Headphone dan earbuds, foto: makeuseof

5 Cara Membersihkan Headphone dan Earbuds dengan Baik dan Benar

Wanovy | Teknologi | 29-10-2022

PARBOABOA - Membersihkan dan mensterilkan headphone dari kotoran telinga dan kuman tidak hanya baik untuk kebersihan Anda, tetapi dapat meningkatkan kualitas suara.

Memiliki headphone over-the-ear atau in-ear, Anda harus membersihkannya secara teratur karena alasan kebersihan dan pemeliharaan. Terutama jika Anda menggunakan headphone saat berolahraga.

Keringat bisa menumpuk dan membuat penutup telinga berbau tidak enak. Kotoran telinga dapat menyumbat perangkat dan mengurangi volume dan juga kejernihan suara.

Selain itu, ada semua kotoran yang tidak bisa Anda lihat seperti bakteri dan mikroba lain yang mungkin membuat Anda sakit.

Headphone yang bersih adalah untuk kesehatan. Jika Anda menggunakan headphone saat berada di tempat olahraga, Anda dapat menularkan apa pun yang Anda sentuh kepada headphone.

Virus, seperti SARS-Cov-2, yang menyebabkan COVID-19, telah terbukti hidup hingga tiga hari di permukaan plastik dan permukaan keras lainnya.

Jika Anda menyentuh headphone yang terkontaminasi, Anda dapat menyebarkan virus ke permukaan lain.

Bahkan dapat menginfeksi diri Anda jika Anda menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa headphone meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam telinga.

Dan itu dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain jika headphone digunakan bersama. Bahkan jika Anda tidak meminjamkannya, pikirkan apa yang telah disentuh earphone Anda dan apakah Anda ingin meletakkannya di telinga Anda?

Cara membersihkan headphone over-the-ear akan bervariasi. Banyak merek yang dirancang dengan pertimbangan pembersihan yang mudah. Dan ada yang memiliki penutup telinga serta kabel yang dapat dicabut dari kedua ujungnya.

Berikut beberapa tips dan trik cara membersihkan headphone atau earphone dengan baik dan benar.

1. Gunakan kain

Anda bisa mengusap-usap headphone atau earbuds Anda secara reguler menggunakan kain lembab dan lembut seperti yang digunakan pada pakaian. Anda bisa melakukannya satu kali seminggu.

Saat melakukan ini, pastikan headphone Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke dalam ponsel Anda. Setelahnya, segera keringkan perangkat Anda dengan kain yang lembut.

Jangan gunakan alkohol karena itu bisa merusak warna atau lapisan kulit bawaannya.

2. Gunakan sikat lembut

Untuk membersihkan bagian dalamnya, Anda bisa menggunakan alat pembersih seperti sikat yang sangat lembut dan kecil.

Saat melakukannya, usahakan sedekat mungkin membersihkan earbuds dengan permukaan tanah. Gaya gravitasi bisa membantu Anda membersihkan debu-debu yang menempel.

3. Bersihkan bungkus (casing) dan koneksi baterai

Setelah membersihkan headphone atau earbuds, jangan lupa pula membersihkan casing dan konektornya.

Casing dan konektor biasanya terpadat pada headphone yang mengandalkan koneksi bluetooth atau wifi.

Untuk perangkat Airpods, Apple merekomendasikan penggunaan kain yang kering. Anda juga bisa menambahkan alkohol jenis isopropyl untuk membersihkan konektor dan bagian dalam casing earbuds.

4. Gunakan kain mikrofiber

Mengutip 9toMac5, salah satu kain yang cukup bagus digunakan adalah jenis mikrofiber. Kain tersebut bisa dibasahi terlebih dahulu dengan Clorox atau ehtyl.

Setelah itu, copot bagian karet (jika ada) pada earbuds atau headphone Anda. Kemudian, bersihkan karet tersebut dengan air segar sebelum dikeringkan.

5. Gunakan Blue Tack

Blue Tack singkatnya adalah benda lengket yang bisa menempel di kaca, papan dll. Anda bisa menggunakannya untuk mengangkat debu-debu dan kotoran yang lengket di headphone atau earpods.

Blue Tack juga terbilang cukup terjangkau. Di marketplace, harganya tak sampai Rp20 ribu.

Nah, itulah tadi beberapa cara membersihkan headphone atau earbuds yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat!

Tag : #headphone    #earbuds    #teknologi    #tips    #earphone   

Baca Juga