Ilustrasi

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD HP Xiaomi

Wanovy | Teknologi | 28-07-2022

PARBOABOA - Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi mungkin sedikit berbeda dengan perangkat lain. Permasalahan yang paling umum dihadapi pengguna ponsel adalah ruang penyimpanan.

Dalam hal ini, sebagian besar pengguna pasti pernah kehabisan memori internal. Padahal, penyimpanan internal yang disediakan sudah cukup besar.

Perangkat yang kehabisan penyimpanan bisa menyebabkan efek buruk, termasuk performa ponsel yang tidak optimal.

Satu hal yang biasa dijadikan solusi adalah dengan memindahkan beberapa data atau aplikasi ke kartu SD. Cara ini sudah terbukti efektif bagi pengguna yang kehabisan penyimpanan internal.

Pada ponsel lain, mereka bisa dengan mudah memindahkan aplikasi dengan metode Cut dan Paste atau dengan fitur bawaannya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi ponsel Xiaomi. Alasannya adalah karena perangkat Xiaomi tidak memiliki fitur bawaan yang bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan praktis.

Sehingga mengharuskan perangkat untuk di root terlebih dahulu agar bisa melakukannya. Namun, ternyata ada cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi tanpa root.

Sebagai gantinya, pengguna wajib mempersiapkan PC atau Laptop untuk melakukannya. Berikut cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi.

1. Langkah pertama kamu harus menyiapkan aplikasi pihak ketiga bernama AFTISS di komputer atau laptopmu.

2. Pastikan kamu mengunduh aplikasi tersebut di laman resminya. Buka zip untuk mulai menjalankan aplikasi tersebut.

3. Kamu harus mengaktifkan fitur USB Debugging di ponsel Xiaomi dengan cara buka menu pengaturan dan masuk ke bagian 'About Phone'.

4. Klik 'Build Number' sebanyak tujuh kali.

5. Selanjutnya, buka lagi menu pengaturan dan masuk ke bagian 'Opsi Pengembang'. Aktifkan fitur 'USB Debugging' dengan menggeser tombolnya.

6. Sambungkan HP Xiaomi dengan laptop yang ada aplikasi AFTISS. Nantinya akan muncul jendela command line.

7. Kamu diminta untuk memilih satu dari tiga opsi yang muncul. Ketik nomor opsi yang kamu pilih dan tekan 'Enter'. Tunggu hingga proses selesai.

8. Setelah itu, beralih ke HP Xiaomi-mu. Lepaskan kabel data dari laptop terlebih dahulu.

9. Unduh aplikasi 'Activity Launcher' lewat Google Play Store dan buka aplikasi tersebut, kemudian atur menjadi 'All Activities'.

10. Pada aplikasi tersebut, cari 'Settings' dan pilih 'Manage apps'. Cari aplikasi yang ingin kamu pindahkan dari memori internal ke kartu SD.

11. Klik aplikasi tersebut, kemudian, klik 'Storage'. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lainnya.

Karena cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini akan mengubah beberapa pengaturan ponsel Xiaomi, maka sebaiknya kamu mencadangkan beberapa data penting sebelum melakukannya. Hal ini untuk mencegah jika proses gagal dan HP Xiaomi mengalami error.

Demikianlah tutorial cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu!

Tag : #xiaomi    #sd card    #tips    #teknologi    #apps    #gadget    #android   

Baca Juga