Ilustrasi

Cara Mengaktifkan Airdrop di iPhone dan Macbook

Wanovy | Teknologi | 02-08-2022

PARBOABOA - Apple terkenal cukup eksklusif terhadap ekosistem antar perangkatnya. Salah satu bentuk eksklusivitas itu adalah keberadaan fitur AirDrop.

Sebagian pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Macbook, mungkin tak asing lagi dengan AirDrop

Biasanya, ketika ingin mengirim foto ke seseorang dari komputer atau ponsel, kita menggunakan pesan teks, email, atau media sosial messenger.

Namun, jika Anda memiliki iPhone, iPad, atau Mac, mengirim file, foto, atau video ke seseorang jauh lebih mudah.

Selain mengirim teks atau email, Anda dapat menggunakan AirDrop. Berikut cara mengaktifkan airdrop di iPhone dan Macbook.

Apa itu AirDrop?

AirDrop adalah cara perangkat macOS dan iOS untuk berbagi file secara nirkabel. AirDrop menggunakan Bluetooth untuk membuat koneksi WiFi dari satu perangkat Apple ke perangkat lainnya.

AirDrop merupakan layanan milik Apple untuk melakukan transfer file antar perangkat dalam jarak dekat secara nirkabel (tanpa lewat internet/cloud).

Fitur ini memanfaatkan koneksi Bluetooth juga WiFi secara lokal, dan pertama kali hadir pada Mac OS X Lion dan iOS 7.

Pada awal peluncuran AirDrop, platform lain (Windows dan Android) belum memiliki fitur serupa secara bawaan.

Oleh karena itu, pengguna sering memanfaatkan aplikasi transfer file yang memiliki protokol serupa. Kini Android sudah memiliki fitur Nearby Share (Berbagi Langsung).

Dengan AirDrops, Apple menciptakan konektivitas Wi-Fi peer-to-peer antara dua perangkat dalam pertukaran AirDrops. Perangkat ini berkomunikasi secara langsung dan tidak perlu menggunakan koneksi internet yang sama.

Cara mengaktifkan Airdrop di iPhone

Untuk menggunakan AirDrops, perangkat sebagai pengirim file harus berada di dekat perangkat penerima.

Selain itu, kedua perangkat harus mengaktifkan fitur Wi-Fi dan Bluetooth, meski tidak harus menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama.

Fitur Personal Hotspot pada kedua perangkat harus dalam kondisi nonaktif. Kemudian, Anda dapat mengikuti cara mengaktifkan Airdrop di iPhone berikut:

1. Saat berada di aplikasi apapun penyimpan file yang ingin dikirimkan via AirDrop, ketuk ikon Share.

2. Ketuk AirDrop. Jika perangkat yang Anda dan penerima gunakan merupakan iPhone 11 atau versi lebih baru, arahkan iPhone ke arah penerima untuk memprioritaskan mereka dalam daftar pengguna AirDrop di sekitar.

3. Namun jika menggunakan iPhone model lebih lama, Anda akan menemukan daftar dari penerima AirDrop potensial yang berada di sekitar perangkat Anda.

4. Kontak yang dikenal akan muncul di baris People, dan Anda perlu memilih kontak yang diinginkan. Anda juga akan menemukan perangkat Apple milik Anda di baris Device, dan pengguna AirDrop di sekitar akan muncul di baris Other People.

5. Penerima akan menerima notifikasi dengan preview dari konten yang dibagikan. Kemudian, penerima akan dapat memilih untuk menerima atau menolak transfer file.

Cara Airdrop dari iPhone ke Mac

1. Pastikan iPhone dan Mac sama-sama mengaktifkan Bluetooth dan WiFi.

2. Buka file di iPhone yang ingin Anda AirDrop.

3. Ketuk tombol Share. Ini adalah ikon yang terlihat seperti kotak dengan panah mengarah ke atas.

4. Lalu ketuk AirDrop.

5. Pilih perangkat Mac tempat Anda ingin AirDrop file. Jika profil pengguna Mac penerima ada di daftar Kontak Anda, Anda akan melihat label dan foto pengenal di bagian atas jendela.

6. Jika Mac penerima tidak ada dalam daftar Kontak, Anda akan melihat lingkaran abu-abu dengan inisial akun Mac di bawahnya.

Cara AirDrop dari Mac ke iPhone

1. Buka file di Mac yang ingin Anda gunakan AirDrop.

2. Klik tombol Share di Finder. Jika Anda tidak melihat tombol Share, arahkan kursor ke toolbar atas jendela hingga Anda melihat tombol Share.

3. Dari opsi berbagi yang terdaftar, pilih AirDrop.

4. Terakhir, klik dua kali penerima iPhone dari lembar AirDrop. Jika Anda membagikan foto atau video, akan dikirim ke aplikasi Foto di iPhone.

Demikianlah informasi mengenai cara mengaktifkan airdrop di iPhone dan Macbook yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Tag : #airdrop    #iphone    #tips    #teknologi    #gadget    #ios    #imac    #macbook   

Baca Juga