Ilustrasi cara membuat CV di HP

Cara Membuat CV yang Menarik di HP Android dan iOS

Wanovy | Teknologi | 22-02-2022

PARBOABOA - Kamu pasti sudah familiar dengan CV atau Curriculum Vitae. CV memiliki beragam fungsi, seperti untuk melamar pekerjaan hingga melamar beasiswa ke luar negeri.

Di era digital seperti sekarang membuat CV semakin mudah. Kamu bahkan bisa membuat CV langsung di ponsel pintarmu.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas apa saja website untuk membuat CV Online. Nah, kali ini kita akan mengulik bagaimana cara membuat CV di HP. Jangan sampai di skip ya!

Sekarang sudah tidak zaman lagi membuat CV yang standar dan hitam putih. Kemungkinan untuk dilirik oleh perusahaan sangat kecil walaupun kamu sudah mencantumkan berbagai macam prestasi di dalamnya.

Sekarang jika kamu sendiri disodori CV fotokopian dan CV yang berwarna-warni, kamu lebih mau baca yang mana? Tentu yang lebih menarik kan?

Oleh karena itu membuat CV kreatif adalah hal penting mengingat selembar kertas tersebut bisa menentukan nasibmu ketika melamar pekerjaan.

Sebelum kamu mengeluh tidak jago desain, ada banyak aplikasi yang bisa membantumu kok. Kamu bahkan bisa membuatnya langsung dari handphone-mu.

Berikut cara membuat CV yang menarik di HP dengan beberapa rekomendasi aplikasi membuat CV di handphone yang paling terbaik dan gratis. Kapan lagi bisa bikin CV gratis melalui handphone. Yuk simak!

1. Canva

Kamu mungkin sering menggunakan Canva. Selain bisa diakses lewat komputer, Canva juga tersedia dalam bentuk aplikasi di HP. Tidak hanya untuk Android, kamu yang menggunakan iOS pun bisa menginstall Canva. Sama seperti versi komputernya, cara menggunakan Canva sangat mudah.

Untuk cara membuat CV di HP melalui Canva, kamu perlu memilih satu dari beragam template CV gratis yang disediakan. Lalu edit informasi yang ada secara langsung. Kamu juga bisa menyusun sendiri CV sesuai keinginanmu.

Selain bisa membuat CV, Canva juga menyediakan berbagai template PPT gratis untuk keperluan presentasi. Kamu bisa memilih aneka template yang disesuaikan dengan isi presentasi yang akan kamu tampilkan di PowerPoint.

2. Google Docs

Selain menyediakan banyak template seperti surat, esai, laporan, dan novel, cara membuat CV di HP juga bisa kamu lakukan di Google Docs lho.

Kamu hanya perlu mengisi informasi dari dari template yang sudah tersedia. Google Docs dapat kamu akses dari HP atau komputer secara online. Jika kamu sudah selesai, kamu bisa menyimpan draft CV dalam format docs yang tersimpan otomatis di Google Drive yang tersambung dengan akun Gmail.

Jika kamu ingin mencetaknya, kamu bisa mengunduh CV tersebut dalam format PDF atau docx. Google Docs tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

3. Easy Resume Builder

Cara membuat CV di HP format PDF berikutnya adalah Easy Resume Builder. Seperti namanya, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali membuat CV. Keunggulan dari aplikasi ini adalah ia memiliki interface yang user-friendly sehingga mudah untuk dioperasikan.

Seperti Canva, cara membuat CV di HP melalui Easy Resume Builder sangat mudah. Aplikasi ini juga memiliki berbagai template yang bisa kamu gunakan. Kamu tinggal mengganti isian data pribadi yang dibutuhkan. Setelahnya CV dapat diunduh dalam format PDF atau langsung dibagikan melalui email.

4. Resume Maker

Meskipun tampilan aplikasi Resumaker ini sangat simpel, namun aplikasi ini menyediakan banyak fitur. Selain untuk membuat CV atau resume, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menyusun cover letter, surat pengunduran diri, promosi, surat rujukan hingga daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia versi Android saja.

Nah untuk menyusun CV, kamu bisa memilih beragam template yang disediakan. Lalu, isilah informasi yang diperlukan seperti identitas diri, pendidikan, pengalaman kerja, portofolio, keahlian hingga tanda tangan digitalmu. Kamu bahkan bisa mengganti huruf yang digunakan di CV.

Setelah selesai, maka akan ada preview atau tampilan langsung agar kamu bisa melihat hasil CV-mu. Setelah selesai, kamu bisa mengunduh dan menyimpan CV yang sudah kamu susun.

6. PathSource Resume

Cara membuat CV di HP yang satu ini hanya untuk pengguna iOS, jika kamu pengguna iOS, kamu bisa mencoba aplikasi ini. Sama dengan aplikasi pembuat CV pada umumnya, aplikasi ini punya berbagai desain yang bisa kamu pilih-pilih sesuai dengan bidang kamu.

6. Intelligent CV

Aplikasi Android ini memiliki ulasan yang cukup bagus dari para penggunanya karena mudah digunakan. Tersedia 500+ template resume profesional dan 42 contoh format daftar riwayat hidup dalam bahasa Indonesia.

Cara membuat CV lamaran kerja di HP melalui Intelligent CV ini juga sangat mudah. Kamu bisa mengubah urutan bagian data, menyunting nama judul bagian CV, membuat bagian baru dan mengubahnya kapan pun. Setelah selesai kamu bisa mengunduhnya dalam format PDF.

Nah, itulah cara membuat CV di HP lewat beberapa aplikasi pembuat CV dengan ratusan template yang bisa kamu pilih. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #pelajar    #buat cv    #cv online   

Baca Juga