Ilustrasi cara membuat daftar isi otomatis di Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word dan Google Docs Mudah dan Cepat

Wanovy | Teknologi | 26-12-2021

Ketika sedang membuat makalah, karya ilmiah, hingga skripsi, penulisnya tentu akan mencantumkan sebuah halaman berisi daftar isi sebagai petunjuk letak halaman dari sebuah dokumen.

Setiap susunan dan urutan tiap-tiap bab maupun subbab dalam halaman akan ditujukan untuk mempermudah pembaca dalam memandu pembahasan yang ingin dibaca. Urutan bab dan subbab inilah yang disebut daftar isi.

Penulisan daftar isi pada umumnya diletakkan pada bagian awal dalam sebuah penelitian atau karya ilmiah, setelah halaman judul serta sebelum daftar tabel dan daftar gambar. Namun, pernahkah kamu merasa kesulitan saat membuat daftar isi di Word?

Berikut ini adalah cara membuat daftar isi otomatis di Word dengan mudah dan cepat yang bisa kamu terapkan.

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word Windows 10

1. Setelah menyelesaikan dokumen, untuk membuat daftar isi kamu perlu menuju ke menu "Referensi/References".

2. Kemudian pilih opsi "Daftar Isi/Table of Contents". 

3. Akan muncul beberapa pilihan format daftar isi, kemudian klik format "Automatic Table 1/Daftar Isi Otomatis 1"

4. Daftar isi kamu akan secara otomatis dibuat oleh Microsoft Word yang memuat sub-judul setiap halaman dan keterangannya. 

5. Daftar isi perlu diperbarui jika ada tambahan halaman atau isi dokumen diubah.

6. Klik "Referensi/References" lalu pilih opsi "Perbarui Tabel/Update Table". 

7. Kemudian pilih salah satu diantara "Update page numbers only/Memperbarui nomor halaman saja" untuk update nomor halaman saja atau "Update entire table/Memperbarui seluruh tabel" untuk mengganti keseluruhan daftar isi. 

8. Setelah memilih, Anda bisa klik "OK".

Cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010, 2013 dan 2007

Nah, cara membuat daftar isi otomatis berikut ini bisa diterapkan di Microsoft Word 2010, 2013 dan 2007.  Perlu dicatat, bahwa step by step di bawah ini menggunakan Microsoft Word 2007.

1. Cek fungsi heading, apakah fungsi heading sudah aktif, kamu perlu melihatnya di toolbar bagian kiri. Jika fungsi heading belum aktif, kamu tidak bisa membuat daftar isi otomatis.

2. Apabila semua bagian judul dan sub judul sudah aktif dan muncul di navigation pane, letakkan kursor di halaman, tempat lokasi daftar isi ditargetkan akan berada.

3. Klik “References” dibagian toolbar atas.

4. Klik “Table of Content” di toolbar bagian kiri atas.

6. Klik “Automatic Table”, setelah itu akan muncul pilihan model daftar isi yang bisa dipilih.

7. Untuk mengedit nomor halaman, kamu bisa klik kanan lalu pilih “Update field”, “Update page number only”, jika yang berubah hanya nomor halaman. Atau “Update entire table” jika yang berubah keseluruhan termasuk judul dan sub judulnya.

8. Jika telah selesai, maka daftar isi sesuai dengan yang kamu inginkan pun sudah jadi.

Cara membuat daftar isi otomatis di Google Docs

Membuat daftar isi otomatis ternyata tidak hanya bisa dibuat di Microsoft Word saja, tapi di Google Docs pun bisa. Bahkan, bisa dibilang membuat cara membuat daftar isi otomatis di Google Docs jauh lebih mudah.

Hal ini dikarenakan, apabila susunan babnya sudah benar, kamu hanya cukup menekan dua menu untuk membuat daftar isinya, lengkap dengan nomor halaman yang diperbarui secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:

1. Buka dan jalankan browser di PC/laptop Anda kemudian buka halaman docs.google.com.

2. Buat dokumen baru kemudian pindahkan seluruh isi dokumen Word Anda ke dokumen tersebut.

3. Langkah pertama tentukan dulu heading untuk masing-masing bab.

4. Ulangi langkah penentuan heading tersebut ke bab-bab yang lain.

5. Setelah selesai, sekarang baru langkah pembuatan daftar isi secara otomatis. Posisikan di mana daftar isi akan dibuat, setelah itu buat judul besarnya.

6. Lalu klik “Sisipkan” atau “Insert” dan klik Daftar isi/Table of content” lalu pilih satu dari dua jenis yang ditawarkan.

7. Selesai, daftar isi sudah dibuat. Untuk setiap perubahan yang kamu buat di dalam tulisan, jangan lupa untuk menekan ikon refresh untuk memperbarui daftar isi terkini.

Demikianlah cara membuat daftar isi otomatis di Word dan Google Docs dengan mudah dan cepat yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #word    #daftar isi otomatis    #microsoft word    #google docs   

Baca Juga