Cara Membuka File Apk di Android dan iOS (Dok. IST)

Cara Membuka File Apk di Android dan iOS Mudah dan Aman

Olivia | Teknologi | 12-05-2022

PARBOABOA – Jika kamu pengguna android yang pernah mengunduh sebuah aplikasi dari Google Playstore, pasti akan menemukan file Apk. Ketika sedang mengunduh satu aplikasi, kamu juga dapat melihat kemajuan pengunduhan pada layar android.

Yang menjadi pertanyaan, apa sebenarnya file Apk? Apa kegunaannya dan bagaimana cara membuka file Apk di Android dan iOS?
Daripada semakin penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini.

File Apk

File Android Package Kit atau yang biasa disingkat dengan File Apk adalah file dengan ekstensi yang mendistribusikan aplikasi pada sistem operasi google Android. Biasanya, file Apk tersimpan dalam format ZIP yang dapat diunduh langsung ke perangkat Android melalui Google Playstore maupun situs web lainnya.

File Apk setara dengan file EXE yang digunakan untuk menginstal program di Windows. Kamu bisa saja mengunduh file Apk di perangkat Androidmu untuk bisa menginstal aplikasi secara manual yang disebut sideloading.

Terdapat beberapa komponen yang bisa kamu temukan tersimpan dalam file Apk biasa di sebuah aplikasi seperti AndroidManifest.xml, reimgs. arsc, class.dex, META-INF, dan folder res. Berikut isi komponennya.

AndroidManifest.xml – berisi gambaran tentang konten, nama, dan versi file APK.
Reimgs.arsc – berisi reimg terkompilasi yang digunakan oleh aplikasi.
Classes.dex – berisi semua kelas Java yang dikompilasi yang diperlukan oleh aplikasi untuk berjalan di perangkat .
META-INF/ –  berisi file manifes, tanda tangan, dan daftar reimg.
LIB/ –  berisi pustaka asli yang berjalan pada arsitektur perangkat tertentu.
ASSETS/ –  berisi file mentah reimgs yang dibundel dengan aplikasi.
RES/ – berisi reimg yang tidak dikompilasi ke dalam file reimgs.arsc.

Apa Kegunaan File Apk?

Sama seperti sistem kerja file EXE yang beroperasi pada Windows, file Apk akan bermanfaat di kemudian hari ketika kamu akan menggunakan file tersebut. Serta dapat mengakses aplikasi sebelumnya.

Selain itu, file manager Apk juga berfungsi sebagai jalan alternatif jika perangkat androidmu tidak memiliki akses ke Google Playstore. Kamu bisa menggunakan file Apk ini untuk dapat menginstal aplikasi pada perangkat Android milikimu.

Sering menemukan dan tahu kegunaannya namun tidak tahu cara membuka. Itulah yang sering terjadi disaat kita dihadapkan dengan sebuah android ataupun gadget. Berikut cara membuka file apk di Android dan iOS.

Cara Membuka File Apk di Android dan iOS

Cara membuka file Apk atau bahasa kerennya Ekstrak File Apk pada perangkat Android milikmu, cukup hanya mengunduh file apapun seperti biasa, kemudian akan muncul perintah Buka saat diminta.

Jika kamu mengunduh file Apk dari luar Google Playstore, kemungkinan tidak bisa langsung terpasang karena adanya diberlakukan pemblokiran keamanan. Oleh karena itu, diperlukan penginstalan file manager Apk dari sumber yang dikenal.

Namun, apabila masih mau mencoba menginstal  dari sumber yang tidak dikenal, secara umum kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Arahkan ke Settings > Security (atau Settings > Application pada perangkat yang lebih tua) dan kemudian beri tanda centang pada kotak di sebelah Unknown sources. Kamu mungkin harus mengkonfirmasi tindakan ini dengan OK.

Berikut cara mudah dan aman yang bisa kamu gunakan untuk membuka file apk yang ada pada Android dan iOS.

1. Cara Membuka File Apk di Android

Untuk beberapa orang, cara membuaka file Apk pada Android akan sangat gampang, namun tidak dengan yang lainnya. Salah satu dari kamu pasti belum pernah mencobanya sehingga menganggap Apk tersebut tidak dapat di instal.

Agar tidak merasa kebingungan lagi, berikut trik yang bisa kamu gunakan.

•    Pertama sekali unduh APK.
•    Jika sudah selesai, masuk ke Pengaturan pada Androidmu.
•    Kemudian kamu bisa langsung masuk ke menu Keamanan dan Privasi.
•    Selanjutnya, beri tanda centang untuk Aplikasi tidak dikenal.
•    Apabila sudah selesai, silahkan kembali ke File Unduhan sebelumnya dan APK kini sudah bisa terbuka untuk instalasi.

Perlu diingat: jika ingin membuka file Apk yang berada dalam folder RAR ataupun ZIP seperti 7Zip, pertama sekali harus kamu ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi RAR.

2. Cara Membuka File Apk di iPhone

Banyak yang mempertanyakan, apakah file Apk di iPhone dapat dibuka? Jawabannya tidak! Berikut penjelasannya.

Perangkat iOS, seperti iPhone, iPad dan sejenisnya tidak dapat dibuka atau menginstal file Apk karena file yang tersedia dibuat dengan cara berbeda dari aplikasi yang ada pada perangkat tersebut.

Dengan kata lain, versi Mac iOS harus memiliki support dari aplikasi original besutan Apple tersebut.

Informasi ini penting untuk kamu ketahui agar file Apk yang akan digunakan tidak tersusupi oleh virus. Bahkan tidak hanya virus, Androidmu juga akan terhindar dari spam. Jadi, biasakanlah mengunduh aplikasi dari tempat yang resmi dan memilih situs yang terpercaya.

Semoga bermanfaat dan kamu juga bisa menemukan informasi seputar teknologi lainnya di Parboaboa.

Tag : #Cara Membuka File Apk    #File Apk    #teknologi    #File Manager Apk    #Android    #iOS    #iPhone   

Baca Juga