Ilustrasi cara mempercepat kinerja laptop windows 10

Anti Lemot! Ini Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10

Wanovy | Teknologi | 28-01-2022

PARBOABOA - Bukan rahasia lagi jika performa komputer (PC) atau laptop bakal menurun seiring berjalannya waktu. Apalagi, jika pengguna doyan memasang aplikasi dan menjejali harddisk/SSD dengan aneka file dan dokumen sampai penuh.

Untuk menjaga atau bahkan meningkatkan performa komputer dan laptop, ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop windows 10 yang perlu dilakukan.

Oleh karenanya, berikuti ini kami telah menyiapkan cara mempercepat kinerja laptop windows 10 yang lemot supaya perangkat tetap bekerja maksimal.

1. Matikan dan Restart PC

Secara otomatis, Windows 10 memang akan membuat layar tertidur, tetapi perangkat itu akan melanjutkan program apa pun yang sebelumnya telah dimulai. Program-program itu dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan berujung pada melambatnya PC/laptop.

Untuk itu, matikan PC/laptop setiap hari setelah kamu selesai menggunakannya, dengan mengklik tombol Windows dan memilih opsi Power.

Pastikan semua program yang sedang berjalan telah ditutup dan simpan pekerjaan yang kamu lakukan sebelumnya. Apabila PC kamu melambat hingga tidak dapat menampilkan menu Windows, tahan tombol power secara manual hingga komputer benar-benar mati.

2. Upgrade Windows 10

Cara mempercepat kinerja laptop windows 10 agar tidak lemot yang berikutnya bisa kamu lakukan dengan melakukan pembaruan pada sistem operasi Windows. Upgrade Windows 10 sering kali dilakukan Microsoft untuk memaksimalkan kinerja sistem sebelumnya.

Kamu bisa cek secara berkala ke menu pengaturan untuk melihat pembaruan sistem Windows 10. Jika tersedia, bisa langsung ikuti petunjuk yang mengarahkan upgrade.

Sebelumnya, pastikan file atau data-data penting sudah dicadangkan supaya tidak hilang saat proses pembaruan berlangsung.

3. Disk Cache Ready

Boost Disk Cache ReadyBoost adalah fitur bawaan yang digunakan untuk memanfaatkan flash memory seperti USB Flashdisk, SD Card, Compact Flash, bahkan SSD (Solid State Drive) internal untuk meningkatkan performa PC.

ReadyBoost bekerja untuk melakukan monitor program yang berjalan pada laptop atau PC. Fitur ini bekerja secara otomatis untuk menyimpan berbagai file dan libraries aplikasi tersebut ke dalam flash memory.

Apabila menggunakan media penyimpanan lain seperti flashdisk, perlu menghubungkan flashdisk ke PC dan mengaktifkan ReadyBoost, setelah itu Windows akan melakukan proses menyimpan data dari SuperFetch ke flashdisk. Sehingga, memori sistem menjadi lebih kosong dan bisa digunakan untuk melakukan proses lainnya.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Menghapus aplikasi yang tidak perlu merupakan salah satu cara mempercepat kinerja laptop windows 10 yang bisa kamu lakukan.

Aplikasi yang diinstal di PC/laptop pada dasarnya memakan media penyimpanan. Apabila kamu gemar memasang aplikasi, apalagi beragam software berat seperti game, bisa dipastikan sisa storage akan cepat menipis.

Nah, kamu bisa menghapus aneka aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan sebagai solusinya. Untuk melakukan hal tersebut, kamu cukup mengetikkan kata kunci "add or remove programs" di menu Start dan tekan Enter.

Beberapa saat kemudian, kamu bakal disodori dengan daftar aplikasi yang terpasang di komputer. Pilih salah satu aplikasi yang tidak digunakan dan klik tombol "Uninstall".

5. Nonaktifkan Bayangan, Animasi dan Efek Visual

Windows 10 memiliki beberapa pilihan bayangan, animasi dan efek visual. Pada PC yang lebih cepat dan lebih baru, biasanya tidak berpengaruh pada kinerja sistem.

Tetapi pada PC yang lebih lambat dan versi lebih lama, penggunaannya dapat menghambat kinerja. Untuk mengembalikan PC ke dasar, buka menu Windows dan cari System. Lalu, bukalah tab Advance Settings dan pilih Performance Settings.

Di bawah tab Visual Effects, klik Custom. Kamu dapat menghapus centang pada kotak di samping efek yang ingin kamu nonaktifkan. Klik Apply untuk mengonfirmasi perubahan.

6. Nonaktifkan Efek Transparansi

Cara mempercepat kinerja laptop windows 10 selanjutnya adalah dengan menonaktifkan efek transparansi.

Perlu diketahui, Windows 10 menggunakan efek transparansi untuk fitur tertentu seperti menu tugas. Efek yang terlihat ringan dan sederhana ini sebenarnya cukup rumit dan memakan banyak sumber daya sistem.

Untuk menonaktifkan efek transparansi, buka menu Windows, lalu ketik “pengaturan warna” di panel pencarian untuk menampilkan pengaturan Warna di Windows 10. Kemudian gulir ke bawah hingga kamu menemukan tombol ‘Efek transparansi.’ Klik tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan efek transparansi.

7. Disk Cleanup

Cara mempercepat kinerja laptop windows 10 lainnya bisa dengan Disk Cleanup. Nama terakhir merupakan sistem program bawaan Windows 10 yang berfungsi untuk menghapus file sementara di PC.

Kamu dapat menemukan Disk Cleanup di menu Windows, lalu centang file yang ingin dihapus dan klik “Bersihkan File sistem” untuk mulai menghapus. File yang berhasil dihapus akan menyisakan ruang penyimpanan baru sehingga performa Windows tidak lemot.

8. Nonaktifkan Program Startup

Jika PC/laptop kamu bekerja dengan lambat, mungkin karena memiliki terlalu banyak program yang dimulai saat menyalakan PC. Banyak program dan layanan yang berjalan pada startup dan mungkin tidak asing bagi kamu, seperti OneDrive atau Evernote Clipper.

Untuk memperbaikinya, kamu dapat melakukan klik kanan pada opsi Start dan klik Task Manager. Klik tab Startup dan perhatikan lagi daftar program yang berjalan saat PC/laptop kamu mulai bekerja. Apabila kamu melihat program yang tidak diperlukan di sana, klik kanan dan pilih opsi Disable untuk menonaktifkan.

Tas Manager akan membantumu dalam mendapatkan informasi tentang program asing di PC kamu. Klik kanan dan pilih Property untuk informasi selengkapnya. Di dalamnya termasuk lokasi program di harddisk, apakah memiliki tanda tangan digital, dan informasi-informasi lain seperti nomor versi, ukuran file, dan kapan terakhir kali diubah.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop windows 10 yang bisa kamu terapkan agar PC/laptopmu tidak lemot. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #laptop    #komputer    #windows10    #kinerja laptop   

Baca Juga