Bubur Ayam kuah kining

Cara Membuat Bubur Ayam yang Enak dan Nikmat

Martha | Selera Nusantara | 14-12-2021

PARBOABOA – Bubur Ayam adalah makan khas orang Indonesia saat sarapan. Makanan satu Ini cukup mengenyangkan, juga memberikan sensasi hangat diperut sehingga sangat cocok dinikmati pada pagi hari. Bubur ayam juga banyak versinya di setiap kota di Indonesia.

Namun sering kali orang malas untuk memasak bubur ayam karena alasan yang sulit. Biar gak malas lagi, berikut cara membuat bubur ayam yang enak dan nikmat.

Bubur Ayam kuah kuning

Bahan bubur:

- 150 gram beras

- 800 ml air kaldu ayam

- 1 sdt garam

- 1 batang serai (tokok)

- 2 lembar daun jeruk

Bahan kuah kuning:

- 250 gram daging ayam

- 1 bungkus bumbu soto

- 5 siung bawang merah, iris tipis

- 4 siung bawang putih, iris tipis

- 1 batang serai, memarkan

- 3 lembar daun jeruk

- 500 ml air

- 2 cm jahe, memarkan

- Gula, garam, dan kaldu bubuk

-  Minyak goreng

Bahan pelengkap:

- Kacang kedelai goreng

- Kerupuk

- Bawang goreng

- Daun bawang

- Telur

- Suwiran ayam

- Sambal

Cara membuat:

1. Cuci bersih beras, lalu kukus selama 20 menit. Matikan api, angkat. Campur jadi satu dalam panci semua bahan bubur dan beras yang sudah di kukus, masak sambil diaduk-aduk sampai matang dan mengental, angkat sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan daun jeruk, serai, dan jahe. Aduk sebentar.

3. Selanjutnya masukkan bumbu soto, tumis sampai harum. Tambahkan ayam, tumis sampai ayam berubah warna. Tuang air dan semua sisa bahan kuah, kecilkan api. Tutup, masak sampai ayam matang, koreksi rasa. Angkat ayam, lalu suwir-suwir.

4. Unuk tahap penyajian. Siapkan mangkuk saji, ambil secukupnya bubur dan beri bahan pelengkap diatasnya, lalu siram dengan kuah kuning. Bubur ayam kuah kuning siap disajikan.

Tag : #resep    #bubur ayam    #bubur ayam kuah kuning   

Baca Juga