Cara membuat link WA di bitly (Dok:Parboaboa.com/Sondang H)

Cara Membuat Link WA di Bitly, Mudah Banget

Sondang | Teknologi | 27-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Saat ini, semua pengguna WA (WhatsApp) sudah bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomer terlebih dahulu, loh.

Caranya adalah jika nomor tersebut sudah pernah berikirim pesan dengan anda. Kedua, jika si penerima pesan berada di grup yang sama dengan Anda.

Akan tetapi, saat ini terdapat fitur Click to Chat yang mana akan memudahkan Anda untuk dapat mengirimi pesan ke nomor seseorang tanpa harus anda simpan terlebih dahulu.

Namun, terdapat syarat yang wajib Anda penuhi terlebih dahulu, yakni dengan cara membuat link wa di bitly.

Lantas, apa itu bitly?

Bitly adalah situs penyedia layanan untuk memperpendek link/URL supaya terlihat lebih ringkas dan mudah diingat. Seperti yang kita ketahui, tautan ke halaman web biasanya sangat panjang dan memiliki berbagai karakter. Hal itu tentu sulit untuk diketik apalagi diingat.

Nah, dengan bitly, alamat web dapat diperpendek hingga menjadi beberapa karakter saja sehingga lebih mudah untuk diingat dan diketik secara manual.

Selain untuk memperpendek jumlah karakter dari link WA, bitly juga dapat dipakai untuk keperluan berbagai hal yang sifatnya universal, misalnya share link ke sosial media. Seperti akun Instagram, link website, link jualan, link Google Drive, dan juga masih banyak lagi.

Oleh karena itu, bitly sangat cocok bagi Anda yang mempunyai situs jualan online, ingin mempromosikan suatu barang atau hanya untuk sekedar memperpendek karakter link saja.

Cara Membuat Link WA biasa

Sebelum mengetahui cara membuat bitly WhatsApp, ada baiknya Anda dapat membuat link WhatsApp biasa terlebih dahulu. Terdapat dua hal yang wajib Anda sediakan sebelum dapat membuat link WA, yaitu nomor tujuan atau nomor penerima dan kode negara dari nomor telepon yang akan ada buatkan link WA.

Setelah Anda memenuhi kedua hal tersebut, maka selanjutnya Anda dapat membuat linknya. Kemudian, terdapat dua rumus link yang dapat anda pakai. Untuk hal ini Anda bisa pelajari di menu bantuan aplikasi.

Bila menemukan tanda xxxx, dapat anda ganti dengan nomor si penerima pesan atau nomor tujuan yang nantinya akan anda buatkan link Click to Chat.

Namun, terdapat syarat dalam cara membuat bitly wa, yakni untuk angka 0 yang berada pada bagian depan nomor telepon tersebut wajib anda ganti dengan kode negara.

Contoh: untuk nomor 088811223344, wajib Anda ganti dengan 6288811223344. Jadi, rumus yang bisa anda pakai adalah: https://api.whatsapp.com/send?phone=6288811223344 atau rumus https://wa.me/6288811223344.

Cara membuat Link WA di Bitly

Untuk cara membuat bitly whatsapp, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka web bit.ly pada browser.

2. Tempelkan link whatsapp yang sudah kamu buat secara manual sebelumnya pada kolom besar yang terdapat di bagian tengah web.

3. Setelah itu, klik tombol shorten. Jika sudah klik tombol shorten, maka akan muncul tampilan link WhatsApp yang lebih pendek.

4. Di sebelah tampilan link WhatsApp, Anda akan menemukan tombol copy atau salin.

5. Bitly WhatsApp Link yang sudah kamu copy atau salin tersebut sudah bisa digunakan dan di tempelkan pada platform sosial media Anda.

Namun apabila kamu ingin merubah nama link sesuai dengan yang kamu inginkan, maka kamu butuh akun berbayar. Selain itu, jangan lupa diperhatikan huruf kapital link whatsapp Anda tersebut, jangan sampai salah ya!

Tag : #whatsapp    #bitly    #teknologi    #wa    #link    #url   

Baca Juga