Ilustrasi cara mengaktifkan Shopee PayLater

Syarat dan Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Wanovy | Teknologi | 01-02-2022

PARBOABOA - Fitur paylater belakang ini cukup populer dan banyak tersedia di berbagai aplikasi. Salah satunya pada marketplace Shopee yaitu Shopee PayLater (SPayLater).

Cara mengaktifkan Shopee PayLater sangat mudah. Kamu hanya tinggal menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identitas yang akan didaftarkan.

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi jual beli online Shopee bukan? Shopee merupakan salah satu tempat belanja online terpopuler di Indonesia.

Lebih dari seratus juta orang di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini. Banyaknya orang yang menggemari Shopee menjadikan aplikasi tersebut terus memberikan pelayanan terbaik mereka.

Aplikasi tersebut terus mengupgrade diri dengan berbagai fitur terbaik. Salah satu fitur yang disediakan olehnya yaitu fitur ShopeePay Later.

Lantas, apa itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater adalah layanan pinjaman yang disediakan oleh PTCommerce Finance serta pihak yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Fitur tersebut membuat transaksi jual beli pada aplikasi tersebut menjadi lebih mudah. Terutama untuk membantu kamu yang sedang ingin berbelanja namun belum mempunyai uang yang cukup.

Fitur ShopeePay Later memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi tanpa harus membayar sejumlah tagihan pembayaran saat itu juga. Jadi fitur tersebut akan sangat memudahkan pengguna.

Mungkin sebagian orang masih ada yang belum bisa mendaftar atau mengaktifkan fitur tersebut. Tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan apa saja syarat dan cara mengaktifkan Shopee PayLater dengan mudah. Simak informasi dibawah ini ya!

Syarat mengaktifkan Shopee PayLater

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengaktifkan Shopee PayLater, ada baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui apa saja syarat mengaktifkan Shopee PayLater. Berikut selengkapnya.

Berbeda dengan metode ShopeePay yang dapat kamu aktifkan secara otomatif, untuk saat ini metode pembayaran melalui ShopeePayLater hanya dapat dinikmati oleh para pengguna aktif aplikasi Shopee yang dianggap memenuhi syarat untuk menggunakannya.

Untuk saat ini, limit kredit yang tersedia mulai dari Rp 750 ribu – Rp 1,8 juta. Dirangkum dari laman Shopee Indonesia, ini syarat mengaktifkan ShopeePayLater:

- Akun Shopee harus terdaftar dan terverifikasi

- Akun Shopee sudah berusia 3 bulan.

- Akun Shopee sering digunakan untuk bertransaksi.

- Harus update aplikasi Shopee terbaru.

Setelah memenuhi persyaratan diatas, cobalah melakukan transaksi pembelian dibawah Rp 1 juta dan memilih ShopeePayLater sebagai metode pembayaran. Jika, fitur ShopeePayLater belum tersedia artinya kamu belum memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Shopee.

Sebaliknya, jika metode pembayaran ShopeePay Later sudah tersedia otomatis akun Shopee kamu telah disetujui untuk menggunakan fitur ShopeePayLater sebagai salah satu metode pembayaran ketika berbelanja di aplikasi Shopee.

Cara kerja Shopee PayLater

Sebelum beralih untuk membahas cara mengaktifkan Shopee Paylater, alangkah lebih baik kamu mengetahui dulu skema dari pembayaran Shopee Paylater ini.

Konsumen bisa membeli barang di Shopee dan membayarnya dengan Shopee Paylater. Nantinya konsumen hanya perlu mengembalikan dan yang dipinjam sesuai dengan cicilan dan jangka waktu yang telah dipilih saat membeli barang dengan Shopee Paylater.

Ada cicilan selama 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan yang disediakan oleh PT Commerce Finance dan pihak lainnya yang bekerjasama dengan PT Lentera Dana Nusantara dan sudah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengguna juga bisa langsung melunasi tagihan Shopee Paylater secara keseluruhan. Alias cicilan 1x atau beli sekarang bayar nanti yang disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara yang merupakan operator platform layanan pinjam uang basis teknologi, PT Commerce Finance yang merupakan perusahaan pembiayaan dan pihak lain yang bekerjasama dan memberikan pinjaman kepada konsumen.

Biasanya, user yang langsung melunasi tagihan Shopee Paylater secara sekaligus adalah mereka yang mengincar voucher gratis ongkir.

Pengguna akan mendapatkan limit pinjaman mulai dari Rp 750 ribu dan akan terus bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan oleh konsumen.

Jika pengguna mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan, maka Shopee Indonesia akan secara otomatis mengurangi jumlah limit kredit atau pinjaman.

Karena Shopee Paylater mirip dengan sistem kartu kredit, tentu pengguna akan dikenakan biaya suku bunga minimal 2,95 persen dan biaya penanganan sebesar 1 persen.

Jika terjadi keterlambatan pembayaran, pengguna akan mendapatkan denda sebesar 5 persen dan akan terus bertambah apabila pengguna tidak melunasi cicilan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Cara mengaktifkan Shopee Paylater

Apabila persyarat di atas sudah terpenuhi, kamu bisa siapkan KTP untuk cara mengaktifkan Shopee Paylater. Perlu dicatat, satu KTP hanya bisa digunakan untuk satu akun Shopee Paylater. Selama proses mengaktifkan Shopee Paylater, pengguna tidak dikenakan biaya sepeserpun. 

Kemudian, pengguna Shopee dapat mengikuti cara mengaktifkan Shopee Paylater berikut ini:

1. Klik tab “Saya”, lalu pilih “SPayLater”.

2. Klik “Aktifkan Sekarang” lalu masukkan kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan melalui SMS dan klik Lanjut.

3. Unggah “Foto KTP”, kemudian masukkan Nama dan NIK lalu klik “Konfirmasi”.

4. Masukan “Informasi Tambahan”, lalu klik Konfirmasi

5. Lakukan Verifikasi Wajah dengan klik “Mulai Verifikasi Wajah”.

6. Arahkan wajah kamu ke dalam frame yang ditunjukkan dalam aplikasi dan pastikan kamu mengambil gambar pada ruangan yang terdapat cahaya.

7. Setelah itu, ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan aktivasi SPayLater.

Permintaan aktivasi SPayLater bakal diproses lebih lanjut. Apabila permintaan aktivasi SPayLater diterima, kamu akan mendapat pop up notifikasi bahwa aktivasi telah berhasil dan informasi tambahan tentang limit awal saldo SPayLater yang didapatkan.

Tiap pengguna memiliki limit awal saldo SPayLater yang berbeda-beda. Semakin sering transaksi memakai SPayLater, saldo limit itu bakal meningkat hingga maksimal sebesar Rp 50 juta.

Cara bayar dengan Shopee PayLater

Setelah kamu memahami cara mengaktifkan Shopee PayLater, tentu penasaran ingin melakukan transaksi dengan aplikasi ini bukan? Untuk itu, bagi kamu yang penasaran cara bayar dengan Shopee PayLater, berikut panduannya.

1. Cari produk yang kamu inginkan.

2. Klik beli dan masukan detail pesanan. Kamu harus memasukan detail alamat pengiriman terlebih dulu.

3. Pilih “Shopee PayLater” sebagai metode pembayaran.

4. Atur cicilan sesuai keinginan. Kamu bisa memilih bayar nanti, cicilan 2X, 3X atau 6X.

5. Cek kembali pesanan kamu. Kamu juga bisa memasukan kode promo yang dimiliki sebelum memilih buat pesanan.

6. Masukan kode OTP atau kata sandi ShopeePay kamu.

7. Pesanan akan otomatis terbayarkan dan kamu tinggal menunggu pesanan.

8. Kamu bisa mulai mencicil SPayLater saat konfirmasi pesanan selesai.

Cara bayar tagihan Shopee PayLater

Cara bayar tagihan Shopee PayLater sebenarnya sangat mudah. Pilihan metode pembayarannya juga sangat beragam. Mulai dari melalui Indomaret, ATM, M-banking, hingga ShopeePay. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tutorial lengkapnya. 

Adapun cara bayar tagihan Shopee PayLater adalah sebagai berikut:

1. Buka terlebih dahulu aplikasi Shopee.

2. Kemudian masuk ke menu “Saya”.

3. Lalu buka menu “Shopee PayLater”.

4. Klik “Tagihan Saya”, kemudian pilih “Tagihan Shopee PayLater”.

5. Berikutnya pilih “Bayar Sekarang”.

6. Pilih metode pembayaran, bisa melalui ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret/Alfamart. Jika melakukan pembayaran melalui ShopeePay dan Virtual Account Bank, tagihan akan secara otomatis lunas dalam waktu maksimal 10 menit. Pastikan kamu memilih penyedia jasa yang tepat yaitu SPayLater.

Demikianlah syarat dan cara mengaktifkan Shopee PayLater yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang ingin memulai usaha, kami sudah siapkan cara berjualan dan membuka toko di Shopee untuk pemula yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #tips    #shopee    #marketplace    #shopeepay    #shopee paylater   

Baca Juga