klepon yang enak dan lezat

Cara membuat klepon yang enak dan lembut serta tidak kasar dimulut

Wulan | Selera Nusantara | 16-02-2022

Parboaboa, Pematangsiantar – Ada banyak cara membuat klepon yang enak dan terasa sangat lezat dimulut. Apalagi klepon yang dibuat memiliki tekstur yang sangat lembut serta tidak kasar dimulut dan isian yang manis yang membuat kita ingin mencobanya.

Tetapi, kita harus mempunyai tingkat kesabaran dalam membuatnya, serta ketelatenan dalam membuat adonan kue tradisional ini. Karena, cara membuatnya membutuhkan strategi tertentu. Yang kita ketahui, klepon atau kue klepon ialah makanan atau jajanan pasar tradisional Indonesia.

kue tradisional Indonesia satu ini berbeda dari yang lain dan mirip dengan mochi Jepang, akan tetapi klepon ini lebih enak dari mochi loh! Rasa yang empuk dan kenyal serta manisnya gula merah yang lumer didalamnya membuatkan kita tidak hanya ingin memakan nya cuma satu saja, apalagi dengan tambahan kelapa parut yang nempel diluaran makanan yang mirip mochi ini.

Bahan-bahan:

- 250 tepung ketan

- 50 gr tepung beras

- air pandan secukupnya

Bahan isi:

- gula merah secukupnya, potong bentuk dadu

Bahan taburan:

- kelapa parut yang sudah dikukus secukupnya

- daun pandan

- garam

Cara membuat klepon yang enak dan lezat dimulut

1. Siapkan bahan

Siapkan kukusan, campurlah kelapa parut dengan sedikit garam dan daun pandan agar ada wangi, setelah itu kukus selama 15 menit agar toping kelapanya tidak cepat terasa basi. Sambil menunggu, iris secara kasar gula jawa.,

2. Membuat adonan

Siapkan tempat, masukkan tepung ketan, garam, tepung tapioka dan kemudian aduk hingga merata. Masukkan air hangat yang telah dicampur dengan dua tetes pewarna. Lalu uleni dengan air hangat sampai tercampur dan tidak lengket. Lalu bentuklah bulat dan pipihkan, isi dengan gula merah lalu bentuk bulat kembali sampai gula merahnya tertutup merata. Kemudian rebus adonan pada air yang telah mendidih. Tiriskan jika adonan sudah mengapung.

3. Plating

Setelah selesai semuanya baluri lah klepon tersebut dengan parutan kelapa dan klepon siap untuk disajikan dan langsung dimakan.

Tag : #resep    #klepon    #jajanan pasar tradisional    #selera nusantara   

Baca Juga