Cara memperkuat sinyal laptop, foto: 99.co

6 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Wanovy | Teknologi | 23-05-2022

PARBOABOA - Di jaman sekarang ini WiFi sudah bukan sesuatu yang asing lagi di telinga kita. Hampir di berbagai tempat kita bisa dengan mudah menemukan hotspot yang menyediakan layanan internet secara gratis ataupun berbayar.

Sayangnya, terkadang kita harus mengetahui cara memperkuat sinyal WiFi karena tidak semua hotspot di negara kita ini memiliki jaringan yang bagus.

Selain jaringan WiFi yang kurang baik, kecepatan internet di Indonesia juga sangat lambat.

Ya, Indonesia merupakan salah satu negara peringkat bawah di ASEAN dalam hal kecepatan akses internet.

Sungguh merupakan ironi bahwa bangsa sebesar Indonesia kalah dengan negara tetangga seperti Myanmar, Brunei Darussalam, Malaysia, bahkan Laos.

Untuk itu, kali ini Parboaboa akan mengulas berbagai macam cara memperkuat sinyal WiFi di laptop. Yuk, langsung saja simak uraiannya!

1. Pilih Teknologi Wifi Terbaru

Cara memperkuat sinyal WiFi yang cukup efektif adalah mengganti wireless card di laptop atau PC dengan teknologi terbaru. Kini, terdapat lima jenis teknologi yang tersedia yakni Wireless A, B, G, N, dan AC.

Teknologi Wireless A, B, dan G merupakan teknologi lama yang kecepatannya masih lambat. Sementara Wireless N dan AC adalah teknologi mutakhir yang lebih cepat.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan router dengan kualitas yang baik. Jadi, jika router yang digunakan sudah menggunakan teknologi wireless N dan AC, gunakan juga wireless card dengan teknologi keduanya agar maksimal.

2. Pilih Posisi yang Tepat

Memilih tempat yang tepat menjadi pilihan untuk memperkuat sinyal Wifi di laptop, terutama buat kamu yang ingin memanfaatkan hotspot di tempat umum.

Hal ini karena sinyal Wifi menggunakan udara sebagai medium perambatannya. Semakin sedikit penghalang, semakin baik sinyal yang didapat.

Kamu bisa pilih tempat yang dekat dengan router untuk memperkuat sinyal Wifi laptop menjadi lebih baik.

Pastikan, antara perangkatmu dengan router tidak ada penghalang, seperti tembok tebal atau benda padat lainnya yang bisa menahan sinyal.

3. Posisikan router dekat dengan laptop

Sebagaimana telah dijelaskan di awal, persoalan sinyal WiFi lemah dapat diakibatkan karena posisi router terlalu jauh dengan laptop.

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop jika dalam masalah tersebut adalah dengan memposisikan router agar dekat dengan laptop.

Namun, memposisikan router tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kabel sambungan internet ke router tidak terlalu panjang, sehingga router tidak bisa dipindahkan secara bebas.

Apabila kamu tidak bisa memposisikan dua perangkat itu secara berdekatan karena keterbatasan lokasi maupun sambungan kabel, kamu bisa membeli perangkat WiFi Repeater atau WiFi Extender.

Seperti namanya, WiFi Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal internet dari router kemudian bakal disalurkan ke laptop secara nirkabel.

Kamu bisa menaruh WiFi Repeater di titik tengah antara lokasi router dan laptop.

4. Perbarui perangkat router dan Driver WiFi laptop

Kekuatan sinyal WiFi salah satunya dipengaruhi oleh jenis perangkat router dan dukungan driver atau perangkat lunak WiFi di laptop.

Dengan demikian, cara memperkuat sinyal WiFi bisa dilakukan dengan memperbarui perangkat router dan Driver WiFi laptop.

Setiap jenis router punya standar teknologinya sendiri, misalnya jenis router 802.11ac lebih cepat dari standar sebelumnya seperti 802.11n dan 802.11g, sebagaimana dilansir Lifewire.

Kamu bisa mengganti router ke jenis dengan standar teknologi yang lebih baru. Caranya, hubungi penyedia layanan internet WiFi yang kamu gunakan.

Biasanya pergantian router tidak akan terkena biaya tambahan.

5. Ubah Pengaturan QoS

Bagi pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, Windows secara default mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows Update, dan 80% bandwidth yang tersedia untuk internet kamu.

Sehingga salah satu cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu coba adalah mengatur penuh lebar pita untuk internet kamu.Caranya, yakni sebagai berikut:

- Klik Start > Run > ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).

- Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.

- Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.

- Klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.

- Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.

- Klik Apply.

- Restart komputer.

6. Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya adalah dengan mengatur IRPStackSize lebih tinggi. Jika kamu meningkatkan nilai ini, maka kamu akan bisa memperoleh kecepatan Internet yang lebih optimal.

Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, padahal nilai ini bisa ditambah hingga 50.

Untuk itu, kamu harus mengganti pengaturan tersebut, caranya sebagai berikut:

- Klik Start > Run > ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka Registry Editor.

- Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEM CurrentControlSetServices LanmanServerParameters.

- Di folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.

- Jika file tersebut tidak ditemukan, buat file DWORD baru dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.

- Klik OK, dan tutup Registry Editor.

- Restart komputer.

Demikian cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #wifi    #sinyal    #tips    #teknologi    #internet    #laptop   

Baca Juga