Ilustrasi cara membuat WhatsApp bisnis

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dengan Nomor Baru atau Nomor yang Sama

Wanovy | Teknologi | 22-02-2022

PARBOABOA - Cara membuat WhatsApp bisnis sebenarnya sangat mudah. Adanya WhatsApp Bisnis dapat menjadi pilihan aplikasi chat khusus bisnis yang benar-benar berguna bagi para pemilik bisnis, terutama pebisnis online.

Aplikasi ini menolong banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka dapat bertanya-tanya lebih dulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.

WhatsApp Bisnis juga menjadi alternatif ideal untuk dipakai. Karena, di Indonesia telah banyak orang yang memakai WhatsApp. Jadi, para pebisnis tidak perlu minta calon pembeli menginstall WhatsApp cuma untuk sarana komunikasi.

Namun, bagaimana cara membuat WhatsApp bisnis? Apakah sama saja dengan WhatsApp biasa? Berikut kami bahas lengkap mengenai akun WhatsApp bisnis.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis (dengan nomor baru)

Sebelum mengetahui lebih lengkap apa saja fitur dan manfaat WhatsApp Bisnis, kami akan tunjukkan dulu bagaimana cara membuat WA Bisnis. Berikut ini cara membuat WhatsApp Bisnis:

- Download WhatsApp Bisnis di Play Store ataupun App Store

- Selanjutnya kamu harus mendaftar menggunakan nomor ponsel.

- Lengkapi profil bisnis kamu. Caranya, klik Settings > Business Settings > Profile.

- Pastikan informasi yang kamu cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website.

- Selanjutnya kamu perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis. Caranya, Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

- Kemudian kamu dapat mengatur isi pesan balasan otomatis. Kamu juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, baik di segala waktu maupun di waktu tertentu saja.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Nomor yang Sama

Cara membuat WhatsApp bisnis dengan nomor yang sama sebenarnya sangat mudah. Namun, tampaknya tidak banyak pengguna yang mengetahui WhatsApp bisnis bisa menggunakan nomor yang sama.

Memang, WhatsApp pernah mengatakan, untuk membuat akun Business, pengguna perlu menggunakan nomor baru. Namun, bukan berarti pengguna WhatsApp Messenger tidak bisa mengubahnya ke akun Business.

Dengan mengubah WhatsApp biasa menjadi akun Business, pengguna bisa menggunakan nomor yang sama seperti yang sudah ada.

Nah, berikut ini cara membuat WhatsApp bisnis dengan nomor yang sama.

- Sama seperti cara diatas, kamu perlu menginstal WhatsApp Business terlebih dahulu.

- WhatsApp Businerss secara otomatis mengidentifikasi nomor yang kamu gunakan di WhatsApp Messenger.

- Untuk melanjutkan, ketuk opsi dengan nomor telepon bisnis kamu

- Jika nomor yang ditampilkan bukan nomor yang ingin kamu gunakan, tap gunakan nomor lain dan lakukan proses verifikasi standar.

- Tap Lanjut > Izinkan untuk mengizinkan WhatsApp Business mengakses riwayat chat dan media.

- Masukkan kode SMS 6 digit untuk memverifikasi nomor kamu.

- Buat Profile bisnis seperti cara yang sudah dijelaskan diatas > tap Lanjut

Cara Membuat Label di WhatsApp Bisnis

Fitur label di WhatsApp Bisnis memungkinkan kamu untuk memberikan tanda ke chat atau kontak tertentu yang nantinya sebagai informasi jenis statusnya. Contohnya, kamu mendapatkan orderan baru yang belum dibayar, karenanya kamu dapat menandai chat yang demikian sebagai Pending Payment. Atau, orderan yang telah dibayar ditandai dengan Telah Dibayar, dan sebagainya.

Cara membuat label di WhatsApp bisnis adalah tap dan tahan chat tertentu, kemudian tap Label di deretan menu atas ponsel. Kamu juga bisa menambahkan label yang telah ada atau label baru.

Cara Membuat Katalog WA Bisnis

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menunjukkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis kamu. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa diamati oleh konsumen ketika melihat profil bisnis kamu.

Dalam katalog, konsumen tak cuma memperhatikan foto produk, namun juga mengamati detil keterangan dan harga produk.

Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis yakni buka menu Setting > Business Setting > Catalog.

Kemudian kamu perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Kamu juga bisa menambahkan tautan berkaitan dengan produk tersebut. Umpamanya, kamu dapat cantumkan tautan ke toko online kamu. Fitur Katalog ini dapat menampilkan sampai 500 foto produk.

Manfaat WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business didesain untuk para pelaku usaha, sehingga aplikasi pesan singkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang beragam untuk meningkatkan efisiensi suatu usaha yang kamu jalankan.

Berikut ini kelebihan Whatsapp Business yang memiliki banyak manfaat yang diberikan untuk kesuksesan bisnis diantaranya :

1. Fitur Pesan Otomatis

Away Message: Dengan fitur Away Message kamu bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun kamu sedang sibuk kamu tetap bisa menjawab konsumen.

Greeting Message: Greeting Message bisa kamu gunakan untuk menyapa dan menyambut konsumen baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan kamu untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen.

Quick Replies: Menggunakan fitur Quick Replies kamu bisa membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. Cara nya mudah yaitu kamu cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis kamu.

Jadi saat ada pesan masuk, kamu cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah kamu buat, sehingga kamu bisa menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan.

2. Terpercaya

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis online, tindak kejahatan oleh oknum tidak bertanggung jawab pasti selalu mengintai.

Baik para pembeli maupun penjual harus selalu aware dan melakukan pengecekan  sebelum melakukan transaksi apapun. Hal itu dilakukan agar terhindar dari tindak kriminal.

Dengan adanya fitur profil bisnis, pembeli dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan terhadap informasi bisnis kamu. Selain itu,kamu juga bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa bisnis kamu kredibel dan profesional.

3. Analisis Data Interaksi Pelanggan

WhatsApp Business menyediakan informasi detail terkait dengan interaksi konsumen untuk bisnis kamu, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan juga dibaca.

Sehingga statistik data tersebut bisa berguna agar kamu mengetahui seberapa pesan kamu bisa tersampaikan kepada konsumen kamu.

4. Mudah Mempromosikan Produk 

Selain berkomunikasi, WhatsApp Bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing dan promosi.

Dengan fitur katalog, kamu dapat memajang produk kamu pada Katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur tersebut akan memudahkan konsumen untuk melihat produk yang kamu tawarkan.

Demikian informasi seputara cara membuat WhatsApp bisnis yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #whatsapp    #wa bisnis   

Baca Juga