Ilustrasi

5 Cara Membersihkan Kamera HP yang Benar dan Aman

Wanovy | Teknologi | 05-11-2022

PARBOABOA - Bagaimana cara membersihkan kamera HP dengan benar? Lensa kamera yang buram dan berdebu membuat hasil foto kamera hp kurang bagus.

Sekarang ini, setiap HP pasti punya fitur kamera. Baik itu hanya HP feature atau HP pintar (smartphone) semua pasti punya kamera.

Nah, fitur kamera ini memang sangat berguna karena bisa memudahkan Anda mengabadikan momen dan membagikannya ke social media.

Tapi Anda tahu gak? Sama seperti barang elektronik lainnya, HP juga butuh perawatan. Apalagi bagian kamera yang sangat rentan rusak, tergores, atau pecah.

Jika lensa kamera kotor, penuh baret, atau berembun tentu bisa menurunkan kualitas foto. Lensa kamera hp bekerja seperti mata manusia.

Oleh karena itu, jika ada bagian yang rusak maka tidak bisa digunakan untuk menangkap gambar lagi.

Bagaimana cara membersihkan kamera HP yang benar dan mudah? Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membersihkan kamera HP?

Asal Anda tahu aja, membersihkan kamera HP itu sebenarnya sangat mudah lho. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membersihkannya. Anda bisa pakai bahan-bahan yang ada di sekitarmu untuk membersihkan lensa kamera HP.

Penasaran bagaimana? Simak tips n trik cara membersihkan kamera HP dengan baik dan benar dibawah ini!

1. Gunakan pena pembersih

Pena pembersih dapat Anda gunakan untuk membersihkan kamera HP dari debu. Alat pembersih ini memiliki seikat bulu sikat halus yang tidak akan menggores lensa Anda.

Pena pembersih memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran dan bentuk ini biasanya dibedakan dari lebar bulu sikat dan kehalusan bulu sikat. Untuk itu, Anda bisa memilih ukuran yang sesuai dengan lensa kamera HP Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sikat riasan yang bersih dan memiliki bulu yang lembut.

2. Gunakan kain mikrofiber

Jika lensa kamera Anda banyak tertutup sidik jari, Anda bisa melakukan pembersihan menggunakan kain microfiber atau buff lembut.

Kain microfiber akan menghapus noda tanpa meninggalkan serat pada lensa Anda. Anda bisa menggunakan kain lembut apapun untuk membersihkan lensa kamera.

Hindari untuk membersihkan menggunakan tisu, karena tisu selalu meninggalkan partikel debu pada lensa Anda.

3. Gunakan lap lensa

Tidak hanya terkena debu atau sidik jari, lensa kamera biasanya juga dapat terkena minyak yang ditransfer dari tangan Anda secara tidak sengaja.

Untuk membersihkan minyak tersebut, Anda bisa menggunakan lap lensa yang dibasahi dengan pembersih lensa.

Pembersih lensa mampu membantu Anda untuk membersihkan kamera dari minyak dan kotoran yang membandel.

Hindari untuk membersihkannya menggunakan tisu basah, karena seringkali tisu basah mengandung pelembut yang akan membuat lensa Anda semakin berminyak.

Hindari juga untuk menggunakan tisu yang dibasahi dengan air, karena hal itu akan menambah debu pada lensa kamera ketika kering. Partikel-partikel tisu akan menempel dan membuat lensa Anda kotor.

4. Gunakan pembersih lensa

Pembersih lensa khusus merupakan pilihan yang tepat untuk membersihkan lensa kamera.

Pembersih ini biasanya berupa larutan alkohol yang diencerkan. Jika Anda tidak memiliki pembersih lensa di rumah, Anda bahkan dapat membuatnya sendiri.

Untuk membuat cairan pembersih lensa, Anda hanya membutuhkan isopropil alkohol dan air suling dengan perbandingan 50:50. Hindari menggunakan air keran, agar debu tidak mudah menempel.

5. Mengganti Tutup Lensa Kamera HP

Tidak hanya dengan cara di atas, cara membersihkan lensa kamera HP yang kotor atau berdebu juga bisa dilakukan dengan mengganti bagian tutup lensanya.

Saat bagian ini kotor atau tergores, pembersihan menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas biasanya tidak akan membuahkan hasil.

Oleh karena itu, mengganti bagian tutup lensa kamera mungkin menjadi satu-satunya cara.

Harap berhati-hati dan hanya bisa dilakukan pada jenis HP tertentu, sebab Anda perlu mencongkel bagian lensa kamera.

Setelah itu, Anda dapat mengganti bagian tersebut dengan lensa kamera yang baru, atau alternatif penutup lainnya yang bisa digunakan, seperti selotip bening.

Dengan begitu, kotoran yang ada di bagian dalam penutup lensa kamera tidak akan merusak kualitas foto.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan kamera HP dengan baik dan benar yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #kamera hp    #kamera    #teknologi    #tips    #lensa kamera   

Baca Juga