Ilustrasi

Cara Memulihkan File yang Terhapus di Google Drive

Wanovy | Teknologi | 27-09-2021

Bagi para pemilik akun Gmail, layanan penyimpanan Google Drive tentu sudah tidak asing lagi karena sangat berguna untuk menyimpan berkas penting seperti foto, video, atau dokumen lainnya.

Kapasitas yang disediakan Google Drive memang tidak banyak, yaitu 15 GB. Apabila sudah penuh, maka Anda perlu menghapus file berukuran besar supaya masih ada sisa ruang untuk digunakan.

Mengembalikan file yang dengan terhapus adalah masalah yang sering dialami ketika mengoperasikan peranti, baik pada PC/laptop maupun HP.

Anda mungkin saja tak sengaja menghapusnya atau tak menyadari bahwa file yang dihapus berisikan data penting.

Tak perlu khawatir atau buru-buru memanggil ahli IT untuk mengembalikan file yang terhapus. Apabila file tersebut berada di Google Drive, pengguna dapat mengembalikannya (restore) sendiri tanpa memakan waktu lama.

Mirip dengan fitur Recycle Bin pada komputer atau PC, fitur dalam Google Drive bisa mengembalikan file yang telanjur masuk 'tong sampah' itu. Berikut adalah cara mengembalikan file yang terhapus di Google Drive.

HP

  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda,  tap ikon tiga garis horizontal di sebelah kiri
  2. Pilih menu “Sampah”
  3. Tap ikon titik tiga vertikal pada file yang ingin dikembalikan
  4. Pada opsi yang mucul, tap “Pulihkan”
  5. Tap ikon kembali untuk pergi ke halaman utama Google Drive
  6. Tap kolom pencarian Drive
  7. Tulis nama file yang sudah dikembalikan tadi. Google Drive akan langsung menampilkannya

Laptop/PC

  1. Pergi ke halaman Google Drive, kemudian pilih menu “Sampah”
  2. Klik kanan pada file yang ingin dikembalikan, kemudian klik “Pulihkan”
  3. Di pojok kiri bawah akan muncul pesan “Dipulihkan Copy of (nama file)”. Kemudian disebelahnya ada pilihan Temukan dan Urung. Klik “Temukan” untuk langsung menuju destinasi file

Cara menghapus file di Google Drive dan memulihkannya dapat Anda lakukan kapan saja dan tidak harus menunggu ketika ruang penyimpanan penuh.

Apabila proses memulihkan terkendala, bisa segera hubungi Pusat Bantuan Google Drive yang terlampir di bagian bawah halaman.

Tag : #teknologi    #tips    #trik    #google    #drive   

Baca Juga