Cara Menaikkan Trombosit (Foto: Pexels)

Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat dan Alami

Andre | Kesehatan | 01-06-2022

PARBOABOA - Kamu merasakan gejala seperi lelah, memar, hingga gusi berdarah? Itu tandanya jumlah trombosit dalam tubuhmu sedang turun. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menaikkan trombosit dengan cepat.

Trombosit merupakan salah satu unsur darah dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Menjaga jumlah trombosit adalah hal yang penting.

Dalam tubuh orang sehat, jumlah trombosit normal berkisar antara 150 ribu hingga 450 ribu per mikroliter.

Seseorang yang miliki tombosit tidak lebih dari 150 ribu mikroliter darah dianggap menderita trombositopenia.

Nah, jumlah trombosit yang sedikit tersebut menyebabkan darah sulit membeku, sehingga penderitanya rentan mengalami pendarahan, seperti mudah lebam, mimisan, hingga gusi berdarah.

Penyebab trombosit menurun bisa dipengaruhi oleh penyakit seperti demam berdarah (DBD), sirosis hati, anemia, dan penyakit liver.

Cara Menaikkan Trombosit Darah Secara Alami

Agar jumlah trombosit kembali normal, berikut cara menaikkan trombosit secara alami:

1. Istirahat yang cukup

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah trombosit kembali normal dengan alami adalah tidur atau istirahat yang cukup.

Istirahat adalah aktivitas yang sangat penting bagi tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang. Waktu tidur yang ideal adalah 7 hingga 8 jam, sehingga dapat membatu tubuh menjadi lebih fresh dan ikut membantu meningkatkan produksi trombosit.

2. Minum air putih hangat

Sel darah terdiri atas air dan protein, sehingga akan lebih mudah bagi tubuh untuk memproduksi trombosit.

Upayakan untuk menghindari meminum air dingin karena dapat memperlambat saluran pencernaan dan mempengaruhi cara tubuh dalam hal menyerap nutrisi.

3. Hindari Alkohol

Alkohol mungkin menjadi jenis minuman yang digemari sebagian orang. Minuman ini tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Mengutip laman US Medical Library of Medicine, kebanyakan pecandu alkohol mengalami kondisi trombosit rendah. Maka dari itu, sebaiknya hindari minuman-minuman yang mengandung alkohol di dalamnya.

4. Menghindari jenis obat tertentu

Saat jumlah trombosit sedang rendah, hindari obat pereda nyeri dan penurun panas (demam) seperti Aspirin dan Ibuprofin, karena dapat menghambat produksi dan fungsi trombosit dalam tubuh.

Jadi, meskipun kamu sedang dalam kondisi demam, usahakan untuk tidak memakan obat yang di atas, ya!

Cara Menaikkan Trombosit Darah Dengan Makanan

Jika kondisi penurunan trombosit yang dialami tergolong ringan, kamu tidak perlu menjalani pengobatan yang intensif. Kamu hanya peril mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebagai salah satu cara menaikkan trombisit darah.

Makan sayuran hijau

Melansir Healthgrades, makanan sayuran hijau seperti kangkong, bayam, dan sawi bisa menaikkan trombosit secara alami.

Hal itu dikarenakan sayuran hijau mengandung vitamin K yang dapat membantu tubuh meningkatkan trombosit dengan cara menghasilkan protein.

Selain itu, vitamin K merupakan zat yang penting dalam proses pembekuan darah dan mampu meningkatkan jumlah serta kekuatan keping darah.

Komsumsi makanan yang kaya akan zat besi

Melansir Healthline, cara menaikkan trombosit darah dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi seperti kacang merah, tiram, sayuran hijau, jeroan, daging sapi, kerrang, dan kacang-kacangan.

Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.

Selain itu, zat besi juga memiliki fungsi lain yang penting bagi tubuh seperti mengatasi anemia, menguatkan otot, meningkatkan imun tubuh, dan menjaga kesehatan otak.

Makanan kaya akan vitamin B-12

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Family Medicine, menyatakan bahwa kekurangan vintamin B-12 dapat menyebabkan jumlah trombosit menjadi rendah.

Oleh sebab itu, mengomsumsi makanan yang kaya akan vitamin B-12 merupakan salah satu cara menaikkan trombosit dengan cepat.

Adapun beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B-12 adalah ikan berlemak seperti salmon dan tuna. Jika tidak suka dengan ikan, kamu bisa mencari alternatif lainnya seperti telur, hati sapi, ataupun daging sapi.

Demikian informasi seputar cara menaikkan trombosit yang perlu kamu ketahui. Jika mengalami masalah yang lebih serius, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Tag : #trombosit    #darah    #kesehatan    #cara menaikkan trombosit    #vitamin b-12    #zat besi   

Baca Juga