Cara Membuat Getuk Lindri (dok istimewa)

Cara Membuat Getuk Lindri yang Tak Lekang Oleh Waktu

Olivia | Selera Nusantara | 14-02-2022

Parboaboa, Pematangsiantar – Getuk adalah makanan ringan atau jajanan pasar tradisional yang terbuat dari bahan utama singkong. Getuk salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

Awalnya getuk dijadikan panganan pengganti nasi pada zaman dahulu. Karena pada saat itu masyarakat Jawa mengalami kesulitan memperoleh beras.

Pembuat Getuk lindri pertama kali adalah Mbah Mohtar, warga Desa Karet, Magelang, Jawa Tengah.

Nama Getuk Lindri memiliki makna tersendiri. ‘Getuk’ diambil dari suara ‘tuk-tuk’ yang dihasilkan dari proses menumbuk singkong hingga halus. Sedangkan ‘lindri’ berasal dari proses pembuatannya, dimana adonan singkong digulung.

Kuliner khas Indonesia ini tak lekang oleh waktu. Dari zaman ke zaman getuk masih saja tersedia di daftar jajanan pasar tradisional.

Getuk lindri memiliki warna yang cerah, teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, tidak gampang untuk dilupakan begitu saja. Getuk lindri biasa berbentuk seperti balok-balok kecil yang ditaburi gula dan parutan kelapa.


Berikut cara membuat getuk lindri yang tak lekang oleh waktu dengan gampang.

Bahan

- 1 kg singkong, kupas kulitnya dan dicuci bersih
- 200 gr gula pasir
- ½ sendok teh vanili
- 100 mL air
- Pewarna makanan
-1/3 butir kelapa diparut kasar
- ¼ sendok teh garam

Cara membuat

- Pertama sekali, didihkan air, gula dan vanili sampai tercampur dan mengental. Lalu angkat dan dinginkan.

- Singkong yang sudah dicuci bersih tadi dikukus hingga matang (lembek). Setelah matang, tumbuk singkong selagi panas agar lebih cepat halus.

- Jika adonan singkong sudah halus, campurkan denga air rebusan gula dan vanila tadi dan dapat ditambahkan pewarna makanan yang aman sesuai selera. Kembali aduk hingga warna tercampur rata.

- Setelah tercampur rata, gilas adonan dengan alat penggiling. Jika tidak punya, dapat menggunakan botol kaca bekas yang sudah dicuci bersih. Ratakan dan potong sesuai selera.

- Langkah terakhir ialah menaburi getuk lindri yang sudah dibentuk tadi dengan gula dan parutan kelapa. Getuk Lindri yang tak lekang oleh waktu siap untuk disajikan dan disantap bersama keluarga.

Sangat gampangkan pembuatannya. Nah.. tunggu apalagi, kamu bisa langsung mempraktekkan karena bahan-bahan yang diperlukan tidak sulit ditemukan.

Selamat mencoba dan semoga beruntung!!!

Tag : #resep    #cara membuat getuk    #getuk    #getuk lindri    #jawa tengah    #jajanan pasar tradisional    #selera nusantara   

Baca Juga