saja.

Demikianlah informasi seputar syarat dan ketentuan pembatalan pesanan Shopee serta cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar. Jika diperlukan, kamu juga bisa mencoba cara membuka toko dan berjualan di Shopee yang sudah kami siapkan. Semoga membantu!

Tag : #tips    #shopee    #marketplace    #batalkan pesanan   

Baca Juga