Ilustrasi cara membuat background blur di Zoom Meeting

Cara Membuat Background Blur di Zoom Meeting Lewat Laptop dan HP

Wanovy | Teknologi | 06-01-2022

PARBOABOA - Aplikasi video conference Zoom kini mempunyai fitur baru untuk membuat background blur (latar belakang buram) untuk pengguna ketika melakukan meeting online.

Saat fitur tersebut diaktifkan, tampilan background akan terlihat buram. Seperti efek bokeh, para pengguna Zoom yang lain pun nantinya tidak akan dapat melihat objek yang berada di belakang pengguna utama dengan jelas.

Berikut ini cara membuat background blur di Zoom Meeting. Tetapi sebelum itu, pastikan untuk memperbarui Zoom Anda ke versi terbaru.

Cara blur background zoom di laptop

Cara membuat background blur di Zoom Meeting bisa dilakukan di laptop/PC, baik di Windows atapun di MacBook, caranya lebih kurang sama.

Berikut cara blur background Zoom di laptop (Windows/Mac):

1. Pastikan perangkat PC sudah menjalankan Zoom pada versi terbaru, minimal versi 5.5.0 (12454.0131) untuk pengguna Windows atau versi 5.5.0 (12467.0131) untuk pengguna MacOS.

2. Buka aplikasi Zoom dan tekan tombol "Settings".

3. Pilih menu "Background & Filters" lalu pilih efek "Blur".

4. Setelah efek tersebut dipilih, tampilan background akan tampak menjadi buram.

Cara blur background Zoom di HP

Cara membuat background blur di Zoom Meeting selanjutnya adalah dengan menggunakan HP, baik Android maupun iOS caranya hampir sama.

Berikut cara blur background Zoom di HP (Android/iOS):

1. Pastikan aplikasi Zoom sudah menjalankan client versi 5.6.6 (2076) untuk perangkat Android. Sedangkan, pengguna iOS dapat mengunduh aplikasi pada versi 5.6.6 (423) atau yang lebih tinggi.

2. Buka aplikasi Zoom dan masuk ke ruang meeting online.

3. Pada laman Video Preview, pilih ikon "Change Virtual Background".

4. Selanjutnya, pilih opsi "Blur" untuk memburamkan tampilan background.

5. Perlu diperhatikan bahwa opsi blur di Zoom akan turut diterapkan pada setiap meeting online selanjutnya yang dihadiri.

6. Apabila ingin menonaktifkan blur di Zoom, pengguna bisa memilih opsi "None" pada pengaturan background.

Sebelum Anda melanjutkan untuk mencoba efek Blur, Anda harus tahu bahwa fitur tersebut mengharuskan ponsel Anda memenuhi persyaratan untuk menerapkan virtual background di Android dan iOS.

Misalnya, pengguna iPhone 7, iPad Generasi ke-4, atau perangkat yang lebih lama akan kecewa mengetahui bahwa opsi blur background tidak akan tersedia di perangkat mereka.

Hal itu dikarenakan efek Blur, seperti virtual background, hanya berjalan di iPhone 8, iPad Generasi ke-5, dan model yang lebih baru.

Demikian juga, pengguna Zoom di Android harus memiliki perangkat yang memiliki setidaknya 3GB RAM, Android 8, prosesor octa-core, dan prosesor grafis yang kompatibel untuk dapat menggunakan opsi background buram.

Nah, itulah cara membuat background blur di Zoom Meeting lewat laptop dan hp yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #zoom    #video conference    #zoom meeting    #background    #blur background    #bacground zoom   

Baca Juga