Ilustrasi cara membuka pola Hp yang lupa

Cara Membuka Pola Hp yang Lupa atau Terkunci

Wanovy | Teknologi | 07-03-2022

PARBOABOA - Cara membuka pola HP yang lupa dengan panggilan darurat perlu kamu ketahui saat ingin mengaktifkan ponsel namun lupa pola kata sandi.

Fitur pola HP yang ada di ponsel kalian sekarang ini merupakan salah satu hasil kemajuan teknologi yang terus meningkat.

Fitur ini diciptakan untuk mewujudkan keamanan privasi bagi pemilik. Namun sayang, terkadang pemilik sendiri lupa dengan pola HP yang pernah dibuat.

Jika mengalami hal tersebut, wajar jika kalian kalang kabut mencari cara membuka pola HP yang lupa tersebut.

Ingatan manusia memang tak selalu bisa diandalkan untuk mengikuti kemajuan teknologi. Oleh karena itu, terdapat cara membuka pola HP yang lupa yang bisa kalian pelajari mulai dari sekarang, sebelum kalian mendapat pengalaman tak menyenangkan tersebut.

Namun, jika sudah terlanjur mengalaminya, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah tenang. Jangan buru-buru melakukan reset HP yang bisa menghilangkan seluruh data penting di dalamnya.

Berikut ini Parboaboa sudah siapkan cara membuka pola HP yang lupa lain yang bisa kalian pelajari lewat penjelasan berikut ini.

1. Melalui Fitur Forgotten Pattern

Semua Hp saat ini tentu punya fitur pengunci layar, salah satunya dengan menggunakan pola atau pattern.

Lewat pola buatanmu sendiri, kamu tinggal menghubungkan beberapa titik untuk membuka layar. Nah masalahnya, ada saja seseorang yang terlalu rumit membuat pola.

Atau bisa juga sudah terlalu sering dia mengubah pola buatannya, sehingga dia sendiri kesulitan mengingatnya.

Fitur Forgotten Pattern ini merupakan salah satu cara membuka pola hp yang lupa yang dapat mengganti kata kunci atau pola yang dulu kamu gunakan menjadi kata kunci yang baru.

Biasanya fitur ini akan keluar dengan sendirinya ketika kamu terlalu banyak memasukkan kata kunci atau pola yang salah.

Caranya juga mudah, kamu tinggal memasukkan akun Gmail dan kata sandinya kemudian muncul jendela baru untuk mengatur ulang pola hp atau kata kunci baru.Forgot Pattern

Fitur Forgot Pattern ini bisa diakses setelah kamu beberapa kali salah memasukan verifikasi keamanan saat membuka layar terkunci.

Yang dibutuhkan adalah hp Android, koneksi internet serta akun Gmail terdaftar. Jadi setelah kamu beberapa kali gagal membuka kunci karena lupa dengan pola buatanmu sendiri, maka pilih menu Forgot Pattern.

2. Menggunakan Android Device Manager

Cara membuka pola hp yang lupa berikutnya adalah dengan menggunakan Android Device Manager.

Kamu hanya perlu menyiapkan ponsel yang terkunci dan laptop atau komputer yang terkoneksi dengan internet.

Kemudian kamu dapat memasuki situs Android Device Manager di komputer lalu masuk menggunakan akun Gmail yang digunakan pada ponselmu.

Setelah berhasil, kamu dapat memilih opsi “lock” untuk mengubah pola atau sandi yang kamu gunakan dalam ponsel.

3. Menggunakan Fitur Smart Lock

Cara membuka pola Hp yang lupa berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Smart Lock. Ponsel dengan versi sistem operasi Android terbaru memiliki fitur keamanan yang lebih ketat daripada versi lama.

Cara ini bisa membuka HP Android versi 5.0 ke atas yang berada dalam kondisi lupa pola, dengan menggunakan fitur Smart Lock.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, misalnya saat sedang terhubung dengan jaringan internet WiFi di rumah.

Kemudian, kamu akan diberikan lima opsi yang dapat digunakan untuk membuka ponsel kamu yang terkunci tanpa kata sandi.

Salah satu opsinya adalah menggunakan Face Recognition (pengenalan wajah) atau Voice Match (pengenalan suara).

Sayangnya, kamu hanya bisa menggunakan fitur ini dalam kondisi ponsel masih bisa dibuka dan harus diaktifkan terlebih dahulu.

Selain itu, Smart Lock tidak bisa mengubah pengaturan kata sandi atau pola tanpa memasukkan kata sandi saat ini.

Sehingga, mungkin kamu masih perlu melakukan reset, dan sebaiknya cadangkan terlebih dahulu data-data ponsel kamu sebelum melakukannya.

4. Menggunakan Safe Mode Android

Jika masalah penguncian smartphone Android berasal dari aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menggunakan fitur Safe Mode untuk menonaktifkannya.

Cara membuka pola Hp yang lupa ini sebenarnya berbeda-beda, tapi yang paling umum seperti di bawah ini. Cek, ya!

- Tekan tombol Power beberapa saat.

- Selanjutnya akan muncul pilihan Restart dan Power off.

- Selanjutnya, kamu tinggal tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih OK untuk melanjutkan proses.

HP Android akan melakukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode. Di sini kamu bisa uninstall aplikasi lock screen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart.

5. Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Panggilan Darurat

Mengutip laman Lifewire, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuka pola HP yang lupa dengan bantuan panggilan darurat:

- Ketuk 'Panggilan Darurat' di bagian bawah layar kunci.

- Ketuk nomor darurat lokal pada dialer telepon yang muncul. Masukkan string simbol khusus, cukup mengetik tanda bintang (*) beberapa kali berturut-turut. Lalu, ketuk dua kali untuk menyorot string dan menyalinnya.

Kamu bisa menambahkan panggilan darurat dengan darurat lokal jika mengalami situasi yang berbahaya namun kondisi HP yang lupa pola kata sandi. Mudah bukan?

Tag : #tips    #hp    #lupa password    #kata sandi    #pattern    #pola    #lupa pola   

Baca Juga