Ilustrasi cara menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris menggunakan Google Drive dan PDF

Cara Menerjemahkan Jurnal Bahasa Inggris Menggunakan Google Drive dan PDF

Wanovy | Teknologi | 06-01-2022

PARBOABOA - Cara menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris menggunakan Google Drive dapat Anda lakukan melalui perangkat Android. Sehingga, untuk menerjemahkan kalimat dalam bahasa Inggris secara lebih cepat dan praktis saat ini dapat Anda lakukan secara mudah.

Sebetulnya Anda juga bisa menggunakan layanan Google Translate untuk menerjemahkan isi dokumen tersebut, dengan cara copy paste satu per satu bagian isi dokumen.

Masalahnya, bagaimana kalau dokumen tersebut berisi ratusan lembar informasi? tentunya Anda tidak mungkin menerjemahkannya dengan cara copy paste satu per satu bagian isi dokumen, karena akan menyita banyak waktu.

Untungnya saat ini Anda bisa menerjemahkan langsung semua isi dokumen memanfaatkan fitur Google Dokumen dan Google Drive.

Lantas, bagaimana cara menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris menggunakan Google Drive? Berikut adalah panduannya.

Cara menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris menggunakan Google Drive

1. Masuk ke akun Google Drive Anda.

2. Jika sudah masuk, “Upload” file mana yang ingin di terjemahkan. Disini Anda bisa membuat folder baru jika ingin menggabungkan data Anda ke data lainnya. Atau bisa juga langsung melakukan upload dengan “New File”. Drag file mana yang akan Anda translate menggunakan Google Drive. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

3. Apabila proses upload sudah selesai, klik kanan pada file lalu pilih “Open With”, lalu klik “Google Docs”.

4. Jika dokumen sudah terbuka, klik tool dibagian toolbar atas dan pilih “Translate Document”.

5. Selanjutnya, pilih dokumen yang akan diterjemahkan ke Bahasa apa.

6. Setelah dokumen sudah diterjemahkan, Anda bisa langsung menyimpan dengan mengklik “Download” dengan file berektensi PDF ataupun Word.

Cara menerjemahkan PDF

Setelah mengetahui bagaimana cara menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris menggunakan Google Drive secara mudah di atas, ternyata masih ada lagi cara yang dapat Anda lakukan untuk menerjemahkan jurnal Anda, yaitu dengan PDF.

Penasaran bagaimana cara menerjemahkan PDF? Yuk, simak panduan berikut.

1. Siapkan jurnal bahasa Inggris yang ingin Anda terjemahkan.

2. Buka jurnal tersebut dengan Microsoft Word, caranya klik kanan pada jurnal tersebut lalu ketuk opsi "Open with" lalu pilih Microsoft Word.

3. Apabila jurnal itu berformat PDF biasanya Microsoft Word akan menawarkan pilihan pada Anda untuk mengonversi format tersebut menjadi ".doc/.docx", agar bisa dibuka di Microsoft Word.

4. Setelah jurnal berhasil dibuka di Microsoft Word, klik tab "Review" lalu pilih opsi "Translate".

5. Kemudian bakal muncul drop down menu, lalu atur terjemahan bahasanya dengan klik opsi "Set Document Translation Languange".

6. Atur dari terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia

7. Setelah pengaturan terjemahan selesai, klik tombol "Translate”.

8. Setelah tombol Translate ditekan, tunggu beberapa saat hingga Microsoft Word selesai memproses terjemahan dari jurnal yang Anda pilih.

Ketika proses penerjemahan selesai, bakal muncul jendela dengan dokumen baru yang berisi jurnal hasil penerjemahan. Semua teks berbahasa Inggris yang ada di jurnal itu akan secara otomatis diterjemahkan Microsoft Word ke bahasa Indonesia.

Anda juga dapat memilih beberapa teks saja untuk diterjemahkan di Microsoft Word, caranya dengan klik opsi "Translate Selection".

Setelah itu, pilih atau blok teks bahasa Inggris dari Jurnal tersebut yang ingin Anda terjemahkan ke bahasa Indonesia.

Perlu dicatat, cara menerjemahkan PDF jurnal di Microsoft Word ini menggunakan perangkat berbasis sistem operasi macOS dengan versi Microsoft Word 2019. Untuk versi software yang berbeda, kemungkinan caranya hampir sama.

Demikianlah cara menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris menggunakan Google Drive dan PDF yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #googledrive    #translate    #googletranslate    #translatepdf   

Baca Juga