Cara mengatasi laptop ngelag, foto: detik.com

Anti Ribet, Ini Cara Mengatasi Laptop Ngelag Windows 10

Wanovy | Teknologi | 18-04-2022

PARBOABOA - Khusus untuk kamu yang laptopnya lemot meski menggunakan windows terbaru, berikut ini cara mengatasi laptop ngelag atau lemot. Simak informasi ini sampai selesai ya!

Meskipun hadir dengan sistem yang cukup update, namun masih banyak pengguna Windows 10 yang mengeluhkan laptop-nya menjadi lebih lemot.

Sebenarnya hal tersebut bukan 100 persen salah dari sistem operasinya. Bisa saja karena laptop tersebut sudah terlalu tua atau ada virus di sana.

Sebagai solusi ada beberapa cara mengatasi laptop ngelag dengan mudah yang bisa kamu coba. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab Laptop Ngelag dan Cara Mengatasinya

Sebelum mulai membahas bagaimana cara mengatasi laptop ngelag, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa akar permasalahan yang membuat laptop lemot.

Terdapat beberapa faktor penyebab laptop lemot saat internetan atau bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas sekalipun.

Terlalu banyak startup programs alias software yang berjalan di background secara otomatis saat kamu menyalakan laptop. Semakin banyak software, maka makin lambat laptop saat booting.

- Usia harddisk sudah terlalu tua. Semakin tua tipe HDD tentu juga akan memengaruhi performa laptop secara keseluruhan.

- Harddisk penuh oleh data pengguna. Bahkan seorang pakar mengatakan harddisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat laptop hingga 50%.

- Kapasitas RAM yang terlalu kecil, dikarenakan pada laptop-laptop dengan harga terjangkau paling besar RAM yang digunakan berkisar antara 2-4GB saja.

- Menjalankan terlalu banyak software dalam satu waktu yang membebani kinerja RAM. Apalagi kalau multitasking software berat seperti Photoshop dan Premiere misalnya pada RAM 4GB.

- Terlalu banyak add-ons pada browser, misal Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Secara nggak sadar, browser menjadi terbebani dan memperlambat laptop saat internetan.

- Terlalu banyak tab yang dibuka pada browser. Karena hal ini ternyata juga cukup menguras RAM laptop, apalagi jika situs yang dibuka memiliki fitur auto-refresh.

- Laptop diserang virus yang bisa saja memperlambat bahkan merusak laptop. Makanya kamu harus waspada terhadap berbagai file mencurigakan, baik online maupun offline.

- Antivirus terlalu aktif. Walau software ini ampuh menghilangkan virus, namun aplikasi antivirus yang berjalan di background tentu akan memperlambat kinerja harddisk sekaligus laptop.

- Jarang melakukan update sistem operasi, baik pengguna Windows maupun MacOS. Karena tidak jarang update OS akan memperbaiki kekurangan yang menyebabkan laptop menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Berikut ini adalah empat cara mengatasi laptop ngelag saat browsing, dikutip dari halaman bantuan Microsoft:

1. Nyalakan Ulang

Menyalakan ulang laptop menjadi cara mengatasi laptop ngelag yang paling mudah dilakukan. 

Jika laptop yang kamu gunakan sudah ngelag parah, maka bisa langsung restart atau mematikannya. Kemudian, nyalakan ulang secara manual.

Cara ini cukup efektif untuk ,engatasi laptop ngelag, karena beberapa pengaturan pada perangkat lunak dan sistem operasi harus dimulai kembali dari awal.

2. Buka Aplikasi yang Dibutuhkan

Cara mengatasi laptop ngelag selanjutnya adalah menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Jadi, kamu hanya perlu membuka aplikasi yang dibutuhkan.

Hal ini berhubungan dengan RAM atau memory laptop. Semakin sedikit aplikasi yang dibuka, maka semakin besar pula kapasitas RAM yang dikeluarkan untuk bekerja.

3. Melakukan Pembaruan

Kamu juga dapat melakukan cara mengatasi laptop ngelag Windows 10 dengan melakukan pembaruan atau update sistem operasi yang digunakan.

Keefektifan cara ini terjadi karena versi terbaru dari sistem operasi dilengkapi perbaikan pada versi sebelumnya. Perbaikan ini juga bisa membuat laptop tidak ngelag lagi.

Berikut ini adalah langkah pembaruan Windows 10 yang bisa kamu lakukan sendiri dengan bantuan koneksi internet:

- Mulai dengan klik ‘Start’ atau logo Windows di pojok kiri bawah.

- Pilih ‘Settings’ untuk membuka halaman pengaturan.

- Lanjutkan dengan memilih ‘Update & Security’ di halaman pengaturan.

- Jika halaman pembaruan dan keamanan sudah terbuka, pilih ‘Windows Update’.

- Lalu, pilih ‘Check for Updates’ untuk melihat versi terbaru yang disediakan sistem operasi.

- Terakhir klik pilihan ‘Install now’ agar versi terbaru segera terpasang dan membuat laptop bekerja tidak ngelag lagi.

4. Bersihkan Laptop dari Virus

Laptop ngelag bisa disebabkan pula oleh berbagai jenis virus, seperti malware, ransomware dan jenis lainnya. Solusinya adalah membersihkan laptop dari virus.

Cara mengatasi laptop ngelag saat main game dapat kamu lakukan dengan memasang anti virus untuk mendeteksi dan menghilangkan virus.

Pastikan kamu melakukan scanning laptop secara rutin setelah memasang anti virus. Hal ini tentunya akan membuat virus di laptop cepat terdeteksi dan tertangani.

Selain itu, kamu juga harus memastikan anti virus yang dipasang adalah resmi dan legal, bukan aplikasi bajakan, dan versi terbaru.

5. Tambah Kapasitas Penyimpanan

Cara mengatasi laptop ngelag Windows 8 dan lainnya adalah menambah kapasistas penyimpanan. Cara ini dapat dilakukan dengan dua pilihan langkah.

Pertama, kamu dapat menghapus data berukuran besar atau aplikasi yang tidak dibutuhkan. Hal itu akan membuat kapasitas penyimpanan menjadi longgar.

Alternatif lainnya adalah memindahkan data-data tersebut ke penyimpanan eksternal, seperti flash disk atau external hard disk. Kamu juga dapat memanfaatkan komputasi awan atau Cloud untuk memindahkan data tersebut.

Demikianlah cara mengatasi laptop ngelag yang mudah dilakukan agar terhindar dari gangguan virus dan lainnya.

Tag : #laptop    #ngelag    #tips    #teknologi    #hang    #error    #laptop lemot   

Baca Juga