Ilustrasi cara mendapatkan tanda centang biru di Instagram

Cara Mendapatkan Tanda Centang Biru di Instagram

Wanovy | Teknologi | 27-12-2021

Centang biru adalah tanda yang menyatakan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Akun jenis ini biasanya dimiliki oleh public figure, brand, atau entitas yang terdaftar asli.

Tanda centang biru juga berguna untuk membedakan akun asli atau bukan. Sejumlah media sosial juga menggunakan tanda tersebut, termasuk Instagram.

Kehadiran centang biru juga diklaim mampu menaikkan jumlah followers, yang selanjutnya berpotensi menjadi ladang bisnis untuk menghasilkan cuan.

Kebanyakan pengguna Instagram di Indonesia akan menyebutnya sebagai “centang biru.”

Namun istilah ini sebenarnya adalah verified account di mana sebuah akun Instagram akan memiliki tanda centang biru sebagai akun asli atau sebut saja akun yang telah terverifikasi keasliannya oleh pihak Instagram.

Namun, untuk cara mendapatkan centang biru di Instagram bukanlah hal yang mudah di mana Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dari Instagram.

Dan juga, bukan hanya artis yang bisa mendapatkan verified account. Berikut beberapa syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram.

Syarat untuk mendapatkan centang biru di Instagram

Dalam memverifikasi, Instagram mempertimbangkan sejumlah faktor dalam mengevaluasi suatu akun.

Selain akun tersebut harus mematuhi soal Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas, menurut Instagram, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Akun harus autentik

Syarat untuk mendapatkan centang biru di Instagram yang bertama adalah akun Anda harus autentik. Artinya akun Anda harus mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli.

2. Unik

Akun Anda mewakili keberadaan orang atau bisnis secara unik. Centang biru hanya dapat diberikan satu untuk satu akun. Terkecuali untuk akun dengan bahasa tertentu.

Instagram tidak dapat memverifikasi akun yang bersifat umum (akun untuk penggemar, meme, dan lain sebagainya tidak dapat diverifikasi).

3. Lengkap

Syarat untuk mendapatkan centang biru di Instagram yang berikutnya adalah akun harus bersifat publik atau tidak terkunci, memiliki bio, foto profil, dan aktif bermain Instagram.

4. Terkenal

Akun Anda harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Instagram akan meninjau akun yang ditampilkan di berbagai sumber berita.

Jika mengacu pada aturan ini, maka jumlah like dan komentar yang banyak turut memengaruhi penilaian.

Jika pada saat pengajuan atau setelah menerima Anda menyebarkan informasi palsu atau menyesatkan, maka Instagram dapat menghapus tanda centang biru tersebut, bahkan menonaktifkan akun Anda.

Cara mengajukan centang biru di Instagram

Untuk mengajukan verifikasi guna mendapat tanda centang biru, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Perlu diingat, untuk mendapat verifikasi tersebut pengguna harus memenuhi syarat yang tercantum di atas. Kemudian, pengguna cukup mengikuti cara mengajukan centang biru di Instagram berikut ini.

- Masuk ke akun Instagram Anda

- Ketuk Profil yang berada di kanan bawah

- Pilih menu dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas

- Pilih “Settings” atau Pengaturan

- Pilih “Akun/Accounts

- Pilih Minta “Verifikasi/Request Verification”

- Di tahap ini pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi beberapa keaslian data dan mengupload beberapa dokumen yang diperlukan

- Setelah mengisi beberapa data dan dokumen klik “Submit”

- Setelah mengisi beberapa data untuk verifikasi, Instagram akan meninjau kurang lebih selama 30 hari setelah permintaan.

- Nantinya, pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuan centang biru pada akunnya diterima atau tidak melalui tab notifikasi.

Perlu diketahui, centang biru di Instagram tidak secara otomatis membuat akun Facebook yang terhubung akan ikut mendapatkan centang biru. Begitu juga sebaliknya.

Meski telah memenuhi syarat-syarat di atas, Instagram bisa saja tidak memverifikasi akun Anda. Mendaftar centang biru saat menunggu keputusan berpotensi membatalkan pendaftaran centang biru Anda.

Jika terverifikasi, Instagram menyarankan Anda mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor.

Instagram membutuhkan waktu 30 hari meninjau permintaan centang biru Anda. Setelah 30 hari, Anda bisa mengetuk ikon Love yang berada di kanan atas untuk melihat notifikasi aktivitas. Jika ditolak, Anda dapat mengajukan permintaan kembali setelah 30 hari.

Nah, itulah syarat dan cara mengajukan centang biru di Instagram. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #instagram    #centang biru    #verified account   

Baca Juga