7 Cara Menata Bunga di Teras Rumah Sederhana

Cara menata bunga di teras rumah sederhana, foto: ibukotakini.com

PARBOABOA - Ingin buat para tetangga terpana dengan kecantikan teras rumahmu? Simak tujuh cara menata bunga di teras rumah berikut ini, yuk!

Teras depan rumah adalah bagian penting yang dapat memberi kesan pertama pada sebuah hunian.

Untuk bisa menghadirkan kesan yang baik, kamu bisa menghadirkan bunga yang cantik pada teras rumah. Namun, kamu memerlukan kecermatan agar bunga dan teras tampak rapi dan cantik.

Jika kamu kebingungan, cobalah simak cara menata bunga di teras rumah sederhana berikut ini!

1. Tidak Menempatkan Pot Bunga di Lantai Teras Terlalu Banyak

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam menata bunga di halaman rumah yang sempit adalah tidak menempatkan pot-pot bunga terlalu banyak.

Mengapa hal ini tidak boleh dilakukan? karena jika lahan teras terbatas, menempatkan pot langsung di lantai akan menghabiskan lahan dengan cepat.

Apalagi pot-pot bunga biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, sehingga jika ditempatkan langsung di lantai biasanya akan membuatnya terlihat kurang rapi.

Kamu membutuhkan alat-alat tambahan untuk penempatan pot bunga ini. Sebaiknya, kamu hanya menempatkan pot bunga yang berukuran besar di lantai teras.

2. Gunakan Pot Gantung Estetik

Cara menata bunga di teras rumah sederhana yang satu ini dijamin space-saving alias nggak makan tempat karena posisinya ada di atas, menggantung pada tiang atau langit-langit teras.

Pilihlah pot gantung yang kokoh dan berkualitas. Penataan demikian akan sangat menghemat tempat dan menarik visual ke bagian “atas” sehingga teras tetap terasa plong

Namun, cara menata bunga di teras rumah sederhana dengan pot gantung sebaiknya jangan terlalu ramai.

Alih-alih jadi lebih rapi, teras malah bisa jadi terkesan sesak atau sempit kalau terlalu banyak pot gantung. Pilih saja satu sudut, lalu tata sesuai selera. Jika masih ada sisa ruang, kamu bisa menambahkannya.

3. Buat Taman Kecil di Teras

Salah satu cara untuk membuat teras menjadi teduh adalah dengan membuat taman kecil di teras rumah.

Taman berukuran kecil bisa dibuat dengan memanfaatkan pot-pot bunga berukuran sedang, yang diisi dengan berbagai jenis tanaman dan bunga.

Pilihlah tanaman hias yang sedang menjadi tren seperti Begonia atau Bougenville untuk memberikan tampilan taman di teras yang indah.

4. Gunakan Rak Tanaman

Cara menata bunga di teras rumah sederhana berikutnya adalah dengan menggunakan rak tanaman yang diletakkan di beberapa sudut.

Langkah ini sangat efektif untuk membuat dekorasi teras rumah kecil tampil cantik, karena dihiasi berbagai tanaman hias dan bunga.

Atur penataan rak bunga di sudut teras agar terlihat lebih rapi. Pastikan pula, peletakkan bunga di teras ini mendapat asupan cahaya yang cukup.

5. Tambahkan Hiasan Cantik sebagai Pelengkap

Cara menata bunga di teras rumah sederhana supaya tampak lebih menarik adalah dengan cara menambahkan hiasan sebagai pelengkap dari bunga-bunga yang ada.

Ada banyak sekali hiasan yang bisa kamu letakkan di teras, mulai dari hiasan buah-buahan palsu, bantal duduk yang unik, hingga kain berwarna yang indah.

6. Tata Tanaman yang Sejenis

Hal yang perlu kamu perhatikan berikutnya adalah jenis tanamannya. Jika ingin membuat teras kamu terlihat lebih rapi, maka pastikan kamu mengelompokkan tanaman sesuai dengan jenisnya.

Seperti pada gambar, tanaman kaktus disusun bersama dengan jenis tanaman kaktus lainnya. Selain terlihat lebih rapi, ukuran yang mirip membuat lahan teras menjadi lebih maksimal penggunaannya.

7. Membuat Vertical Garden

Cara menata bunga di teras rumah sederhana selanjutnya adalah dengan membuat sebuah vertical garden.

Sebuah vertical garden tidak akan membuat teras rumah terasa sempit karena bunga dan tanaman ditanam dengan menggunakan pot yang digantung secara vertikal.

Untuk membuat vertical garden, kamu bisa menggunakan kawat jaring yang dipasangkan pada frame seperti balok kayu atau digantungkan pada tembok.

Gantung pot-pot bunga dan tanaman pada kawat, berikan sedikit jarak supaya tidak terlihat penuh sesak. Variasikan juga jenis bunga dan tanaman supaya taman terlihat lebih bervariatif.

Nah, itulah tadi beberapa cara menata bunga di teras rumah sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS