Ilustrasi penyebab HP sering hang dan cara mengatasinya

Cara Mengatasi HP yang Sering Nge-hang dan Erorr

Wanovy | Teknologi | 29-12-2021

Bagi pengguna smartphone, tentu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan yang ada pada handphone. Salah satu masalah yang sering terjadi ialah HP yang tiba-tiba hang dan error dalam menjalankan aplikasi.

Seperti komputer, smartphone atau ponsel pintar juga kadang berhenti merespon secara mendadak. Kesalahan aplikasi atau sistem operasi dapat mencegah ponsel Anda bekerja dengan optimal, selain bisa juga karena koneksi internet yang lambat atau terputus.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini penyebab HP sering hang dan cara mengatasinya.

Penyebab HP sering hang dan lag

Ada beberapa alasan mengapa iPhone, Android, atau smartphone lain sering hang atau eror, seolah membeku dan diam dengan layar yang terus menyala.

Penyebabnya mungkin prosesor yang lambat, memori yang tidak mencukupi atau kurangnya ruang penyimpanan. Mungkin juga ada kesalahan atau masalah dengan perangkat lunak atau aplikasi tertentu.

Meskipun HP atau smartphone Anda memiliki memori internal dan eksternal yang besar bukan berarti Anda dapat dengan bebas meng-install banyak aplikasi, karena semakin banyak aplikasi yang di-install maka HP atau smartphone Anda akan semakin lemot.

Seringkali, penyebabnya akan muncul dengan sendirinya dengan perbaikan yang sesuai. Untuk itu, berikut ini cara mengatasi HP yang sering hang yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengatasi HP yang sering hang

1. Hapus aplikasi

Cara mengatasi HP yang sering hang pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang dirasa kurang penting.

Terkadang aplikasi yang tidak sering dipakai atau aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan tetap terpasang di ponsel.

Hal ini bisa memakan memori internal Anda, terlebih bila aplikasi itu meminta update dan semakin memberatkan kapasitas memori Anda. Sebaiknya Anda hanya memasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

2. Hapus cache pada memori internal

Cache merupakan salah satu penyebab HP sering error, jadi upayakan untuk selalu mengontrol dan menghapus cache. Cara menghapus cache adalah: Klik pengaturan > manajemen aplikasi > Klik satu persatu aplikasi > Hapus Cache.

4. Hindari live wallpaper

Menggunakan live wallpaper akan membuat HP sering dan menjadi lambat. Untuk terhindar dari masalah ini, sebaiknya pengguna tidak memasang live wallpaper.

5. Perhatikan RAM Ponsel

Cara mengatasi HP yang sering hang berukutnya adalah rutin memperhatikan RAM ponsel. Mengetahui berapa RAM ponsel pengguna menjadi penting.

Dengan demikian, pengguna bisa mengukur dan menghindari membuka aplikasi terlalu banyak. Semakin besar kapasitas RAM, maka smartphone semakin mumpuni untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

6.Menutup aplikasi yang sedang digunakan

Sejumlah pengguna smartphone, sering kali melupakan hal yang satu ini, sehingga berakibat pada HP yang tiba-tiba hang dan error. Untuk mengatasinya, caranya: Tekan dan tahan tombol home, lalu  klik tanda X pada aplikasi yang ingin ditutup

7. Perbarui sistem operasi HP

Rutin memperbarui sistem operasi pada ponsel juga menjadi cara untuk mengatasi HP yang sering hang. Cacat yang ada dalam perangkat lunak sistem dapat menyebabkan masalah sporadis dan tidak terduga.

Untuk diketahu, sistem pengoperasian pada Android, tidak selamanya sempurna. Terkadang masih bisa ditemukan bug sehingga menyebabkan HP menjadi lemot atau error.

Ada cara untuk menghindari hal ini, yakni dengan rajin Update sistem android, dengan cara: Klik pengaturan > tentang ponsel > perbarui sistem > Instal update sistem yang baru. Cara tersebut dilakukan pada ponsel Android, untuk pengguna iOS kemungkinan caranya hampir sama.

8. Restart HP

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi HP yang sering hang dan error adalah dengan restart HP.

Dengan restart HP, maka ponsel akan bekerja seperti semula. Selain itu hindari penggunaan menu rotate otomatis pada smartphone Anda. Karena hal ini bisa menyebabkan prosesor bekerja lebih ekstra dalam mengubah posisi layar.

Nah, itulah penyebab HP sering hang dan cara mengatasinya yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #hp hang    #hp error    #tips   

Baca Juga