Narasi (Foto: Parboaboa/Sarah)

Cara Membuat Narasi yang Baik dan Menarik

Sarah | Pendidikan | 29-09-2022

PARBOABOA - Jika ingin berkarir sebagai seorang penulis tentu harus memahami berbagai jenis paragraf, salah satunya adalah teks narasi. Hal ini dikarenakan, pemahaman tentang berbagai jenis teks paragraf akan memudahkan penulis menuangkan pikiran, imajinasi, pengalaman serta ide ceritanya ke dalam sebuah tulisan.

Namun, orang yang masih baru menulis mungkin masih belum paham mengenai jenis ini. Padahal teks narasi merupakan salah satu jenis yang biasanya dipakai dalam sebuah karya tulisan.

Jadi, penulis sangat perlu memahami penulisan ini agar mampu menuangkan ceritanya secara lengkap dan runtut, sehingga si pembaca pun lebih mudah memahami ceritanya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai teks narasi. Berikut penjelasan mengenai teks narasi lengkap dengan cara membuat narasi.

Pengertian

Narasi adalah sebuah rangkaian cerita. Dimana cerita tersebut didasarkan pada suatu urutan kejadian atau beberapa serangkaian peristiwa. Di dalam kejadian atau peristiwa tersebut ada tokoh yang berperan. Tokoh tersebut nantinya akan mengalami atau menghadapi suatu konflik.

Dalam artian lain, narasi adalah sebuah cerita berdasarkan alur. Sebuah narasi bisa berisi fakta atau fiksi yang dikhayalkan oleh pengarangnya cerita tersebut.

Ciri-ciri

- Berisikan tentang cerita, kisah, dan peristiwa tertentu. Teks ditulis menggunakan gaya bahasa naratif.

- Memiliki alur yang jelas dari awal hingga akhir cerita.

- Terdapat suatu peristiwa maupun konflik.

- Ada unsur-unsur pembentuk seperti tema, latar, alur, karakter, dan sudut pandang.

Unsur Kebahasaan

Adapun unsur kebahasaan yang dimiliki teks narasi adalah sebagai berikut:

- Menggunakan majas metafora

- Kata kerja transitif dan intrasitif

- Menggunakan kata benda, sifat, frasa, atau klausa

- Menggunakan kata penghubung penanda urutan waktu

Struktur

- Orientasi

Orientasi berisikan waktu, tempat, tokoh, serta watak dari setiap tokohnya dan apa yang sedang terjadi.

- Komplikasi

Pada bagian ini penulis menceritakan kejadian penting, sebab, dan pemicu yang menimbulkan konflik antar tokoh.

- Resolusi

Pada bagian ini, konflik menurun dan dapat diselesaikan.

- Reorientasi

Bagian ini berisikan penutup teks yang berisi pesan moral cerita tersebut. Tahap ini tidak wajib dalam sebuah teks narasi.

Cara Membuat Narasi

Adapun beberapa cara buat narasi sebagai berikut:

- Mencari dan menentukan tema serta amanat yang ingin disampaikan.

- Menentukan sasaran pembaca.

- Membuat rancangan mengenai peristiwa utama dan membentuk alur yang sesuai pada skema yang ingin ditampilkan.

- Merangkai urutan peristiwa utama menjadi beberapa bagian seperti pembukaan, perkembangan, dan akhir cerita.

- Membuat rincian dan penjelasan mengenai kejadian-kejadian utama secara detail untuk mendukung cerita.

- Menyusun skema tokoh, watak, alur, latar, dan sudut pandang.

- Memahami dan mengerti bagaimana aturan tanda baca setiap kalimat yang ada di dalam cerita.

Contoh Narasi

Suatu hari di sebuah kerajaan besar lahirlah seorang putri cantik yang bernama Putri Elsa. Berwajah amat cantik serta lucu. Putri Elsa lahir dari pasangan Raja Charles dan Ratu Elizabeth. Seluruh orang amat bahagia waktu kelahiran putri yang sudah dinanti-nantikan itu.

Pas dihari kelahiran Putri Elsa, didepan pintu gerbang istana ada seorang bayi kecil yang tergeletak tidak berdaya. Selanjutnya dikarenakan pihak istana tidak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut lantas diasuh oleh pihak istana serta dinamakan Putri Anna.

Dua tahun sudah berlalu, Putri Elsa serta Putri Anna sudah beralih jadi putri-putri yang lucu, mereka sudah jadi layaknya saudara kandung sendiri. Raja serta Ratu suka lihat keakraban mereka, walau mereka belum memberitahukan bahwa Putri Anna tidaklah anak kandung mereka.

Waktu menginjak umur 12 tahun, Putri Elsa tampak lebih cantik dari pada Putri Anna. Serta juga Putri Elsa lebih serupa Ratu Anna. Putri Anna yang saat itu mengerti bahwa Putri Elsa lebih cantik darinya serta lebih serupa pada sang Ratu, memiliki kemauan tidak baik pada Putri Elsa.

Satu hari Putri Anna yang sudah beniat jahat pada Putri Elsa coba bikin wajah Putri Elsa jadi jelek rupa dengan menyiramkan air panas pada Putri Elsa.

Tetapi sebelum saat pernah ia coba melakukannya, kemauan jahatnyaa sudah diketahui oleh Ratu Aurora. Selanjutnya sang Ratu menceritakan kenapa ia tidak serupa dengan Ratu Aurora.

Putri Anna selanjutnya mengerti serta kembali jadi baik pada Putri Elsa. Saat ini mereka jadi putri-putri yang sangat dikagumi di negeri tersebut.

Nah sobat Parboaboa, itulah seputar penjelasan mengenai narasi lengkap dengan cara buat membuat narasi. Semoga membantu.

Tag : #narasi    #penulis    #pendidikan    #bahasa indonesia   

Baca Juga