Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak, foto: Ice Media

Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak di Windows 10

Wanovy | Teknologi | 26-04-2022

PARBOABOA - Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak tentu saja sangat perlu diketahui supaya bisa menemukan solusi yang pas apabila mengalami kejadian demikian.

Laptop hang dan tidak tidak bergerak akan mengganggu kinerja yang ada sehingga perlu dilakukan perbaikan sesegera mungkin.

Namun tentu saja sebelum melakukan perbaikan perlu diketahui terlebih dahulu apa saja penyebab laptop menjadi hang supaya bisa menemukan solusi yang terbaik dan pencegahan apabila memungkinkan.

Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan secara lebih rinci penyebab dan cara mengatasi laptop yang hang dan tidak bergerak.

Penyebab Laptop Lemot

Berikut ini adalah beberapa penyebab laptop hang tidak bergerak yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak informasinya!

1. Kurang Memori

Alasan pertama yang jadi penyebab laptop sering ngehang adalah karena kurangnya memori atau RAM.

Biasanya kalau kapasitas RAM kamu hanya 4 GB, maka hanya ada beberapa program yang bisa dijalankan.

Kalau memaksakan, hasilnya akan terjadi lemot bahkan bisa membuat hang. Bahkan kalau keterusan, akan merusak motherboard laptop kamu.

Jika memang masih ada slot untuk menambahkan RAM, kamu bisa menambahkan RAM agar kapasitas bisa menjadi lebih besar.

2. Terlalu Banyak Program

Alasan kedua adalah karena program yang terlalu banyak sehingga program tersebut menyita memory RAM.

Kadang ada beberapa program yang tidak sedang kamu jalankan tapi berjalan di latar belakang contohnya antivirus.

Sehingga membuat laptop kamu lelet kemudian ngehang karena RAM yang terbatas.

3. Hardisk Bermasalah

Hardisk tipe lama masih menggunakan piringan baja untuk menjalankan program.

Piringan baja itu adalah nyawa dari si hardisk untuk menyimpan semua data pengguna.

Kalau seandainya piringan baja tersebut lecet, atau kesehatan hardisk kamu menurun, maka kemampuannya membaca program atau menjalankan program akan berkurang.

Tips dari kami selalu lakukan disk defragment agar posisi file bisa saling berdekatan dengan lainnya sehingga lebih cepat saat dibaca.

4. Ada Virus

Masalah yang paling umum terjadi saat laptop hang adalah karena bersarangnya berbagai macam virus, malware, atau sejenisnya.

Virus yang menjangkiti laptop kamu bisa membuat banyak program berjalan sendiri dan bahkan bisa menghilangkan file-file yang ada di laptop kamu.

Lakukan scanning virus secara rutin dan hindari colok flashdisk atau mendownload file-file dari sumber yang tidak kredibel.

5. Ada Corrupt di System Files

System Files merupakan tempat dimana semua file yang mendukung sebuah program berkumpul.

Di dalam folder tersebut kalau ada satu ada dua file yang corrupt, bisa membuat sebuah program ngehang. Kalau hanya satu dua program mungkin tak terlalu masalah, karena kamu tinggal uninstall programnya.

Tapi kalau masalahnya ada di system, atau file yang erat hubungannya dengan sistem, maka laptop yang ngehang akan terjadi berulang dan lama kelamaan bisa merusak laptop kamu secara permanen.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Hang pada laptop bisa dialami oleh hampir seluruh merk laptop. Baik itu Acer, Asus, Lenovo Toshiba, atau laptop-laptop lainnya.

Kemungkinan hang juga akan semakin meningkat jika laptopmu sudah berusia sangat tua dan kinerjanya sudah menurun drastis.

Ketika mengalami hang, maka semua hal yang ada pada laptop mendadak tidak bisa digerakkan.

Bahkan kursor pun akan benar-benar diam. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan cara mengatasi laptop hang tidak bergerak di bawah ini:

1. Melalui BIOS

Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak yang pertama adalah kamu bisa memperbaikinya melalui bios. Caranya:

- Pertama, saat laptopmu mengalami hang, segera restart. Jika tidak bisa dengan cara normal, kamu bisa melakukan force shut down dengan langsung menekan dan menahan tombol power.

- Setelah mati, hidupkan kembali dan masuk ke bios. Cara masuk bios pada masing-masing laptop bisa berbeda. Kamu bisa menekan tombol F8, F12, atau F2 sesuai dengan jenis laptopmu.

- Setelah masuk ke bios, pilih opsi Advanced BIOS Features.

- Cari menu yang berkaitan dengan BIOS cache, setelah itu pilih disable.

- Jika sudah, klik simpan dan enter.

- Selanjutnya nyalakan kembali laptopmu seperti biasa.

Cara di atas juga sangat efektif sebagai cara mengatasi laptop hang layar hitam. Karena saat laptop dalam keadaan tersebut, kamu bisa dengan mudah melakukan restart dan masuk ke bios.

2. Saat Starting

Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak saat baru dinyalakan juga bisa kamu lakukan langsung dari sistem.

Penyebab hang saat dinyalakan ini juga bisa dikarenakan beberapa faktor. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cara berikut ini:

- Pertama, lakukan scan registry menggunakan CCleaner atau cleaner lain. Hal ini dilakukan karena dimungkinkan ada file yang hilang atau corrupt dari laptopmu.

- Jika cara di atas masih belum mengatasi masalah, coba bersihkan RAM pada laptop karena kemungkinan RAM terlalu berat atau kotor.

- Jika masih belum bisa, hang saat baru dinyalakan ini disebabkan oleh kerusakan pada motherboard.

- Satu-satunya cara memperbaiki ini adalah dengan mengecek masalah apa yang ada pada hardware.

- Jika masalah terakhir terkonfirmasi, maka kemungkinan besar kamu harus ganti motherboard.

Hal ini juga berpotensi menyebabkan kerusakan di sektor lain. Jadi pastikan kamu sangat berhati-hati dalam menanganinya.

3. Hang Not Responding

Hang dengan pesan error not responding biasanya merupakan hang ringan dan masalahnya kemungkinan ada pada software.

Masalah ini banyak ditemukan pada pengguna Windows 7 dan Windows 10. Jika kamu mengalami hang not responding, coba atasi dengan mengikuti cara berikut ini:

- Tekan bersamaan tombol CTRL + Alt + Del atau Shift + Ctrl + Esc.

- Selanjutnya, kamu akan masuk ke Task Manager.

- Cari aplikasi yang hang dan akhiri proses aplikasi tersebut dengan menekan tombol End Task. Dengan cara ini, harusnya laptop akan berjalan normal kembali.

Hang dengan pesan error not responding memang banyak disebabkan oleh aplikasi yang crash atau terlalu banyak memakan resource ketika resource tersebut sudah tinggal sedikit.

Tutorial di atas juga merupakan cara mengatasi laptop hang tidak bergerak di Windows 10 karena di Windows versi ini sering terjadi masalah tersebut.

Tag : #laptop hang    #not responding    #tips    #teknologi    #laptop error    #restart laptop   

Baca Juga