Cara membersihkan sepatu putih (My-best.id)

Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Baik dan Benar

Sarah | Hiburan | 01-07-2022

PARBOABOA - Sepatu atau sneaker berwarna putih merupakan salah satu item fesyen yang diminati oleh banyak orang. Entah itu karena sepatu putih mudah dipadukan dengan pakaian ataupun karena berbagai alasan.

Namun, hal yang menjadi masalah pada sepatu putih adalah mudah kotor dibandingkan dengan sepatu warna lainnya. Banyak pula orang yang tidak tahu cara membersihkan sepatu putih yang baik dan benar.

Nah, buat kamu yang memiliki sepatu berwarna putih, berikut cara mencuci sepatu putih yang baik dan benar.

1. Menggunakan Pasta Gigi

Jika sepatu putih kamu hanya ternoda di bagian kecil, kamu dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya.

Caranya, cukup oleskan pasta gigi di bagian yang ternoda atau seluruh bagian sepatu, kemudian diamkan selama 4-5 jam. Selanjutnya, bilas sisa pasta gigi dengan air hangat sambil menggosoknya menggunakan sikat gigi bekas.

2. Menggunakan Cuka

Cara menghilangkan noda membandel di sepatu putih dapat dijumpai di dapur kamu loh. Kamu dapat membersihkan sepatu putih menggunakan cuka.

Caranya, ambil cuka putih yang biasa dipakai untuk memasak. Manfaatkan cuka untuk mengatasi noda di sepatu putih. Dengan menuangkan cuka ke kain bersih, lalu gosok noda di sepatu dengan kain tersebut. Gosok secara perlahan sampai noda di sepatu putih kamu hilang.

3. Menggunakan Shampo

Jika sepatu putih kamu terkena noda yang mengandung minyak, seperti kuah makanan ataupun oli, kamu dapat mencuci sepatu putihmu dengan menggunakan sampo rambut.

Caranya, tuangkan sampo secukupnya di bagian sepatu yang ternoda, lalu gosok dengan sikat gigi bekas sampai mengeluarkan busa. Pastikan bahwa kamu menggosok sepatu sampai noda minyaknya benar-benar hilang. Setelah itu, lanjutkan dengan membilas sepatu menggunakan air hangat.

4. Lemon

Ternyata asam sitrat dalam lemon dapat membantu proses pembersihan sepatu loh.

Caranya, peras lemon ke dalam mangkuk berisi air dingin dan aduk merata. Kemudian, gunakan spons dan celupkan ke dalam cairan lemon tersebut. Selanjutnya, gosok permukaan sepatu dengan spons secara perlahan, dan tambahkan air lemon jika diperlukan.

Hal yang perlu diingat, untuk sepatu kulit sebaiknya tidak dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, karena akan memperburuk noda dan juga merusak permukaan sepatu.

5. Menggunakan Deterjen Cair (Mesin Cuci)

Siapa bilang sepatu tidak bisa dicuci di dalam mesin cuci? Jika noda membandel di sepatu putih tak kunjung hilang dan kamu kehabisan cara untuk membersihkannya, cobalah mencucinya dengan deterjen cair di dalam mesin cuci.

Berikut panduan menghilangkan noda di sneaker putih menggunakan mesin cuci:

-Satu hari sebelum mencuci sepatu, taburkan 3 sdm soda kue di setiap sepatu, tepatnya di bagian yang ternoda. Diamkan semalaman dan bilas sneaker di pagi harinya.

-Lepas tali sepatu, lalu gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok sepatu. Bersihkan noda sebanyak mungkin sebelum sepatu dicuci di dalam mesin cuci.

-Masukkan sepasang sepatu ke dalam mesin cuci dan tambahkan 4-6 potong handuk. Fungsi handuk adalah menyeimbangkan beban dan mencegah sepatu terbentur pada dinding tabung mesin cuci.

-Isi mesin cuci dengan air bersih dan tambahkan Rinso Matic Cair secukupnya. Jalankan siklus pencucian selama 15-30 menit.

-Setelah selesai mencuci, pastikan tak ada residu deterjen yang tertinggal pada sepatu. Hindari memasukkan sepatu ke dalam pengering (dryer) pada mesin cuci dan jemur saja di tempat berangin agar kering secara alami.

Meski sepatu bisa dicuci di dalam mesin cuci, namun ada baiknya jika kamu mencucinya secara manual. Jika terpaksa mencuci dengan mesin cuci, gunakan Rinso Matic cair sesuai jenis mesin cucimu.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan sepatu putih yang perlu kamu tahu. Jangan sampai salah yah. Semoga membantu.

Tag : #sepatu putih    #merawat sepatu putih    #hiburan    #pasta gigi    #cuka    #sampo    #lemon    

Baca Juga