fobia sosial (dok. istockphoto

Fobia Sosial : Penyebab, Ciri Ciri Serta Cara Mengatasi

Regina | Kesehatan | 06-07-2022

PARBOABOA – Setiap orang pastinya memiliki dasar ketakutan yang berbeda-beda akan suatu hal. Rasa takut akan sesuatu bisa menjadi sebuah masalah jikalau itu dibiarkan terus menerus.

Walaupun begitu,rasa takut tersebut pasti memiliki tingkat yang berbeda serta dampak yang berbeda pula bagi para pengidapnya. Jikalau sudah sampai menginjak tingkat yang berlebih, rasa takut itu bisa disebut dengan fobia.

Fobia sendiri termasuk penyakit yang mengarah pada gangguan kecemasan.  Banyak jenis fobia yang bisa dijumpai di sekitar kita, seperti contoh fobia sosial.

Ketakutan yang satu ini sering disebut dengan phobia takut bertemu orang baru. Sudah mengetahui atau mengalami fobia yang satu ini?

Untuk mengetahui lebih dalam tentang fobia yang satu ini, berikut rangkumannya :

Apa Itu Fobia Sosial?

Fobia Sosial atau sering disebut dengan social anxiety disorder merupakan rasa takut dan cemas yang berlebihan diberi penilaian buruk, tidak diterima dalam suatu keadaan sosial atau bahkan dianggap remeh oleh beberapa orang.

Dengan begitu, kamu bisa saja berusaha keluar dari berbagai kerumunan untuk menghilangkan rasa cemas yang kamu alami atau juga gangguan pikiran seperti stres dan depresi.

Penyebab Fobia Sosial

Di balik rasa cemas yang berlebihan, pastinya ada beberapa penyebab fobia sosial terjadi pada orang-orang, yaitu seperti :

1. Faktor Keturunan

Jikalau kamu memiliki keluarga yang mengidap phobia takut bertemu orang baru, bisa jadi kamu kemungkinan akan terkena resiko mengidap hal yang sama. Tak hanya itu, tingkat kecemasan tersebut bisa meningkat dari 2 hingga 6 kali lipat karena adanya faktor keturunan.

Komponen genetik dari gangguan kecemasan sosial disebut juga dengan heritabilitas. Walaupun tingkat heritabilitas sendiri berbeda-beda tetapi diperkirakan jika sekitar sepertiga dari penyebab gangguan kejiwaan tersebut berasal dari faktor genetika atau keturunan dari salah satu atau kedua orangtuanya.

2. Lingkungan

Lingkungan sendiri bisa mempengaruhi kamu mengidap fobia sosia, lho. Itu bisa terjadi karena mungkin kamu mengalami kejadian yang memalukan atau mungkin tidak menyenangkan sebelumnya. Ditambah lagi, social anxiety disorder sendiri bisa semakin parah dengan pola didikan orang tua yang salah.

Dengan cara asuhan orang tua yang salah dengan cara menanamkan rasa khawatir akan dirinya dan terlalu mengontrol anak, hal ini bisa menjadi penyebab munculnya gangguan kecemasan sosial.

3. Struktur Otak

Cara struktur otak mempengaruhi seseorang sampai mengidap rasa cemas yang berlebihan seperti ini bisa disebut dengan amygdala. Amygdala yang terlalu aktif bisa saja membuat seseorang meengalami rasa takut yang berlebihan.

Hal ini bisa mempengaruhi cara berbicara seseoran pada orang lain.

Gejala Fobia Sosial

Biasanya, ciri ciri fobia sosial bisa terlihat karena akan menimbulkan gejala fisik berupa :

  • Wajah memerah
  • Bicara terlalu pelan
  • Postur tubuh yang kaku
  • Otot menjadi tegang
  • Keringat berlebih
  • Mual
  • Pusing
  • Jantung berdebar
  • Sesak napas

Adapun situasi yang membuat kamu merasa fobia sosial sedang kambuh yaitu pada saat :

  • Berkencan
  • Bertatapan mata dengan orang lain
  • Berinteraksi dengan orang asing
  • Makan di hadapan orang lain
  • Bekerja atau bersekolah
  • Memasuki ruangan penuh orang
  • Menghadiri pesta atau acara pertemuan

Cara Mengatasi Fobia Sosial

Untuk menindak lanjuti penyakit ini agar tidak semakin parah dan menimbulkan kecemasan yang berlebihan, ada baiknya mengatasi dengan cara berikut :

1. Psikoterapi

Psikoterapi sendiri merupakan terapi yang bertujuan untuk mengurangi rasa cemas dengan menghadapkan pengidap terhadap hal yang membuatnya cemas. Selanjutnya, setelah terapi dilakukan para dokter atau psikolog yang menangani kasus kamu akan menindak lanjuti pengobatan selanjutnya.

Adapun harapan dari psikoterapi ini dimana rasa percaya diri pasien diharapkan akan meningkat saat menghadapi situasi yang membuatnya takut, meski tanpa didampingi.

2. Obat-Obatan

Obat-obatan merupakan cara mengatasi fobia sosial yaitu berupa obat anti depresan. Selain itu, jenis obat lain yang dapat dikonsumsi bisa berupa :

  • Obat anti cemas

Obat seperti benzodiazepine dapat mengurangi kecemasan dengan cepat. Meski demikian, obat ini biasanya hanya digunakan dalam jangka pendek, karena bisa menyebabkan kecanduan.

  • Obat penghambat beta

Obat ini bertujuan mengatasi gejala fisik yang muncul akibat rasa takut atau cemas, yaitu jantung berdebar.

  • Obat anti depresan

Dokter akan memberikan anti depresan golongan lain jika pasien tidak memberi respons yang baik atau mengalami efek samping berat akibat penggunaan SSRI atau SNRI.

Nah, itu dia cara untuk mengatasi fobia sosial yang ada di dalam diri kita. Banyak jenis fobia yang mempunyai gejala dengan rasa cemas yang berlebihan, malah bahkan bisa menciptakan gejala fisik yang hampir sama, namun dengan objek ketakutan yang berbeda-beda.

Adapun beberapa fobia lainnya yang kalian pelu ketahui seperti Acrophobia, Trypophobia, Aviophobia, Hemophobia dan fobia lainnya. Jikalau sudah mengalami gejala fisik yang mengganggu ada baiknya untuk mengatasi dan konsultasi ke dokter segera ya, semoga artikel ini membantu.

Tag : #fobia sosial    #kecemasan    #kesehatan    #penyebab fobia sosial   

Baca Juga