Ilustrasi

Cara Memulihakan File yang Belum Tersimpan di Microsoft Word Saat Laptop Mati

Wanovy | Teknologi | 13-12-2021

Microsoft Word masih menjadi salah satu pilihan orang-orang untuk membuat sebuah dokumen. Pasalnya, software yang satu ini bisa dibilang adalah yang tertua dan sudah lebih dikenal dibanding pesaingnya.

Selain itu kehadiran tools yang cukup lengkap untuk berbagai keperluan pencatatan pun menjadi salah satu alasannya.

Namun, pernahkah Anda merasa kesal lantaran dokumen yang tengah diketik di Microsoft Word, belum disimpan karena laptop atau komputer mendadak atau mati?

Momen itu tentu menyebalkan. Pasalnya, pekerjaan yang telah dibuat dengan menyita banyak waktu dan tenaga, bisa lenyap begitu saja.

Banyak penyebab orang belum sempat menyimpan dokumen Microsoft Word yang sedang dikerjakan. Misalnya, terlalu fokus mengerjakan dan lupa menekan tombol "Save" untuk menyimpan dokumen.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk "menyelamatkan" dokumen tersebut. Microsoft Word memiliki fitur untuk mengembalikan file yang belum sempat tersimpan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan PC/laptop kembali menyala dengan normal.

Apabila "hang" bisa melakukan restart (mulai ulang). Namun, jika laptop atau komputer mati, segera hidupkan kembali dengan meng-klik tombol power. Setelah itu, ikuti langkah berikut untuk cara mengembalikan dokumen Ms Word yang belum tersimpan akibat laptop atau komputer mati:

1. Setelah PC/laptop menyala dengan benar, buka aplikasi Microsoft Word.

2. Pilih menu "File" di ujing kiri atas, lalu lihat di bagian "informasi tentang (nama dokumen)".

3. Lalu, klik opsi "Manage Version" yang ada di sisi bawah. Pada bagian ini akan muncul dua pilihan pengaturan, yakni "Recover Unsaved Documents" dan "Delete All Unsave Documents".

4. Untuk mengembalikan file Microsoft Word yang belum tersimpan, klik “Recover Unsaved Documents”.

5. Kemudian, akan muncul jendela baru yang memuat folder berisi file-file Microsoft Word yang belum tersimpan.

6. Terakhir, klik file yang ingin Anda buka atau kembalikan dari folder tersebut. Setelah file tersebut kembali, jangan lupa untuk menyimpannya.

Cara Mengaktifkan AutoRecover

Selain masalah PC/laptop yang tiba-tiba mati (hang), banyak dari kita tentu pernah mengalami situasi di mana kita telah selesai membuat sebuah dokumen Word, namun secara tidak sengaja menutupnya tanpa menyimpannya.

Untuk menghindari situasi seperti itu, Anda sebaiknya mengaktifkan fitur AutoRecover. Berikut adalah panduannya:

1. Buka Word, lalu ke menu "File"> "Options"> "Save".

2. Centang kotak “Save AutoRecover information every * minutes" dan “Keep the last autosaved version if I close without saving"

3. Klik "OK" untuk menyimpan perubahan.

Dengan demikian, data-data atau file pekerjaan Anda akan selalu dapat dipulihkan meskipun Anda secara tiba-tiba menutup halaman Word tanpa menyimpannya.

Saat sistem Anda kembali online, cobalah buka kembali Microsoft Word. Pada sebagian besar kasus, program ini secara otomatis akan memulihkan dokumen Word yang belum tersimpan. Atau, Anda juga bisa kembali ke Microsoft Word, lalu pilih menu "File" di sebelah kiri atas, dan pilih "Open".

Untuk diketahui, cara diatas menggunakan perangkat berbasis Windows. Kemudian, aplikasi Office yang digunakan adalah versi Microsoft Word 2010 dan Microsoft Word 2013.

Bagi Anda yang memiliki versi Microsoft terbaru, kemungkinan caranya hampir sama. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #Microsoft word    #Cara Mengaktifkan AutoRecover    #Microsoft Word 2010    #cara memulihkan file ms word   

Baca Juga