Ilustrasi Pemutar Video (dok iStock)

Cara Membuat Video HD Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Rini | Teknologi | 13-08-2022

PARBOABOA, Jakarta - Video dengan resolusi tinggi atau high definition (HD) saat ini menjadi kebutuhan banyak orang, terutama para konten kreator. Pembuat konten TikTok, Instagram, hingga YouTube tentunya ingin setiap video yang diunggahnya terlihat jernih dan tidak blur.

Namun terkadang kualitas HP atau kamera yang digunakan masih belum terlalu tinggi, sehingga kualitas video yang dihasilkan tampak pecah, gelap, tak stabil, blur, terkadang rekaman suaranya juga pun tidak jernih.

Tapi  jangan menyerah dulu, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas video sebelum di unggah ke media sosial. Jangan sampai ketinggalan informasinya, ya!

Cara Membuat Video HD Tanpa Aplikasi

Membuat HD video adalah sebuah proses yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas video menjadi lebih tinggi mulai dari 720p, 1080p hingga 4K.

Untuk mendapatkan video HD ini ternyata tidak perlu ribet sebab dapat dilakukan secara online, tanpa harus mendownload aplikasi.

Menggunakan Online Convert

Aplikasi pertama untuk membuat video HD tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan Online Convert.

Situs web ini bisa merubah format video dengan resolusi Full HD sekalipun. Adapun cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

- Buka browser di ponsel atau laptop anda

- Kemudian kunjungi situs https://www.online-convert.com/.

- Di situs ini ada beberapa pilihan konverter yang tersedia, mulai dari dokumen audio, dan lain sebagainya.

- Kemudian pilih Video Converter. Tekan Select Target Format, dan pilih format video yang Anda inginkan. Misalnya saja menjadi MP4.

- Silahkan klik bagian Choose Files dan klik upload file. Anda juga bisa memasukkan link URL dari video yang ingin diubah formatnya, atau melalui Google Drive dan Dropbox.

- Jika sudah mengunggahnya, tekan tombol Start conversion. Anda pun bisa juga menyesuaikan pengaturan video, seperti preset, resolusi, dan lain sebagainya.

- Saat proses konversi selesai, Anda tinggal tekan Download saja untuk menyimpan file yang sudah diubah formatnya.

Selain menggunakan Online Convert ada beberapa situs lainnya yang dapat digunakan untuk membuat HD video, yaitu:

- free-make

- zamzar

- convertfiles

- online-audio-converter.com/id

- convertio.co/id/video-converter

- files-conversion.com

Penggunaan situs-situs yang sudah disebutkan di atas tidak terlalu berbeda. Jadi tinggal ikuti instruksi-instruksi yang ada saja.

Cara Membuat Video HD Menggunakan Aplikasi

Selain melakukan convert video menggunakan situs web, ada juga beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat HD video dengan kualitas resolusi 720p, 1080p hingga 4K, yaitu Capcut, Kine Master Pro, Alight Motion, Inshot, VN Video Editor, dan Power Director.

Cara Membuat Video HD di CapCut

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat HD video menggunak Capcut:

- Pastikan telah mengunduh aplikasi Capcut dalam ponsel.

- Buka aplikasinya dan pilih menu proyek baru di awal tampilan.

- Selanjutnya, pilih video yang yang akan diubah menjadi berkualitas HD.

- Setelah itu masuk ke timeline editing, kamu bisa klik tools kanvas di bagian slide paling kiri tools.

- Kemudian pilih menu “Overlay” lalu klik opsi “Tambah Overlay”, dan klik “Foto” untuk memilih background hitam. Perbesar background sesuai dengan kebutuhan video.

- Jika Anda sudah mengatur pengaturan background, Anda bisa menggabungkan background tersebut dengan video yang akan diedit.

- Kemudian, Anda bisa memperhalus video dengan mengklik opsi “Gabungkan” lalu pilih opsi “Lembut” dan atur opasitas dari background sesuai kebutuhan.

- Selanjutnya, pilih opsi “Filter” dan atur “Saturasi” dan “Pencahayaan” sesuai dengan kebutuhan.

- Terakhir, Anda tinggal memilih opsi “Export Video” untuk melihat hasil editan Anda.

- Selain Capcut masih ada bebera aplikasi edit video HD yang dapat dimanfaatkan, yaitu:

- Oleh karena itu, admin telah merangkum nama aplikasi untuk membuat video menjadi HD Kalian bisa mencoba beberapa aplikasi berikut ini.

Sudah tahukan cara membuat video HD dengan mudah? Langsung di coba, ya. Pastikan video yang  Anda unggah dalam resolusi terbaik, sehingga semakin banyak penonton yang tertarik dengan konten-konten yang Anda bagikan. Selain itu, ada juga berbagai cara mudah untuk membuat foto HD, jangan lupa 

Tag : #vidio hd    #edit video    #teknologi    #aplikasi edit video    #situs edit foto   

Baca Juga